6 Cara Memperbaiki Wifi Android yang Bermasalah

Cara Memperbaiki Wifi Android yang bermasalah- WiFi atau kepanjanganan yaitu Wireless Fidelity sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya WiFi, kita dapat dengan mudah mengakses internet selain lebih mudah internet menggunakan wifi juga lebih cepat, stabil, dan murah jika kita bandingkan dengan menggunakan jaringan internet operator seluler.

Bahkan saat ini wifi gratis banyak tersedia di tempat-tempat umum seperti kafe atau perpustakaan. Oleh karena itu, saat ini semua jenis smartphone, baik HP Android, iPhone, Windows Phone, BlackBerry, dan sebagainya pasti menanamkan perangkat dan fitur WiFi. Namun, ada kalanya WiFi pada HP Android tiba-tiba tidak dapat digunakan. Nah, dalam artikel ini Jaka mau kasih tahu anda cara mengatasi WiFi yang rusak pada Android.

Apabila anda mengalami masalah seperti android tidak bisa connect wifi speedy atau wifi indihome dan wifi.id Kerusakan pada WiFi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa saja komponen WiFi dalam HP Android anda yang rusak. Namun, sebelum anda memutuskan untuk men-service HP Android anda atau klaim garansi, coba cek dulu apakah WiFi di HP Android anda benar-benar rusak atau tidak. Kalau masih bisa ditangani dengan cara yang sederhana, nggak usah repot-repot di-service, deh. Ini dia langkah-langkahnya.

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Cek WiFi di HP Android

Hal pertama yang harus dicek adalah setting-an WiFi pada HP Android anda, apakah sudah menyala atau belum. Kalau ternyata belum nyala, ya nyalakan dulu. Caranya, buka pengaturan HP Android anda. Kemudian, cari WiFi, lalu nyalakan. Ini cara yang paling sederhana dan paling awal anda lakukan. Karena siapa tahu WiFi-nya nggak sengaja kepencet waktu lagi ngutak-ngatik HP Android anda.

Cek Modem WiFi

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Kalau anda menggunakan WiFi pribadi namun masih menemukan masalah seperti wifi tersambung tapi tidak bisa internet, pastikan router atau modem yang anda gunakan sudah menyala dan berfungsi. Kalau belum, ya nyalakan dulu. Pastikan juga anda sudah mengisi pulsa atau kuota data buat modem WiFi anda.

Namun jika anda menggunakan WiFi publik, seperti di telkom misalnya kemudian anda menemukan masalah autentikasi wifi speedy. anda bisa tanyakan kepada petugas atau pelayan apakah WiFi di sana menyala atau tidak. Sebab bisa saja WiFi sedang mengalami gangguan.

Cek Kembali Password WiFi

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Jika WiFi yang anda gunakan dipasangi password, pastikan anda telah memasukkan password yang benar. Jangan lupakan besar kecil huruf atau susunan angkanya. Kalau anda menggunakan WiFi publik, coba tanyakan password yang benar kepada petugas. Malahan, kalau bisa dicatat biar nggak salah.

Cek Perangkat yang Terkoneksi

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Sebuah modem atau router WiFi biasanya memiliki batas maksimal jumlah penggunaan perangkat. Misalnya hanya bisa berbagi ke 10 perangkat, 32 perangkat, dan seterusnya. Cek dulu apakah router tersebut sudah penuh atau belum. Kalau ternyata sudah penuh, ya wajar kalau anda nggak bisa ikutan pakai.

Cek Menggunakan Perangkat Lain

Coba gunakan perangkat lain, misalnya laptop atau HP Android lain milik teman anda misalnya. Kalau tidak bisa juga, kemungkinan ada masalah pada router atau modem. Namun kalau perangkat lain bisa menggunakan WiFi tersebut, ada kemungkinan HP Android anda yang bermasalah.

Cek Kondisi WiFi di HP Android anda

Untuk mengetahui perangkat WiFi anda berfungsi atau tidak, anda bisa menggunakan aplikasi Phone Tester. Aplikasi ini bisa mengetahui status berbagai perangkat yang ada di HP Android anda. 

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

anda bisa buka aplikasinya, lalu pilih “WiFi status”. anda akan melihat status WiFi anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Kalau anda pengguna HP Android tipe ASUS ZenFone, anda bisa mengikuti Cara Cek Kualitas HP ASUS Zenfone Tanpa Aplikasi Apa Pun. Tinggal buka aplikasi kalkulator, lalu ketik “.12345+”, lalu klik tombol “=”.

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Pilih “WiFiBus_Test”. Tunggu proses loading-nya sebentar. Kemudian kalau sudah muncul tulisan “PASS”, berarti WiFi anda baik-baik saja.

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Cara mudah Menperbaiki Wifi Android yang Tidak Bisa Konek

Nah, kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, dan ternyata WiFi HP Android anda yang rusak, maka sebaiknya diperbaiki atau di-service. Jika masih ada garansi, anda bisa klaim garansi atau perbaiki di tempat service (Service Center) yang resmi. 

Itulah berbagai langkah yang bisa anda lakukan ketika anda mengalami masalah WiFi rusak pada Android. Intinya sih, anda cek dulu masalah WiFi Android anda dengan cara-cara sederhana. Baru kalau benar-benar bisa dipastikan rusak, anda bisa klaim garansi atau perbaiki di service centeryang resmi. 

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…