Cara Memformat hp Oppo Ke Setelan Pabrik Terbaru 2022

Cara Memformat hp Oppo Ke Setelan Pabrik - Lagi sedang mencari petunjuk terbaru bagaimana reset atau cara memformat hp oppo ke pengaturan pabrik? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

ColorOS yang hadir di ponsel OPPO menawarkan modifikasi yang menghadirkan antarmuka baru dan beberapa fitur tambahan dibandingkan dengan sistem operasi Android murni.

Meski begitu, cara reset atau memformat hp OPPO hampir mirip dengan kebanyakan perangkat sistem operasi Android lainnya.

Akan tetapi pada beberapa hp OPPO generasi terbaru, ada kombinasi tombol lain selain hanya Power untuk restart jadi mungkin kamu akan mengalami sedikit kebingungan saat melakukan reset pada ponsel Oppo.

Untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang varian metode bagaimana memformat atau cara reset hp oppo kembali ke setelan pabrik, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya pada berikut ini.

Cara Memformat hp OPPO ke Pengaturan Pabrik

Dengan Tombol Power

  1. Tekan tombol Power beberapa saat
  2. Nantinya akan muncul tombol virtual Restart dan Power Off
  3. Klik tombol virtual Restart dan handphone akan mati
  4. Secara otomatis handphone akan hidup kembali
  5. Apalagi telah berhasil masuk ke menu Lock Screen, maka proses restart telah berhasil dilakukan

Bisa dibilang metode dengan tombol Power yang satu ini masih banyak digunakan oleh handphone OPPO maupun perangkat Android lainnya. Namun pada pada beberapa produk OPPO terbaru telah mulai menggunakan kombinasi tombol berbeda untuk melakukan Restart.

Dengan Kombinasi Tombol

  1. Tekan tombol Restart dan Volume Atas secara bersamaan dalam beberapa saat
  2. Nantinya akan muncul tombol virtual Emergency, Restart, dan Power Off
  3. Tekan tombol Restart dan handphone akan mati
  4. Secara otomatis, handphone akan kembali menyala dan masuk ke sistem

Dengan kata lain apabila handphone OPPO kamu tidak bisa menampilkan tombol virtual Restart setelah menahan beberapa detik tombol Power, maka kamu dapat menggunakan kombinasi Tombol Power dan Volume Atas sebagai langkah selanjutnya.

Sementara pada saat handphone mengalami bermasalah pada sistem, kamu sebaiknya memuat ulang sistem handphone secara menyeluruh dengan menggunakan fitur Factory Reset yang sudah menjadi bawaan pada aplikasi Settings.

Cara Factory Reset Handphone OPPO

  1. Akses aplikasi Settings di handphone OPPO
  2. Pilih menu Additional Settings (ColorOS 11 atau versi di bawahnya) atau System Settings (ColorOS 12)
  3. Pilih menu Back up and Reset
  4. Klik menu Reset Phone untuk ColorOS 12 atau menu Erase all data (factory reset) untuk ColorOS 11 dan versi di bawahnya
  5. Pilih opsi  Erase all data untuk menghapus semuanya
  6. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Erase Data
  7. Tekan tombol Yes untuk konfirmasi
  8. Tunggu hingga proses selesai

Sebagai catatan, metode ini akan menghilangkan semua data tanpa terkecuali sehingga kamu sebaiknya melakukan pencadangan atau backup data terlebih dulu agar data dapat bisa dikembalikan lagi setelahnya.

Akhir kata

Demikianlah sedikit singkat mengenai tutorial cara format hp oppo ke setelan pabrik terbaru. Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…