Begini Cara Cek Pemilik Nomor Telepon / HP yang Tidak Dikenal 2022

Ternyata mudah, begini cara cek pemilik nomor telepon! Yuk simak buat anda yang ingin melihat & mengetahui nomor hp yang tak dikenal sering menganggu!

Cara cek pemilik nomor telepon atau hp dengan mudah – Saat ini ada beberapa cara untuk mengetahui pemilik nomor handphone (HP) yang tidak dikenal. Hal ini penting untuk diketahui mengingat banyaknya kasus penipuan yang terjadi. Baik yang mengaku sebagai ibu-ibu meminta kredit atau penipuan dengan kedok online shop.

Nah, ada dua cara cek pemilik nomor telepon yang tidak dikenal. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Cara Cek Pemilik Nomor Telepon

Cara Cek Pemilik Nomor Telepon / HP yang Tidak Dikenal 2022

Ya, cara pertama untuk mengetahui pemilik nomor hp dan info nomor telepon tak dikenal yang mengganggu adalah dengan menggunakan aplikasi. Sejumlah aplikasi tersebut sudah ada di App Store dan Google Play Store untuk diunduh gratis. Apa saja aplikasinya? 

Berikut Aplikasi cek pemilik nomor telepon Online:

1. Whoscall

Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Whoscall
Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Whoscall (foto: Google Play)

Aplikasi pertama untuk melacak pemilik nomor hp yang bisa Anda coba adalah Whoscall. Dengan database yang cukup lengkap, Anda bisa mengetahui siapa yang telah menelepon Anda. Karena aplikasi ini telah diunduh oleh 70 juta orang di dunia, sehingga sangat bisa diandalkan.

Selain mengetahui siapa pemilik nomor hp yang menelepon Anda, Whoscall juga dapat digunakan untuk memblokir panggilan yang mengganggu dan SMS spam. Caranya cukup mudah, bukan? Cukup unduh di smartphone yang Anda gunakan.

2. True Caller

Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Truecaller
Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Truecaller (foto: Google Play)

Aplikasi yang satu ini hadir dengan database yang cukup besar. Bagaimana tidak? Sekitar 250 juta orang di dunia telah menggunakannya. 

Cara kerja aplikasi ini adalah mengumpulkan data tentang penelepon dari seluruh dunia, sehingga jika ada sesuatu yang mengganggu Anda, itu akan dimasukkan dalam daftar. Jadi, semacam buku kontak di seluruh dunia. Oleh karena itu, aplikasi ini bisa dikatakan sangat bisa diandalkan.

Cara cek pemilik nomor telepon (HP) juga sangat mudah dengan menggunakan aplikasi Truecaller. Anda cukup mengunduhnya dari App Store atau Play Store, lalu ikuti langkah-langkahnya. 

Setelah masuk ke aplikasi, ketik di kolom pencarian nomor yang Anda cari. Kemudian identitas nomor telepon yang Anda masukkan akan muncul. Mudah?

3. Showcaller

Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Showcaller
Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Showcaller (foto: Google Play)

Opsi aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengecek identitas nomor hp adalah Showcaller. Aplikasi ini telah diunduh oleh 50 juta orang di dunia, sehingga data yang dikumpulkan cukup akurat. 

Anda bisa mendaftar untuk menjadi member layanan premium dengan fasilitas pengecekan nomor hp unlimited atau sekedar menjadi pengguna gratis.

Tidak hanya untuk mengecek nomor hp, Showcaller juga bisa digunakan untuk memblokir dan merekam percakapan telepon, lho. 

Dengan demikian, aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu andalan untuk keamanan nomor telepon Anda.

Baca juga: Cara Melacak Nomor HP Lewat Internet

4. ID CIA

Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi CIA ID
Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi CIA ID (foto: Google Play)

Selanjutnya, untuk aplikasi cek nomor telepon tidak dikenal, bisa dilakukan dengan ID CIA. Aplikasi ini memiliki rating 4.1 di Google Play Store, sehingga cukup bisa dipercaya. Ya, karena aplikasi ini telah diunduh oleh 1,5 miliar orang di dunia. Oleh karena itu, database yang dimiliki oleh aplikasi ini cukup akurat.

Sama seperti aplikasi lain dalam daftar ini, ID CIA juga dapat memblokir nomor tertentu dan juga memberikan peringatan spam. Namun, ada yang menarik dari aplikasi ini, jika menggunakan ID CIA, akan ada rekomendasi untuk menggunakan nomor telepon lain dari sebuah institusi.

Misalnya, Anda mencoba menelepon perusahaan A di nomor tertentu tetapi tidak mengangkatnya. Nah, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi nomor telepon lain untuk dihubungi. Karena biasanya sebuah institusi pasti memiliki banyak nomor telepon.

5. Hiya

Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Hiya
Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan aplikasi Hiya (foto: Google Play)

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasi nomor hp yang tidak dikenal adalah Hiya. Sama seperti aplikasi lainnya, Hiya juga bisa merekam siapa yang memanggilmu. Bahkan dapat digunakan untuk memblokir dan memberikan peringatan spam.

Namun, satu hal yang tidak dimiliki aplikasi lain adalah fitur Virus Protection & Security. Dengan fitur ini Anda tidak hanya menghindari nomor yang tidak dikenal, tetapi juga dari penipuan, sehingga Anda dapat memblokir diri sendiri secara otomatis.

6. GetContact

Cara cek pemilik nomor telepon via GetContact
Cara cek pemilik nomor telepon via GetContact (foto: Google Play)

Salah satu aplikasi andalan yang bisa Anda gunakan untuk cara mengetahui nama pemilik nomor hp orang lain adalah GetContact. Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan di hp berbasis Android, iPhone, dan Huawei.

Sebelum menggunakan aplikasi GetContact, Anda akan diminta untuk setuju untuk membagikan database kontak. Ya, data nomor HP ada di aplikasi berdasarkan kumpulan database pengguna. 

Semakin banyak pengguna, semakin besar database GetContact. GetContact sendiri mengklaim sudah ada 100 juta pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut.

Anda bisa mencari nomor hp misterius secara langsung menggunakan GetContact. Jika ada pengguna lain yang menyimpan, Anda bisa menemukan nama pemilik nomor hp tersebut. 

Menariknya, Anda bisa mengetahui nomor telepon via hashtag contohnya #tag apa yang digunakan untuk nama tersebut. Untuk bersenang-senang, coba cari nomor ponsel Anda sendiri dan lihat nama #tag digunakan untuk menyimpan nomor Anda.

GetContact sendiri sebenarnya bisa digunakan secara gratis. Namun, penggunaannya cukup terbatas. Untuk memanfaatkan GetContact secara maksimal, Anda hanya perlu membayar hingga Rp 45.000 per bulan. 

Dengan harga ini, Anda akan dapat mencari nomor ponsel hingga 300, batas bulanan untuk melihat tag 40, menggunakan tanpa iklan, dan mencari tahu siapa yang melihat tag Anda.

Baca juga: Cara Ganti Nomor Hp Whatsapp Tanpa Menghapus Kontak

7. Phone By Google

Phone by Google Phone by Google
Phone by Google Phone by Google 

Google juga memiliki aplikasi untuk mengetahui pemilik nomor hp. Aplikasi besutan raksasa teknologi tersebut memiliki nama yang cenderung sederhana, yaitu Phone.

Aplikasi besutan Google ini juga telah dipercaya oleh ratusan juta penggunanya. Buktinya, Phone by Google telah diunduh lebih dari 500 juta kali.

Google, sebagai pembuat Android, tentu saja memiliki database yang begitu besar. Mengingat pangsa pasar Android mendominasi dunia smartphone. Oleh karena itu, ID Penelepon yang ditampilkan sangat akurat.

Namun, tidak semua nama orang akan ditampilkan. Telepon oleh Google tampaknya hanya menampilkan dan memblokir panggilan spam dari bisnis.

Untuk mengaktifkan fitur cara cek nomor hp di google, Anda harus pergi ke bagian Pengaturan (tekan tombol tiga titik), lalu nyalakan "See caller and spam ID" dan "Filter spam calls". Dari penjelasan pengaturan tersebut, diketahui bahwa aplikasi hanya mengidentifikasi nomor bisnis yang dianggap spam, bukan dari semua pihak.

Selain itu, Phone by Google hanya dapat digunakan pada perangkat Android yang relatif baru, yaitu Android 9.0 atau lebih tinggi.

Cara mengetahui pemilik nomor hp dengan komputer atau laptop

Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan komputer atau laptop versi web
Cara mengetahui pemilik nomor HP dengan komputer atau laptop Truecaller versi web (foto: Truecaller)

Itulah cara mengetahui pemilik nomor hp dengan sebuah aplikasi. Nah, jika berikut ini adalah cara mengeceknya melalui laptop atau komputer. Cara ini bisa anda lakukan tanpa perlu terhubung ke hp. Seperti apa? Lihat saja di bawah.

1. Versi web Truecaller

Ya, Anda dapat menggunakan versi web aplikasi Truecaller. Jadi, Anda tidak perlu mengunduhnya di hp Anda, tapi Anda bisa membuka browser di laptop atau komputer.

Berikut cara cek pemilik nomor telepon tanpa aplikasi menggunakan website truecaller.com:

  • Kunjungi truecaller.com.
  • Setelah itu, login atau daftar untuk mendaftarkan diri anda di situs tersebut.
  • Setelah selesai mendaftar, anda bisa memasukkan kode negara pada halaman yang telah disediakan.
  • Kemudian masukkan nomor yang ingin dicek dan tekan enter.
  • Kemudian tunggu website bekerja dan hasilnya akan muncul dalam beberapa saat.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa diikuti di situs Truecaller. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda juga dapat menelusuri aplikasi lain. Karena pada dasarnya setiap aplikasi pasti memiliki situs tertentu untuk membukanya. Jadi, dari laptop atau komputer, nomor pemilik HP harus mudah diketahui.

Bagaimana? Bukankah mudah untuk mengetahui pemilik nomor HP ini?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…