Begini Cara Melihat Password Wifi di Windows 10 Paling Cepat

Begini mengetahui cara melihat password wifi di Windows 10 yang sudah terhubung sebelumnya baik melalui network settings dan menggunakan cmd. Simak!

Ada beberapa pengguna windows masih kebingungan bagaimana cara melihat password wifi di windows 10 yang sudah tersimpan sebelumnya ketika laptop sudah pernah terkoneksi jaringan internet wifi.

Meskipun perangkat sudah terkonksi dengan wifi atau jaringan internet, terkadang sebagai pengguna komputer juga pernah lupa dengan kata sandi wifi yang sebelumnya yang pernah terkoneksi pada sebuah jaringan internet wifi. 

Alhasil, saat mau menghubungkan perangkat lain ke WiFi yang sama, kamu pun akan mengalami kesulitan karena nggak tahu password-nya. Benar kan?

Oleh karena itu pentingnya tips ini untuk dapat mengetahui apa password wifi di komputer/laptop sebelumnya agar bisa mengkoneksikan wifi ke perangkat lain.

Tapi, kamu tenang saja! Soalnya, cara melihat password WiFi di Windows 10 yang sudah tersambung itu ternyata tidaklah sulit. Jika kamu penasaran mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

1. Cara Cek Password Wifi Di windows 10 Melalui Network and Sharing Center.

  • Klik kanan ikon (icon) Internet access dan kemudian pilih Open Network and Internet settings.
  • Di jendela Network & Internet - Settings yang terbuka, pastikan Anda barada di tab Status dan kemudian klik tautan (link) Network and Sharing Centre yang terletak di bagian bawah.
  • Di jendela Network and Sharing Center yang muncul, klik koneksi wifi yang saat ini sedang Anda gunakkan.
  • Di kotak dialog Wi-Fi Status yang muncul, klik tombol Wireless Properties.

  • Di kotak dialog Wireless Network Properties dari profil wifi yang muncul, pastikan Anda berada di tab Security, beri tanda centang di kotak centang (check box) "Show characters" dan sekarang Anda dapat melihat password wifi di kotak Network security key. Bila sudah selesai, klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Wireless Network Properties.

2. Melalui Command Prompt.

Buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, ketikkan netsh wlan show profiles dan selanjutnya tekan tombol keyboard Enter. Command Prompt akan menampilkan semua nama profil wifi yang ada di komputer Anda baik yang sekarang ini digunakan atau tidak.

Tentukan salah satu nama profil wifi yang passwordnya ingin dilihat, ketikkan kembali netsh wlan show profiles name="nama profil wifi" key=clear dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Tanda petik dua untuk nama profil wifi diperlukan apabila terdapat spasi pada nama profil wifi. Sekarang Anda dapat melihat password wifi pada Key Content.


Kesimpulan

Dengan menggunakan dua metode di atas, kamu dapat mengetahui dan melihat password wifi di Windows 10 baik menggunakan komputer maupun laptop. Kamu dapat memilih cara mana yang menurut mu mudah untuk diterapkan.

Sekian artikel mengenai cara mengetahui password wifi yang sudah terkoneksi di Windows 10. Semoga bisa membantu kamu yang kelupaan kata sandi.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…