3 Tips Jitu Cara Daftar Kredivo Agar Disetujui

Kredivo merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi kredit online yang digunakan tanpa harus menggunakan kartu kredit di Indonesia. Sistem cicilan atau kredit online memberikan kemudahan seseorang didalam membeli barang apapun seperti mencicil hp, smartphone, elektronik & gadget, kebutuhan rumah tangga dan lain-lainnya.

Mencicil menjadi pilihan terbaik ketika seseorang ingin membeli barang namun masih belum cukup mempunyai budget atau dana untuk melakukan hal tersebut. Di google playstore ada banyak sekali penyedia aplikasi sistem cicilan atau kredit online salah salah satunya adalah aplikasi Kredivo.

Fasilitas kredit online yang diberikan oleh Kredivo memang menawarkan proses pendaftaran yang lebih cepat dan mudah dibandingkan kredit konvensional. Tapi, bukan berarti setiap pengajuan akan selalu disetujui. Ada beberapa hal yang membuat aplikasi anda ditolak, salah satunya adalah tidak memenuhi persyaratan, atau dokumen yang diunggah kurang lengkap.

Jadi sebelum anda mendaftar, ada baiknya anda ketahui dulu beberapa hal ini.

3 Tips Cara Daftar Kredivo Agar Pengajuan dapat di Setujui Cepat

Cara Daftar Kredivo Agar Pengajuan dapat di Setujui Cepat

Pastikan pengajuanmu sudah memenuhi syarat

Persyaratan yang belum terpenuhi seringkali menjadi penyebab utama pengajuan seseorang ditolak, khususnya untuk persyaratan domisili. Saat ini, layanan Kredivo sudah meliputi 13 wilayah. Kredipal yang mau mendaftar, harus berdomisili di salah satu dari kota-kota tersebut. Apabila alamat di KTP anda berbeda dengan domisili sekarang, anda tetap bisa mendaftar Kredivo selama tempat tinggalmu saat ini ada di kota yang disebutkan di atas. Buat anda yang belum tahu syarat-syarat pendaftaran Kredivo, berikut lengkapnya:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makasar, Yogyakarta, Solo, Cirebon & Sukabumi
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan

Ketepatan dokumen dan data tak kalah penting

Kredivo dan kebanyakan fintech lainnya, mengandalkan data digital untuk mengukur risiko kredit pendaftar. Lain halnya dengan kredit konvensional yang mengharuskan pendaftar menyertakan dokumen, yang kemudian akan diverifikasi oleh para analis di kantor. Tapi, lain halnya dengan kredit online yang melakukan proses verifikasi melalui serba online. 

Seperti proses pengajuan Kredivo, yang mengharuskan anda mengunggah dokumen dalam bentuk foto, atau menyambungkan sejumlah akun digital seperti akun media sosial, dan akun e-commerce. Untuk itu, hindari kesalahan kecil namun fatal yang masih sering dilakukan. Misalnya kualitas foto dokumen tidak terlihat jelas hingga sulit terbaca. Ketepatan data pada sejumlah akun yang disambungkan juga penting, jangan sampai anda menyambungkan akun e-commerce yang alamatnya tidak tercover layanan Kredivo.

Perhatikan juga slip gaji dan arus keuangan

Selain domisili dan usia, jumlah gaji juga menjadi salah satu persyaratan pendaftaran Kredivo. Ketika anda melampirkan slip gaji atau menyambungkan internet banking, pastikan pendapatan bulanan anda paling tidak sebesar Rp 3 juta. Meskipun Kredivo menetapkan pendapatan minimum, bukan berarti orang yang mendaftar harus kerja kantoran dan punya gaji bulanan.

Para entrepreneur atau pekerja lepas juga bisa mendaftar, asal penghasilan bulanan yang terekam pada rekening yang disambungkan memenuhi syarat minimal. Semakin tinggi penghasilan, semakin banyak pula peluangmu untuk mendapatkan limit besar.

Selain rekam penghasilan, cash flow yang sehat dan bebas dari utang juga tak kalah penting. Ketika anda menyambungkan internet banking dan terdeteksi bahwa pengeluaranmu lebih besar dari penghasilan, maka peluang diterimanya pengajuanmu bisa mengecil.

Apalagi jika ada utang yang masih belum dibayarkan, sehingga arus kas-mu dinilai tidak sehat. Bisa-bisa anda dianggap sebagai nasabah yang kurang dipercaya karena tidak mampu melaksanakan kewajiban untuk membayar utang secara disiplin.  Supaya Kredivo bisa menilai sehat tidaknya arus kas bulananmu, usahakan untuk sambungkan internet banking yang menjadi rekening payroll tempatmu mendapatkan penghasilan dan melakukan transaksi.

Itu dia 3 rahasia supaya pengajuan Kredivo disetujui. Dengan mengikuti semua cara di atas, kemungkinan di-approved akan semakin besar. Bahkan anda punya kesempatan untuk mendapatkan limit maksimal mencapai Rp 30 juta. Apabila sudah berhasil mendaftar, maka anda bisa langsung menikmati limit yang dimiliki untuk belanja di lebih dari 200 e-commerce rekanan Kredivo, atau mencairkan limitmu ke dalam dana tunai. Jika pengajuan masih ditolak, jangan kecewa. Cek kembali semua persyaratannya, ikuti 3 cara di atas, dan lakukan pendaftaran kembali 3 bulan kemudian. Selamat mencoba!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…