Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk – Tutorial komputer kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana cara menginstall ulang laptop dengan menggunakan windows 7 melalui Flashdisk atau USB Drive. Mengingat pengguna netbook saat ini mayoritas tidak disertai DVD drive, hal tersebut membuat pengguna netbook mengalami kesulitan ketika ingin menginstall sistem operasi pada netbooknya, misalkan sistem operasi windows pada netbook mereka.

Oleh karena itu, cara menginstall windows 7 menggunakan flashdisk / usb drive merupakan salah satu solusi yang tepat bagi pengguna netbook yang tidak disertai DVD drive atau laptop yang dvd drive nya dalam kondisi rusak tidak bisa digunakan sehingga mengalami kesulitan ketika ingin menginstall ulang windows 7 dikarenakan DVD drive anda bermasalah.

Sebelum anda memulai instal ulang windows di netbook / laptop anda baik itu install ulang windows 7, 8, 10 ultimate, premium dan lain sebagainya maka langkah awal yang kita lakukan terlebih dahulu adalah membuat bootable install windows 7 berada di flashdisk atau usb drive.

Untuk itu cara membuat bootable windows 7 menggunakan flashdisk, kami biasanya menggunakan Rufus dikarenakan penggunaannya yang sederhana dan juga cepat. Terlebih dahulu siapkan flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB. Sebenarnya berapa besar kapasitas flashdisk tergantung jenis sistem operasi apa yang ingin kita install. Okey langsung saja, berikut langkah-langkah membuat bootable flashdisk:

Install Rufus

1. Pertama, silakan download softwarenya disini.

2. Masukkan flashdisk anda kemudian buka aplikasi Rufus. Device anda secara otomatis akan terdeteksi seperti gambar di bawah ini.

Install Rufus

3. Klik gambar CD drive untuk memilih lokasi file ISO windowsnya.  Kemudian klik Open.

Install Rufus

4. Secara otomatis Rufus akan merubah file system dari  FAT32 menjadi NTFS. Anda juga bisa merubah nama drive tersebut pada New volume label (opsional). Kemudian klik Start.

Install Rufus

5. Akan muncul notifikasi bahwa semua data yang terdapat pada drive tersebut akan diformat, jadi pastikan bahwa anda sudah membackup semua data yang penting. Selanjutnya klik OK.

Install Rufus

6. Proses ini memakan waktu kira-kira 20 menit. Aplikasi ini sangatlah cepat, tetapi semua itu tergantung berapa besar ukuran sistem operasi tersebut dan kecepatan flashdisk yang digunakan.

Install Rufus

7. Selesai! Flashdisk anda sekarang sudah bisa digunakan untuk media instalasi windows. Kemudian klik Close.

Install Rufus

Media instalasi windowsnya sudah siap. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengatur BIOS agar booting pertama kali dari flashdisk. Hal itu dilakukan agar device yang pertama kali dibaca pada saat awal booting adalah flashdisk.

Setting BIOS agar Booting dari Flashdisk

1. Pastikan proses pembuatan bootable berhasil dengan sukses kemudian colokan ke lobang usb dan jangan cabut flashdisk yang sudah bootable tadi. Biarkan dalam kondisi terpasang pada komputer/ laptop anda.

2. Restart komputer/ laptop anda, kemudian tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk ke menu BIOS. Tombol yang paling umum digunakan untuk masuk ke menu BIOS adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufacturer laptop/ motherboard anda.

3. Anda akan melihat tampilan menu BIOS seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ►.

Setting BIOS agar Booting dari Flashdisk

4. Gambar berikut menunjukkan bahwa device yang berada di urutan teratas adalah HDD. Jadi komputer/ laptop anda akan melakukan booting pertama kali dari HDD.

Setting BIOS agar Booting dari Flashdisk

5. Agar komputer/ laptop anda melakukan booting pertama kali dari flashdisk, anda perlu menempatkan Removable Devices berada di urutan teratas. Caranya dengan memilih Removable Devices, kemudian geser menggunakan tombol +/- sampai berada di urutan teratas seperti gambar berikut.

Setting BIOS agar Booting dari Flashdisk

6. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu BIOS.

Setting BIOS agar Booting dari Flashdisk

Langkah-langkah Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

1. Untuk bahasa penginstalan dan input keyboard biarkan saja. Atur format waktu menjadi Indonesia dan klik Next.

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

2. Klik Install now.

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

3. Klik pada I accept the license terms untuk memberikan centang atau bisa juga dengan menekan tombol spasi, kemudian klik Next.

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

4. Klik Custom (advanced).

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

5. Sebaiknya Anda memecah partisi minimal menjadi 2 bagian dengan menggunakan Drive options (advanced)

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

6. Klik New, selanjutnya tentukan ukuran untuk partisi pertama, kemudian klik Apply.

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk Lengkap dengan Gambar

7. Jika muncul laman pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini, klik OK.


8. Kemudian buat partisi yang kedua dari sisa ukuran partisi yang pertama tadi. Caranya sama dengan langkah ke 6.


9. Pilih Disk 0 Partition 2 (Partisi pertama yang telah Anda buat) sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian klik Next.


10. Proses penginstalan Windows 7 sedang berlangsung dan tunggu sampai proses instal Windows ini benar-benar selesai. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 20-30 menit. Jangan heran, selama proses ini berlangsung komputer atau laptop Anda akan restart secara otomatis beberapa kali.


11. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan nama komputer, kemudian klik Next.


12. Langkah selanjutnya adalah opsional alias tidak wajib. Maksudnya adalah tidak wajib membuat password. Jika ingin membuat password untuk akun Windows Anda, silahkan masukkan password sesuai dengan keinginan. Saran dari kami adalah menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka. Untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang akan membantu Anda mengingat password tersebut. Kemudian klik Next.


13. Masukkan product key jika ada, lalu klik Next. Klik Skip, jika tidak mempunyai product key.


14. Kemudian Anda diminta untuk melakukan setting Windows Update. Jika Anda menggunakan Windows 7 original, disarankan untuk memilih Use recommended settings. Tetapi jika tidak, pilih Ask me later saja.


15. Untuk zona waktu pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Kemudian klik Next.


16. Selanjutnya adalah menentukan lokasi jaringan. Silakan pilih Public Network.

17. Jika Anda menambahkan password pada langkah no. 12, maka Anda harus memasukkan password terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol Enter.

18. Proses instalasi Windows 7 sudah selesai dan berhasil.

Demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai cara menginstall windows 7 menggunakan flashdisk atau usb drive. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…