Cara Keluar dari Meeting Zoom di Android dengan Mudah

Bagaimana cara keluar dari meeting zoom saat berlangsung di android? Zoom kini menjadi aplikasi wajib terinstal di berbagai jenis perangkat. Dengan menggunakan aplikasi teleconference zoom aktifitas wfh (work from home), pembelajaran online, dan meetings online pun semakin mudah untuk diterapkan.

Mengingat, apa itu Aplikasi Zoom merupakan aplikasi layanan berupa software yang bisa digunakan untuk belajar maupun rapat atau konferensi secara online. Namun, banyak penggunanya yang masih awam dengan aplikasi ini. Mulai dari login, tata cara penggunaannya, hingga tidak mengetahui bagaimana cara keluar dari meeting zoom saat sedang berlangsung.

Lalu, bagaimana cara keluar / leave dari zoom saat meeting di hp atau laptop berlangsung? Nah di artikel kali ini kami akan membahasnya pada berikut ini.

Cara Keluar dari Meeting Zoom Dengan Mudah

Untuk kamu yang awam dengan aplikasi zoom meeting ini, cara keluar dari aplikasi meeting zoom tidak bisa tanpa ketahuan. Hal ini tidak bisa kita lakukan dengan cara hanya menghapus tab-nya saja. Aplikasi ini akan tetap aktif dalam background. Agar kamu benar-benar keluar dari meeting zoom, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

1. Sebagai Peserta

Jika kamu sebagai peserta meeting / rapat online saat di aplikasi zoom, kamu tidak akan bisa menghentikan meeting yang dilakukan. Maka kamu bisa keluar dari zoom meeting dengan cara menekan tombol bewarna merah bertuliskan leave. Jadi, bisa meningkatkan ruang rapat atau pertemuan dengan mudah hanya pakai satu tombol saja.

Apabila meeting merupakan acara formal, sebelum memutuskan keluar, lebih baik minta izin ke atasan. Jadi, tidak akan dimarahi atau mendapatkan teguran. Kalau tidak sempat menyimak bisa direkam juga.

2. Sebagai Host

Sebagai host atau penyelenggara rapat, pilihannya ada dua jenis. Pertama menghentikan rapat secara menyeluruh dan semua peserta dipaksa keluar. Kedua, kamu keluar sendiri dan peserta masih berada di dalam ruangan untuk berdiskusi.

Sebagai host, kamu bisa mengelola ruang rapat dengan maksimal. Bahkan, kalau ada audio yang masih bocor, kamu bisa memaksa untuk mute.

Kenapa dan Alasan orang sering keluar dari zoom meeting?

Terkadang, Zoom meeting yang sedang dilakukan tidak berjalan dengan baik dan beberapa orang memutuskan keluar. Berikut beberapa alasan yang mendasarinya.

1. Waktu Sudah Selesai

Misal ada sesi seminar yang pembicaranya banyak. Karena kamu sibuk dan banyak aktivitas, jadi tidak bisa mengikuti semua aktivitasnya. Oleh karena itu, setelah sesi penting selesai, kamu memutuskan untuk keluar dari acara.

Cara ini banyak dilakukan oleh para pembicara yang selesai tugasnya. Jadi, urusan selanjutnya bisa dilanjutkan oleh tim dan juga para peserta. Selama bukan host dan hanya leave saja, ruang rapat tetap bisa digunakan sampai batas waktunya habis.

2. Diskusi Kurang Menarik

Terkadang kamu mengikuti Zoom meeting gratis dan muncul secara random di medsos. Karena tema yang akan diusung menarik, kamu memutuskan untuk mengikutinya. Saat penjelasan berjalan, ternyata materi tidak sesuai dan membosankan. Akhirnya kamu memilih keluar dari Zoom.

3. Penjelasan Sudah Disampaikan Semuanya.

Sesi Zoom biasanya 1 jam atau lebih. Saat sesi penting, kamu bisa menyimaknya, selanjutnya kalau tidak ada hal yang perlu didengarkan lagi, segera keluar. Biasanya mulai sesi tanya jawab akan ada banyak peserta dari Zoom meeting yang mulai keluar satu per satu.

4. Koneksi yang Buruk

Koneksi yang buruk akan membuat sambungan ke ruang rapat terganggu. Kalau gangguannya parah seperti koneksi mati atau mendadak dapat telepon biasa, sinyal akan mati dan akhirnya kamu terlemparsendiri dan tidak bisa masuk kembali kalau ada sistem moderasi.

Demikianlah sedikit singkat mengenai artikel yang mengulas tentang bagaimana cara keluar dari zoom meeting baik di android maupun di laptop yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu dan bermanfaat ya guys!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…