Cara Transfer Pulsa Smartfren ke Operator Lain SIMPLE Banget!

Cara transfer pulsa smartfren ke operator lain – Fitur berbagi pulsa adalah fitur yang paling penting dan wajib ada di setiap operator seluler baik operator seluler smartfren, XL, Telkomsel, Indosat Oreedoo dan lain-lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan adanya fitur ini, akan lebih membantu serta mempermudah penggunanya di dalam hal mengirim pulsa darurat misalnya kehabisan pulsa di saat penting dan tidak ada warung pulsa yang buka.

Smartfren merupakan salah satu operator seluler yang ada di Indonesia yang sudah berbasis GSM dan 4G LTE meskipun dulunya smartfren adalah operator seluler yang terus bertahan menyandang gelarnya yakni CDMA Only namun smartfren harus bisa bersaing untuk menunjukkan eksistensinya dengan cara meluncurkan Smartfren 4G LTE-Advanced. Melalui produknya itu, Smartfren menjadi operator seluler Indonesia pertama yang menggunakan teknologi 4G LTE-Advanced.

Smartfren menjadi sangat terkenal dan sering digunakan dikalangan mahasiswa dan pelajar yang gemar berselancar di dunia maya terutama browsing social media. Hal ini dikarenakan kecepatan internetnya yang stabil membuat semakin disukai masyarakat luas. Teknologi 4G LTE-Advanced atau yang dikenal dengan 4.5G. Teknologi ini memiliki kecepatan mengunduh mencapai 300Mbps.

Namun untuk dapat berselancar di dunia maya tentunya anda harus memiliki pulsa yang cukup untuk membeli paket internet agar bisa browsing di Internet. Lalu bagaimana jika anda berada di kondisi kehabisan pulsa untuk mendaftar paket internet dan tidak ada warung jual beli pulsa yang buka? Pastinya hal ini sangat membuat kita kesal sehingga kita tidak bisa mendaftar paket internet smartfren. Menyikapi hal tersebut, Smartfren sebagai provider yang mengutamakan kenyamanan pengguna memiliki layanan transfer pulsa yang dapat diakses dengan 3 cara mudah.

Apa saja 3 Cara berbagi pulsa smartfren tersebut? Mari kita simak pada ulasan berikut ini.

5 Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Operator Lain

Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Operator Lain

Cara kirim pulsa smartfren melalui SMS

Mengirim pulsa melalui SMS merupakan cara lama yang tetap digunakan oleh sebagian orang. Buka menu pesan di ponsel Anda, kemudian ketik sesuai kode kirim pulsa smartfren sebagai berikut:

KIRIM[titik]NOMOR HP TUJUAN[titik]NOMINAL

Contoh: KIRIM.08882082015.10000

Kirim pesan tersebut ke 879.

Cara Transfer Pulsa Smartfren melalui Aplikasi Uangku

Aplikasi Uangku merupakan aplikasi bawaan yang terdapat di ponsel Smartfren, artinya pengguna tidak perlu mengunduh di website apa pun. Ini menjadi bukti keseriusan Smartfren untuk memudahkan pengguna, terutama dalam transfer pulsa. Teknologi masa kini yang semakin canggih membuat aplikasi semacam ini lebih disukai karena lebih efisien.

Cara transfer pulsa Smartfren melalui aplikasi ini sangat mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi ini dan Anda akan menemukan daftar menu. Pilih menu ‘Kirim Pulsa’.
  • Isi kolom yang tertera di sana. Anda akan menemui beberapa kolom seperti: Nomor Tujuan dan Jumlah. Ketiknomor Smartfren tujuan (penerima) di kolom ‘Nomor Tujuan’ dan masukkan nominal pulsa yang akan dikirim di kolom ‘Jumlah’. Apabila sudah mengisi dengan benar, klik ‘Submit’.

Ketika transaksi sudah berhasil dilaksanakan, Anda akan mendapat SMS notifikasi yang memberitahukan bahwa pulsa telah dikirim. Meskipun transfer dilakukan melalui aplikasi, pengirim tetap dibebani biaya sebesar Rp500,00.

Cara berbagi pulsa smartfren melalui UTK Smart Access

Jika kedua Cara transfer pulsa Smartfren gagal terus, maka gunakan cara ketiga dimana cara ini akan membebaskan pengirim dari biaya layanan. Langkahnya pun cukup mudah. Pertama, buka menu E-Pulsa dan pilih menu ‘Kirim Pulsa’. Kemudian masukkan nomor tujuan, nominal pulsa serta MPIN.

Untuk mengetahui keberhasilan transfer pulsa yang dilakukan, Anda bisa mengecek saldo pulsa melalui beberapa nomor berikut:

  • 999: untuk mengetahui informasi saldo dan bonus pulsa melalui SMS dengan mengetik ‘CEK’ atau melalui menu dial dengan mendengarkan pesan suara.
  • *999#: digunakan untuk mengecek pulsa regular serta bonus pulsa melalui menu dial.
  • *995#: digunakan untuk mengecek saldo bonus melalui menu dial.

Kirim pulsa smartfren Menggunakan Aplikasi MySF

Sama seperti dengan operator lainnya, kamu pun juga bisa menggunakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Smartfren yakni aplikasi MySF. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi dan melakukan transfer pulsa. Untuk transfer pulsa lewat aplikasi ini, langkahnya adalah:

  • Download dan install aplikasi ini di Google Play Store maupun App Store di smartphone kamu.
  • Setelah aplikasi tersebut berhasil diinstal maka kamu bisa login dengan menggunakan nomor Smartfrenmu yang masih aktif.
  • Masuklah ke menu E-Pulsa dan masukkanlah nomor tujuan yang akan ditransfer dan besaran nominal pulsa yang akan kamu kirimkan.
  • Setelah itu, masukkan pula kode MPIN yang ada.
  • Sebelum melakukan transfer, pastikanlah nomor yang akan kamu transfer tersebut sudah sesuai dan nominalnya juga sesuai dengan yang kamu butuhkan.
  • Jika dirasa sudah benar selanjutnya tekan tombol ‘Submit’ atau ‘Kirim’

Mengirim Pulsa smartfren ke telkomsel atau operator lain

Selain ke sesama operator, Smartfren juga mempunyai inovasi untuk transfer ke operator lain. Misalnya ke Indosat Ooredoo, Axis, XL, atau Telkomsel. Untuk dapat melakukan transfer ini, langkahnya adalah sebagai berikut bila kamu memakai aplikasi SMS.

  • Buka layanan SMS di ponsel kamu.
  • Kemudian ketikkan pesan baru dengan mengetik nomor tujuan yang akan ditransfer pulsa.
  • Ketika mengetik nomor tujuan, perhatikan dengan baik supaya tidak salah. Berikutnya kirimkan SMS tadi ke nomor 7000.
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu memperoleh balasan berupa konfirmasi pengiriman.
  • Setelah itu, kamu akan memperoleh konfirmasi SMS tersebut, dan balas dengan mengetikkan huruf ‘Y’ bila kamu setuju untuk mengirimkan pulsa tersebut. Tunggu sampai transfer selesai.

Syarat dan ketentuan berbagi / transfer pulsa smartfren

  • Minimal transfer adalah Rp1.000,0 dan maksimal Rp100.000,00 dengan kelipatan Rp1000,00. Itu artinya Anda tidak bisa mengirim pulsa, misalnya sebesar Rp9.700,00.
  • Jumlah saldo minimal setelah melakukan transfer pulsa adalah Rp5000,00.
  • Setiap transaksi transfer pulsa dikenakan biaya sebesar Rp500,00. Biaya ini dibebankan kepada pengirim pulsa jika bertransaksi melalui SMS atau aplikasu Uangku. Sementara apabila transaksi dilakukan melalui UTK Smart Access, Anda tidak dipungut biaya.
  • Nomor tujuan Smartfren harus berada di masa aktif.
  • Layanan transfer pulsa hanya dilakukan ke sesama pengguna Smartfren di Indonesia.

Nah demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara transfer ulsa smartfren termudah dan terbaru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…