Cara Mengatasi "Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” di Hp Android

Bagaimana menghilangkan dan cara mengatasi “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti“. Biasanya kendala ini muncul ketika melakukan proses update download apk pada berbagai jenis merk smartphone android seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Advan, asus zenfone, sony xperia, dan lain-lainnya.

Smartphone berbasis sistem operasi android kini menjadi salah satu hp yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat mendunia contohnya Indonesia. Di Indonesia berbagai jenis merk smartphone android bisa kita dapatkan dengan mudah, mungkin karena pemasaran hp android di Indonesia sangat laris dikarenakan harganya yang relatif murah dengan fitur yang serba canggih dan lengkap membuat masyarakat Indonesia lebih menyukai smartphone yang bersistem operasi Android.

Namun, beberapa pengguna hp android sering mencari solusi cara mengatasi dan mengeluhkan kendala pesan erorr seperti “Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti” yang terjadi pada aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketiga yang mereka unduh melalui play store atau di browser.

Selain “Sayangnya Proses com.google.process.gapps download apk telah berhenti“, ada juga kendala erorr lainnya yang membuat pengguna hp android kebingungan untuk mengatasi dan menghilangkan pesan error bertuliskan “Unfortunately Aplikasi Has Stopped”, atau “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Menurut data hasil kami dari pencarian Google pencarian pengguna Android paling sering mengalami masalah pada Aplikasi Google Play Store yang sering muncul pesan error.

Lalu bagaimana cara mengatasi google proses gapps berhenti yang muncul di setiap membuka aplikasi baik itu aplikasi bawaan dari smartphone maupun aplikasi pihak ketiga? Mari kita simak pada berikut ini.

Cara mengatasi pesan error google proses gapps berhenti

Cara Mengatasi "Sayangnya Proses com.google.process.gapps TelahBerhenti” di Hp Android

Cara menghilangkan, memperbaiki dan mengatasi pesan error yang bertuliskan “com.google.process.gapps has stopped” dalam mode bahasa inggris atau “Sayangnya Proses com.google.process.gapps download apk telah berhenti” dalam mode bahasa indonesia dengan melakukan langkah-langkah pada berikut ini.

  1. Hapus Data Download Manager Android

Langkah pertama biasa anda lakukan dengan cara menghapus data Download Manager pada hp Android. Pada beberapa kasus yang sama, ada beberapa pengguna Android yang menyarankan untuk menghapus data download Manager dan ternyata bisa berhasil dan tidak muncul pesan error lagi. Cara ini akan membuat download manager bersih dari cache, basis data, history, dan lainnya. Simak langkah – langkah menghapus data Download Manager dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Pengelola Unduhan, kemudian tap “Nonaktifkan” dan “Hapus Data”, kemudian “Aktifkan” kembali Pengelola Unduhan anda.
  • Lakukan hal yang sama pada Google Play Store. Tap “Nonaktifkan” dan “Hapus Data”, Kemudian “Aktifkan” kembali Google Play Store android anda.
  1. Lakukan Factory Reset Pada Android

Apabila cara diatas tidak bekerja atau tidak berhasil sama sekali maka terpaksa kita harus menggunakan factory reset pada Android anda, yang dimana jika kita menggunakana cara ini maka akan membuat Android kembali ke setelan pabrik/ pengaturan awal. Sebelum melakukan cara ini pastikan anda telah membackup semua data penting di Android anda mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya. Dan apabila telah melakukan backup, silahkan lakukan factory reset dengan mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.
  1. Flashing Android 

Apabila dengan factory riset juga tidak berhasil maka lakukan flashing atau Install Ulang Sistem Android. Metode Flashing memang lumayan ribet, karena anda harus mengunduh sistem android sesuai dengan merek dan tipe android yang anda gunakan.

Nah demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara memperbaiki Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti dengan cara diatas semoga bisa mengatasi masalah yang anda temukan pada hp android kesayangan anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…