Cara Memperbarui Play Store Versi Lama ke Versi Baru 2022

Cara memperbarui play store versi lama ke versi baru dengan mudah. Update google play store anda agar tidak error tidak bisa dibuka dan mendownload!

Cara Memperbarui Play Store - Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang wajib dimiliki di ponsel Android. Biasanya Play Store merupakan aplikasi bawaan dari ponsel. Aplikasi ini merupakan aplikasi penting sebagai media untuk mendapatkan dan mengunduh aplikasi lain yang bisa digunakan untuk pengguna Android.

Sebagai pengguna Android, Anda harus menerima pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi di smartphone Anda. Memperbarui aplikasi yang terinstall dan mengunduh aplikasi lain yang ada di ponsel Anda, biasanya melalui aplikasi Play Store. Pembaruan Play Store ini terjadi untuk kustomisasi konten yang bertepatan dengan rilis beberapa versi baru Android.

Tetapi pernahkah Anda mengalami bahwa Play Store Anda mengalami kesalahan dan perlu diperbarui?

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara update Play Store yang bisa anda tiru dengan mudah. Tips cara memperbarui Play Store penting dan wajib agar aplikasi lain di ponsel Anda dapat berjalan dengan baik.

Cara Memperbarui Play Store Versi Lama ke Versi Baru

Cara Mengupdate Play Store Langsung dari Google Play Store

Cara mengupdate play store yang pertama adalah Anda bisa gunakan cara memperbarui Play Store langsung dari aplikasi Google Play Store itu sendiri. Cara ini lebih mudah dan aman. Sebagai catatan pastikan koneksi internet Anda terhubung dan berjalan stabil. Karena jika tidak, maka akan menimbulkan masalah. 

Berikut Cara memperbarui play store error langsung dari Google Play Store di ponsel anda :

1. Buka aplikasi Google Play Store di ponselmu, kemudian profil ikon pada bagian kiri atas.

profil ikon google playstore

2. Kemudian pilih menu Settings atau Setelan.

settings google play store

3. Geser ke bawah, Pada halaman "Settings", ketuk "About" untuk memperluas menu.

about google play store

4. Setelah diklik, maka akan muncul kotak dialog. Jika Play Store terdapat versi yang lebih terbaru maka akan muncul opsi untuk ijin download dan install versi terbaru. Jika muncul kotak dialog yang bertuliskan ‘Versi Google Play Store Sudah Yang Terbaru’ maka Play Store Anda sudah menggunakan yang versi terbaru.

update playstore


5. Selesai.

Cara Update Play Store Menggunakan File Apk

Cara memperbarui Play Store yang tidak bisa dibuka adalah menggunakan file Apk. File Apk adalah Application Package File. File Apk atau berkas paket aplikasi Android merupakan format berkas yang digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software dan middleware ke ponsel dengan sistem operasi Android.

Menggunakan file Apk Anda bisa memperbarui Play Store dengan catatan bahwa file Apk harus dengan versi terbaru. Cara memperbarui Play Store menggunakan file Apk sebagai berikut.

Cara Memperbarui Play Store Menggunakan File Apk

1. Download Google Play Store dengan format Apk. Anda bisa cari file Apk di berbagai situs di internet.

2. Kemudian cari aplikasi Google Play Store format Apk yang telah Anda download tadi. Pastikan jika file Apk yang Anda download adalah versi terbaru dan aman.

3. Selanjutnya install file tersebut di ponsel Android.

4. Setelah diinstal maka Play Store bisa langsung Anda gunakan karena tak perlu menunggu lama saat harus di update.

5. Selesai.

Cara Update Google Play Store dengan Clear Data

Apabila cara memperbarui playstore yang tidak bisa mendownload aplikasi di atas tidak berhasil, Anda bisa melakukannya dengan manual. Perlu dicatat, metode ini khusus untuk HP atau perangkat yang tidak memperbarui Play Store secara otomatis.

Berikut cara update Google Play Store dengan cara clear data:

Cara Update Google Play Store dengan Clear Data

1. Buka menu Settings pada ponsel/smartphone Anda.

2. Pilih menu All Apps pada Settings.

3. Geser ke bawah untuk mencari Google Play Store dan klik opsi tersebut.

4. Klik Storage dan hapus data storage.

5. Tekan OK untuk memberikan konfirmasi.

6. Restart ponsel Anda dan tunggu sampai Google Play Store terupdate secara otomatis.

7. Selesai

Baca juga: Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Akibat Google Play Store Tidak Diperbarui

Apa yang terjadi jika aplikasi Google Play Store tidak diperbarui atau diupdate? Sama seperti aplikasi Android canggih pada umumnya, aplikasi Google Play Store juga akan bermasalah kalau kamu tidak memperbaruinya secara berkala. Lalu, apa saja yang akan terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Aplikasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Jika kamu tidak melakukan update Google Play Store, maka bisa saja suatu saat nanti aplikasi ini tidak bisa dibuka sama sekali. Tentunya hal ini sangat kamu hindari, geng.

Jika hal ini sampai terjadi, cara untuk membuka dan mengaksesnya kembali adalah kamu harus memperbaruinya dengan aplikasi Play Store seperti yang kami bahas di atas.

Baca juga: Cara Memperbaiki Play Store Tidak Bisa Dibuka 

2. Tidak Bisa Update Aplikasi

Umumnya, kebanyakan orang menginstall aplikasi via Google Play Store. Sebab, lewat aplikasi ini, kamu bisa mengunduh dan memperbarui aplikasi dengan sangat mudah.

Sayangnya, jika belum update ke versi terbaru, kamu tidak bisa membuka aplikasi Play Store. Alhasil, kamu juga nggak bisa memperbarui aplikasi maupun game Android terbaik lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Download Tertunda di Google play store

Itulah penjelasan cara update Google Play ke versi terbaru yang bisa kamu lakukan secara manual maupun dengan menginstall Google Play Store APK terlebih dahulu.

Setelah selesai update ke versi terbaru, kamu pun bisa membuka dan mengakses Play Store seperti biasanya tanpa adanya keluhan lain.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…