Cara Screenshot HP Oppo A83 Paling Mudah dan Cepat

Cara Screenshot HP Oppo A83 – Pada tahun 2018 tepatnya bulan Januari, Oppo berhasil merilis produk terbarunya yaitu Oppo A83. Harga oppo a83 terbilang sangat terjangkau jika kita lihat dari segi spesifikasi yang diusungnya dan lebar layar yang disediakan.

Smartphone Oppo A83 mengusung chipset MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD. Bisa dibilang chipset yang digunakan hampir sama dengan Oppo F5.

Dari sektor kamera, smartphone oppo terbaru yakni oppo tipe a83 telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP ditambah aperture f/2.2, autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Selain itu, kamera depan Oppo A83 telah diupgrade menggunakan teknologi A.I Beauty recognition kebanggaan OPPO yang memungkinkan smartphone daapt mengenali jenis kelamin, usia, warna, dan tipe kulit penggunanya secara tepat hingga lebih dari 200 titik wajah sehingga hasil foto selfie lebih natural dan bagus.

Layar yang diusung oleh smartphone Oppo A83 memiliki lebar 5,7 inci dengan resolusi Full HD (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Hal ini membuat Oppo menghilangkan tombol fisik home dan sensor fingerprint.

Namun sayangnya beberapa pengguna oppo masih belum mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot di hp Oppo A83. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan tutorialnya pada ulasan berikut ini :

Cara Screenshot HP Oppo A83

Cara Screenshot HP Oppo A83 Paling Mudah dan Cepat

Menggunakan Kombinasi Tombol

  1. Pertama, pastikan smartphone OPPO A83 dalam keadaan menyala.
  2. Selanjutnya, anda dapat langsung mencari area yang akan di-screenshot pada smartphone.
  3. Kemudian, anda dapat menekan tombol volume down (volume bawah) +power secara bersamaan dan ditahan selama beberapa detik.
  4. Nantinya layar akan berkedip diiringi dengan suara shutter terdengar yang menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  5. Hasil screenshot ini dapat dilihat di aplikasi Gallery atau mengaksesnya di menu notifikasi.

Menggunakan Gesture 3 Jari

  1. Pertama, anda dapat mengaktifkan fitur gesture 3 jari dengan mengakses menu atau aplikasi Settings.
  2. Pada halaman Settings, anda dapat membuka menu Gesture dan Motion.
  3. Setelah terbuka maka anda dapat memilih menu ScreenOn Gesture.
  4. Dalam halaman ScreenOn Gesture, anda dapat mengakhitkan Gesture Screenshot dengan menekan tombol ke arah kanan agar berwarna hijau yang menandakan fitur siap digunakan.
  5. Selanjutnya, anda dapat memilih area yang akan di-screenshot pada smartphone OPPO A83.
  6. Kemudian, anda dapat langsung menyapu atau swipe 3 jari secara bersamaan dari atas hingga ke bawah layar.
  7. Nantinya suara shutter akan terdengar dan layar berkedip yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil.
  8. Hasil screenshot ini dapat dilihat di menu notifikasi atau langsung mengunjungi aplikasi Gallery.

Demikianlah sedikit singkat tentang ulasan bagaimana cara melakukan screenshot di hp Oppo a83. Bisa dibilang dua metode screenshot diatas dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan root terhadap smartphone. Saya lebih menyukai cara gesture 3 jari karena lebih cepat dibandingkan harus menahan tombol beberapa detik.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…