Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Begini loh cara mengatasi laptop lemot windows 10 tanpa instal ulang. Bagi anda yang memiliki kendala setelah update win 10, dan booting jadi lambat.

Cara mengatasi laptop lemot di windows 10 sebenarnya sangat mudah. Mungkin Anda pernah mengalami Windows 10 yang Anda gunakan semakin lambat setiap hari alias lag? mulai dari berapa lama untuk membuka program? hingga startup windows 10 lama? Seringkali not responding? Atau ketika internet terasa lambat seperti siput? 

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara detail cara mudah mengatasi laptop yang lambat saat menggunakan Windows 10 baik saat setelah update, booting lambat dan lain sebagainya.

Kami pernah mengalaminya dan yang lebih buruk adalah beberapa laptop yang kita temui bahkan tidak bisa membuka Windows Explorer, dan harus perlu menunggu waktu yang sangat lama. Windows 10 baru-baru ini menjadi tren di kalangan pengguna komputer dan gadget. Namun, dengan hadirnya berbagai fitur baru yang canggih di Windows 10, tentunya Windows terbaru ini akan lebih berat dari versi sebelumnya. Jadi jika spesifikasi laptop standar pasti akan lambat.

Apa spesifikasi laptop standar untuk menjalankan Windows 10?

  • Spesifikasi minimum laptop untuk Windows 10 adalah:
  • Prosesor minimal 1 GHz.
  • RAM 1 GB (32 bit) 2 GB (64 bit): Saya merekomendasikan setidaknya 4GB untuk multitasking yang lancar.
  • Ruang hard disk: 16 GB untuk OS 32-bit atau 20 GB untuk OS 64-bit.
  • Kartu grafis: DirectX 9 atau yang lebih baru dengan driver WDDM 1.0.
  • Display: 800 x 600.

Jadi jika spesifikasi komputer atau laptop Anda berada di bawah standar di atas. Jangan mencoba menggunakan Windows 10. Karena sudah pasti performanya akan lambat.

Keluhan yang paling sering dialami oleh pengguna Windows 10 adalah tentang kinerja kecepatan yang semakin rendah dan semakin rendah, terutama pada komputer standar dan lamanya waktu menu mulai muncul ketika diklik (sekarang diperbaiki pada versi terbaru Windows 10).

Sebenarnya, cara untuk mempercepat Windows 10 ini juga berlaku untuk Windows 7, dan Windows 8. Karena pada dasarnya penyebab Windows 10 menjadi lambat adalah keterbatasan prosesor dan memori, terutama RAM. Namun jangan khawatir, meskipun spesifikasi laptop Anda hanya standar, Anda masih dapat menikmati kinerja laptop Windows 10 tanpa lag atau kelambatan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Cara Mengatasi Laptop yang Sering Lemot di Windows 10

1. Matikan Program Startup Windows yang Tidak Penting

Penyebab laptop Windows 10 menjadi lemot dimulai dari ketika Anda menginstal banyak program. Tanpa Anda sadari, program yang Anda instal akan mengaktifkan dirinya sendiri saat startup ketika komputer dihidupkan, meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan oleh Anda.

Inilah penyebab PC/laptop lambat booting di Windows 10. Saat mem-boot Windows 10 dibutuhkan waktu yang lama karena Anda harus menunggu semua program yang aktif saat startup selesai berjalan.

Cara mengatasi laptop lemot tersebut cukup mudah, yaitu dengan menonaktifkan semua program yang tidak berguna saat startup. Siaran Windows+R, ketik msconfig, lalu enter. Terakhir, nonaktifkan program yang tidak memiliki fungsi yang jelas. Contohnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Matikan Program Startup Windows yang Tidak Penting

2. Hapus dan Bersihkan File Sampah di Folder Temp

Hapus dan Bersihkan File Sampah di Folder Temp

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 dengan menghapus folder temp atau berkas sampah. File temp adalah file yang ada di folder temp pada disk lokal C. File dalam folder ini adalah file sementara yang diekstrak dari aplikasi atau bekas editor desain seperti aplikasi Corel, Word, dan aplikasi lain yang telah kita buat semuanya disimpan di folder ini. Jika Anda tidak menghapus file ini, itu dapat menumpuk hingga gigabyte dan pasti akan memakan memori laptop sehingga windows akan lebih lambat.

Cara menghapus file temp di windows 10 ini cukup mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cukup tekan Windows+R, lalu ketik %temp%, lalu tekan Enter. Kemudian Ctrl+A untuk memblokir semua file dan tekan Shift+Del (untuk menghapus secara permanen).

Kami sarankan ketika menjalankan perintah di atas, semua program ditutup sehingga semua file dapat dihapus dengan sempurna.

3. Hapus Backup Windows Update (Windows Old)

Solusi laptop lemot yaitu dengan cara menghapus folder windows old. Ketika kami memperbarui Windows ke versi terbaru, file cadangan Windows lama akan disimpan di hard drive. Biasanya kita sering menyebutnya windows.old . Anda tidak terlalu membutuhkan file ini dan file folder windows old benar-benar dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat.

Karena itu, disarankan agar setelah setiap pembaruan, pastikan untuk menghapus file ini. Caranya cukup ketik Disk Cleanup di kotak pencarian Windows 10, lalu buka, lalu pilih hard drive yang akan dianalisis (Local Disk C), klik OK dan tunggu hasilnya. Pastikan semuanya diperiksa pada file yang akan dihapus. Lihat gambar!

Hapus Backup Windows Update (Windows Old)

4. Bersihkan File di Folder Prefetch

Bersihkan File di Folder Prefetch

Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol Windows + R, lalu ketik prefetch dan enter. Jika ada permintaan izin administrator, cukup klik OK.

5. Biasakan Mendefrag Partisi

Biasakan Mendefrag Partisi

Defragment hard drive digunakan untuk mengatur file di drive sehingga Windows dapat dengan mudah membacanya. Sehingga Windows 10 menjadi lebih cepat dalam membaca file di memori atau drive masing-masing partisi.

Cara mendefrag partisi:

Buka windows explorer (Windows + E), lalu klik kanan pada disk lokal (C), pilih properties, klik pada menu Tool, klik optimalkan pada bagian pada bagian optimize and defrag drive. Jika tab optimize drive sudah terbuka, langkah terakhir adalah mengklik optimize untuk setiap partisi dan harap tunggu hingga kata-kata "OK (0% Fragmented)" muncul. Lihat gambar di bawah ini!

Baca juga: Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 10

6. Hapus Semua Aplikasi yang Tidak Perlu dan Memakan Banyak Memori

Hapus Semua Aplikasi yang Tidak Perlu dan Memakan Banyak Memori

Aplikasi terkadang juga menggunakan banyak memori CPU, jadi singkirkan semua aplikasi yang tidak perlu seperti tuneup utilities, skinpack, atau file aplikasi aneh yang diunduh dan diinstal secara otomatis dari internet. Periksa control panel sesering mungkin karena terkadang ada aplikasi penyusup yang secara otomatis masuk ke laptop melalui browser.

Anda dapat melihat aplikasi mana yang menghabiskan banyak memori di Task Manager. Untuk memunculkan Task Manager tekan Windows + X secara bersamaan lalu pilih Task Manager. Silakan gulir dari atas ke bawah dan lihat apakah ada proses dengan warna berbeda (warna berbeda berarti aplikasi menggunakan memori yang sangat besar). Silakan klik kanan aplikasi lalu End  Task.

Agar lebih aman, silakan cari aplikasi di Control Panel dan kemudian Uninstall. Hapus semua aplikasi yang tidak perlu.

7. Matikan Visual Efek yang Tidak Perlu

Cara mengatasi laptop lemot saat booting windows 10 melalui pengaturan windows 10 di bagian performance akan secara otomatis memilih mana yang terbaik. Namun untuk kenyamanan menggunakan Windows 10 baik dari segi kecepatan maupun tampilan, anda bisa menyesuaikan efek visual mana saja yang ingin anda tampilkan untuk mengurangi beban kerja laptop.

Caranya adalah:

Buka Windows Explorer, klik kanan pada This PC, lalu pilih properties. Selanjutnya pilih Advanced System Settings, lihat pada bagian performance pilih setting, lalu ubah ke custom. Silahkan pilih visual effect mana yang akan anda gunakan.

Matikan Visual Efek yang Tidak Perlu

Jika bingung, silakan ikuti pengaturan seperti yang ditunjukkan di atas. Kami telah menyesuaikan pengaturan ini sedemikian rupa sehingga efek yang tidak perlu, kami tidak aktifkan tetapi masih nyaman digunakan.

8. Kosongkan Beberapa Memori Hard Disk Laptop

Cara mengatasi lemot pada laptop windows 10 selanjutnya adalah menghapus beberapa file tak penting. Tak dapat dipungkiri bahwa penyebab utama lambatnya kinerja sebuah laptop adalah memorinya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghapus beberapa file yang tidak berguna pada hard drive seperti film dan sebagainya yang sudah tua dan menumpuk.

Selain itu, jangan simpan file penting di disk lokal disk C. Pindahkan semua file yang Anda unduh ke disk lokal lain. Karena jika anda menyimpan dalam lokal disk C maka akan mempersempit memori yang digunakan untuk aplikasi.

Kosongkan Beberapa Memori Hard Disk Laptop

Untuk lokal disk C, jangan biarkan memori ini penuh dan merah. Karena akan memperlambat kinerja komputer ketika banyak aplikasi yang berjalan.

9. Gunakan SSD

Gunakan SSD

SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh di atas hard drive. Dengan kecepatan baca dan tulis yang sangat cepat, SSD akan membuat semua pemrosesan aplikasi lebih cepat juga.

SSD saat ini juga cukup murah. Beli SSD 240GB juga sudah cukup. Lalu di mana menyimpan data? Anda hanya boleh menyimpan data laptop besar di hard drive. Bila Anda upgrade menggunakan ssd, hard drive laptop tidak aktif. Dapat digunakan sebagai hard drive eksternal untuk menyimpan data.

Jika Anda masih ingin menggunakan laptop Anda saat ini untuk waktu yang lama. Kami sangat merekomendasikan untuk meningkatkan ke SSD.

10. Instal Antivirus Berkualitas

Instal Antivirus Berkualitas

Terkadang beberapa antivirus yang Anda instal di komputer Anda benar-benar menghambat kinerja laptop. Hal ini menggunakan terlalu banyak memori sehingga seringkali tidak merespons. Perhatikan juga kapasitas komputer, jika memori RAM di bawah 2GB, jangan gunakan antivirus besar seperti Bitdefender. Tetapi gunakan antivirus yang ukurannya lebih kecil tetapi kuat seperti eset smart security. Jangan biarkan virus dari laptop tetangga berkembang biak di laptop Anda!

Sebenarnya, menggunakan antivirus bawaan pada Windows 10 cukup kuat untuk menangani virus dan sejenisnya. Tetapi agar tetap efektif, Anda harus sering memperbarui antivirus.

11. Perbarui Windows 10 Setidaknya ke Versi Creator Update Terbaru

Perbarui Windows 10 Setidaknya ke Versi Creator Update Terbaru

Mengapa kami merekomendasikan memperbarui ke windows 10 creator update?

Karena dalam versi Windows 10 ini ada perbaikan untuk masalah dengan versi Windows sebelumnya. Contoh seperti masalah lamanya waktu tombol mulai dan pencarian muncul saat diklik. Masalah ini tidak lagi ada di pembaruan windows 10 creator. Masih ada beberapa perbaikan lain, yang jelas bahwa jendela ini mendukung ekosistem yang lebih lembut dan kompatibel dengan aplikasi dan VGA.

Jika Anda telah melakukan semua langkah di atas, silakan restart. Lihat sekarang Windows 10 Anda akan lebih cepat dan tidak lambat lagi. Masalah boot lama hilang dan menikmati jendela 10 yang sangat halus.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Update Windows 10 Secara Permanen Mudah 

Cara di atas terbukti mampu mengatasi Windows 10 yang seringkali lambat, karena kami sudah mencobanya. Dengan menggunakan cara di atas, performa laptop Windows 10 akan dijamin semakin mengagumkan. Bagi yang berminat, silakan mendaftar.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…