Cara Menampilkan Tanggal Pada Kamera di HP Android

Cara menampilkan tanggal pada kamera di smartphone android – Sebenarnya menampilkan tanggal atau waktu jepretan gambar / foto yang dihasilkan oleh hp android bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fitur timestamp atau datestamp. Namun tidak semua smartphone memiliki fitur ini, bahkan fitur ini juga jarang dihadirkan pada aplikasi pihak ketiga.

Fitur timestamp atau datestamp sebenarnya digunakan untuk mengabadikan waktu moment anda pada hasil jepretan foto yang diambil baik lewat kamera canon maupun kamera hp android. Nantinya fitur ini akan menghasilkan atau menampilkan waktu jepretan diambil di dalam foto hasil jepretan tersebut.

Secara teknis, setiap foto yang telah diambil oleh kamera jenis apapun termasuk DSLR dan kamera Smartphone akan dibekali dengan image metadata yang bertujuan untuk menyimpan berbagai jenis informasi secara terperinci ke dalam foto seperti jenis kamera, ISO, lokasi GPS, DPI, kecepatan memotret, aperture termasuk tanggal dan waktu. Dengan begitu, orang lain bisa mengetahui detil pengambilan gambar dari informasi metadata tersebut.

Lantas bagaimana cara menampilkan tanggal dan waktu pada foto kamera Android? Mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Cara Menampilkan Tanggal Pada Kamera Smartphone Android

Bagi anda yang memiliki smartphone android yang tidak memiliki fitur timestamp anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk bisa melakukan cara menampilkan tanggal / waktu pada kamera hp android. Apa aplikasi tersebut? Nama aplikasinya adalah Open Camera.

Open Camera merupakansalah satu aplikasi kamera terbaik rekomendasi dari kami  untuk bisa mengabadikan tanggal dan waktu pada hasil jepretan kamera anda di hp android. Aplikasi gratis dan open source ini hanya memiliki ukuran dibawah 1MB tetapi fitur dan kemampuannya sangat mumpuni. Seperti fitur auto focus, burst camera, macro focus, angle, direction, pengunci fokus hingga memberi tanggal pada foto di Android.

Cara Menampilkan Timestamp Pada Foto Kamera Android
  • Pasang aplikasi Open Camera dari Google play.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian tap Settings » Photo Settings » Stamps photos.
  • Aktifkan fitur cara menampilkan tanggal dan waktu pada foto kemudian pada opsi Datestamp format dan Timestamp format, aturlah sesuai yang Anda inginkan.
  • Sekarang cobalah untuk mengambil gambar maka tanggal dan waktu pun akan muncul didalam foto.

Menampilkan Waktu / Tanggal pada hasil jepretan Foto di Kamera Android tanpa aplikasi

Menampilkan Waktu / Tanggal pada hasil jepretan Foto di Kamera Android tanpa aplikasi

  • Buka “Aplikasi Kamera Bawaan” pada smartphone android anda.
  • Kemudian masuklah pada menu “Settingan Kamera” (biasanya terdapat pada ikon gerigi).
  • Lalu carilah menu “Time Stamp“.
  • Jika anda telah menemukannya “Centang Menu Tersebut“.
  • Secara otomatis tulisan tanggal dan waktu akan muncul pada foto ketika anda mengambil gambar.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara menampilkan tanggal dan waktu pada kamera smartphone android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…