Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus

Bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi restart terus menerus (bootloop) atau suka melakukan restart (reboot) sendiri berulang-ulang? mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Semakin lama penggunaan hp android Xiaomi digunakan maka semakin banyak masalah yang terkadang muncul secara mendadak di saat kita beraktivitas menggunakan smartphone xiaomi.

Salah satu masalah yang kerap terjadi ialah hp xiaomi mendadak suka restart sendiri secara berulang-ulang. Hal ini membuat para pengguna xiaomi menjadi sedikit kesal.

Yang dimaksud restart terus menerus adalah hp android secara otomatis melakukan restar tanpa di perintah atau menjalankan sesuatu secara berulang-ulang. Masalah ini terjadi bukan hanya pada smartphone Xiaomi lawas saja bahkan beberapa smartphone Xiaomi keluaran baru juga mengalami hal serupa sebut saja Xiaomi Redmi 8A yang mengalami kendala serupa.

Bagi kamu yang menemui kendala yang sama yaitu hp xiaomi suka melakukan restart sendiri berulang-ulang silahkan simak cara mengatasi hp xiaomi restart terus menerus pada berikut ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus
Xiaomi restart sendiri

1. Memori Penuh

Umumnya salah satu penyebab yang membuat hp xiaomi melakukan restart sendiri berulang-ulang adalah memori pada smartphone kepenuhan data. Dimana hal ini terjadi jika hp dengan memori penuh digunakan untuk membuka aplikasi atau bahkan game berat.

Ketika hp kamu sering melakukan restart sendiri, maka dianjurkan kamu untuk memeriksa kondisi memori smartphone kamu terlebih dahulu.

Jika memang dirasa memori sudah penuh maka sudah seharusnya kamu mencoba untuk menghapus beberapa file atau aplikasi yang tidak digunakan untuk menghindari restart terus.

2. File Sampah

Cache atau file sampah yang terlalu banyak juga besar kemungkinan akan membuat smartphone kamu akan sering mengalami restart sendiri. Alangkah baiknya kamu sering melakukan pembersihan cache atau file sampah agar menjaga ruang penyimapanan tetap ada.

File sampah yang tertalu banyak akan membuta kinerja RAM, CPU, dan GPU akan membuat hp xiaomi kamu itu menjadi lebih berat yang menyebabkan smartphone menjadi sering mati sendiri.

Ada banyak cara membuang file sampah mulai dari fitur bawaan sampai aplikasi tambahan untuk menghilangkannya.

3. Terlalu Panas

Kondisi hp yang terlalu panas juga bisa menjadi alasan kenapa smartphone kamu mengalami kendala restart sendiri. Hal ini sering terjadi saat kamu memainkan game berat yang membuat smartphone panas.

Beberapa game online berat memang akan membuat kinerja chipset menjadi berat bahkan panas yang menyebabkan smartphone restart sendiri.

Jika mengalami hal seperti ini pastikan kamu melakukan peminimalan grafis game yang sedang kamu mainkan. Atau berikan jeda beberapa menit saat akan memainkan game lagi jangan lupakan juga sediakan ruang penyimpanan yang cukup.

4. Baterai Rusak

Hal lain yang membuat smartphone restart sendiri bisa jadi adalah karena baterai smartpone kamu rusak. Hal ini bisa terlihat juga saat kamu sering melihat persentase baterai smartphone apakah sering mendadak habis derastis atau tidak.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai baru, dan pastikan kamu menggunakan baterai original.

5. Kerusakan File Sistem

Jika kamu sebelumnya telah melakukan rooting atau flash room dan menyebabkan hp xiaomi restart sendiri maka sudah di pastikan itu karena keruskan file sistem. Selain kerusakan file sistem mi kamu juga patut curiga terdapat virus di hp xioami.

6. Rusak Komponen

Rusaknya komponen pada samrtphone juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa hp xiaomi kamu melakuakan restar sendiri. Sebut saja saat hp habis kemasukan air atau mengalami panas secara berlebihan.

7. Aplikasi Berjalan Bersamaan Terlalu Banyak

Aplikasi berjalan bersamaan akan membuat smartphone juga bisa mengalami restart sendiri. Kamu bisa melihat apakah smartphone kamu banyak menggunakan aplikasi berjalan bersamaan saat mengetahui hp restart sendiri.

8. Melakukan Hard Reset pada Hp Xiaomi

Kemungkinan salah satu solusi di atas bisa menjadi solusi cara mengatasi hp xiaomi restart sendiri secara terus menerus yang kamu temui pada smartphone. Semoga berhasil.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…