Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Cara mengecek layar LCD Xiaomi normal/rusak – Bagi anda yang baru membeli sebuah gadget smartphone Xiaomi baik baru maupun bekas tentunya anda harus mengecek lebih terdahulu smartphone tersebut agar tidak kecewa saat membelinya.

Hal terutama yang wajib di cek terlabih dahulu di dalam membeli smartphone pastinya adalah layar lcd pada hp Xiaomi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika anda membeli smartphone baru atau bekas anda bisa memastikan perangkat tersebut masih berkualitas bagus atau tidak dan semua fitur yang ada di dalamnya berjalan dengan baik.

Namun Sebelum kita membahas lebih dalam tentang pengecekan layar sentuh (touchscreen) Xiaomi, sebaiknya anda mengetahui dulu apa itu LCD dan jenis layar sentuh apa yang digunakan oleh perangkat Xiaomi. Layar LCD atau Liquid Crystal Display adalah elemen yang terdiri dari lapisan kristal cair dan tidak memerlukan banyak energi untuk layar, teknologi ini sangat populer di perangkat smartphone, phablet, tablet, maupun ponsel.

Tipe Layar LCD Digunakan Xiaomi

Xiaomi biasanya menggunakan tipe layar IPS atau In Place Switching pada perangkat smartphone kelas menengah ke bawah, dimana layar jenis ini memiliki tampilan dan sudut pandang lebih baik dari layar TFT.

Layar IPS ini sudah diterapkan Xiaomi pada erangkat Mid-range seperti Xiaomi Redmi Note 2 3 4, Redmi 2 3 4, dll. Menurut beberapa sumber layar IPS ini menggunakan daya baterai yang lebih hemat daripada layar tipe TFT, memberikan kontribusi agar daya tahan baterai lebih lama.

Ternyata Xiaomi juga memakai layar IPS ini untuk smartphone kelas atasnya seperti Mi 4, Mi 5, Mi 6, dan sebagainya. Alasan Xiaomi memakai layar jenis ini tetntu karena harganya yang terjangkau serta memiliki kualitas yang bagus.

Cara Mengecek Layar Dengan Kode Cek LCD Xiaomi

Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Ada 5 langkah cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek kerusakan layar LCD pada Xiaomi, untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya pada berikut:

Buka menu dial phone seperti gambar di bawah ini, lalu ketik *#*#64663#*#* untuk memunculkan menu hardware test yang bersifat rahasia yang hanya bisa dipanggil menggunakan kode itu saja.

Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Setelah sobat mengetik dengan benar kode tersebut, maka banyak menu-menu hardware test akan muncul seperti gambar di bawah. Sobat cukup fokus saja pada yang sudah saya beri kotak warna merah.

Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Setelah kotak warna merah sobat klik, maka akan muncul kotak untuk meguji sensitivitas layarLCD Xiaomi yang sobat gunakan persis seperti gambar di bawah!

Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Silahkan sobat tekan dan tahan semua kotak tersebut lalu geser seperti gambar di bawah, hingga semuanya kotak menjadi hijau.

Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Jika semua kotak berhasil anda jadikan warna hijau artinya tidak ada kerusakan pada layar touchscreen Xiaomi, namun jika ada salah satu kotak yang tidak bisa menjadi hijau, itu berarti ada kerusakan pada sensitivitas layar LCD dan layar tersebut harus segera diganti agar kerusakannya tidak menjalar.

Nah demikianlah sedikit singkat tentang tutorial bagaimana cara mengecek layar lcd xiaomi baik dalam keadaan normal maupun rusak. Semoga artikel ini dapat menjadi refrensi untuk bisa mengetahui layar lcd xiaomi normal/rusak.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…