Cara Membuat Partisi Hardisk di Windows 10 Tanpa Aplikasi, Pake Diskpart!

Cara membuat partisi hardisk dengan dispart di windows 10 saat ataupun tanpa instal ulang. Selain itu anda juga bisa membagi partisi dengan mudah.

Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 7, 8, 10 - Setiap pengguna sistem operasi windows atau sistem operasi lainnya pastinya kita mempunyai pilihan mutlak untuk membuat partisi hardisk guna untuk merapikan data agar tersusun dengan indah dan mudah untuk dicari selain itu hal ini juga memudahkan kita memanage data-data yang ada. Sehingga dengan begitu data-data akan tertata rapi, misalnya terpisah dengan partisi sistem, atau jika ingin membuat dual boot juga perlu membuat partisi.

Sebenarnya ada cara partisi hardisk windows 10 saat setelah instal ulang yaitu dengan cara menggunakan Disk Management. Namun tahukah anda, selain menggunakan disk management anda juga bisa membagi partisi hardisk eksternal maupun internal dengan menggunakan Command Prompt (berbasis teks) bagi anda yang menggunakan sistem operasi windows xp 7, 8, 8.1 maupun windows 10. 

Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk cara membuat partisi hardisk di windows 10 melalui diskpart saat setelah atau sebelum instal ulang.

Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 10

Cara Partisi Hardisk Windows 10 Menggunakan Diskpart Lewat CMD

Partisi adalah membagi menjadi beberapa bagiam sehingga pasrtisi harddisk berarti membagi harddisk kita kedalam beberapa bagian agar lebih terlihat rapid an tersusun. Partisi sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi di dalam dunia komputer namun tetapa ada orang yang belum mengetahuinya.

Alasan sebuah hardisk perlu dipartisi ialah untuk lebih memudahkan pengorganisasian file, Misalnya partisi satu untuk menyimpan sistem operasi dan program aplikasi, partisi kedua untuk peyimpanan data dan partisi ketiga untuk backup data.

Berikut ini langkah-langkah partisi hardisk di windows 10 tanpa aplikasi:

  • Silahkan anda buka Command Prompt (as Administrator), kemudian untuk membuka utility diskpart, ketiklan diskpart.

  • Setelah itu untuk menampilkan partisi yang tersedia ketiklah perintah list volume.

  • Selanjutnya ketiklah select volume X. Di mana X tergantung pada partisi yang akan dialokasikan untuk partisi yang baru. Kemudian untuk melihat size maksimum yang dapat di shirnk anda ketikkan perintah shrink querymax atau bisa juga laangsung membuat partisi dengan ukuran query maksimal dengan cara mengetikkan perintah shrink.

  • Apabila ingin membuat ukuran yang lebih spesifik, andda dapat mengetikkan perintah shrink desired=X. Dimana X itu value dari ukuran yang kita inginkan.

  • Sesudah itu tutuplah jendela Command Prompt kemudian buka disk management. Maka akan ada partisi unallocated dengan size yang telah ditentukan sebelumnya. Buatlahsample volume seperti biasanya (ikuti perintah wizard sampai selesai) dengan cara seperti itu maka partisi baru akan berhasil anda buat.

Baca juga: Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius

Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Instal Ulang Lewat Disk Management

Melansir situs resmi bantuan Microsoft, berikut ini cara partisi hardisk Windows 10 tanpa instal ulang yang dapat kamu coba:

  • Buka jendela 'Run' dengan menekan 'Windows + R' dari keyboard laptop atau komputer.
  • Kemudian, ketik diskmgmt.msc dan tekan 'Enter'.
  • Setelah jendela 'Disk Management' terbuka, klik kanan pada 'Drive C' dan pilih 'Extend Volume'.
  • Pastikan kamu sudah menghitung besaran kapasitas partisi yang baru. Setelah selesai, klik kanan dan pilih "shrink".
  • Jika partisi sudah terbagi, kamu dapat memformat (unallocated) partisi dengan melakukan klik kanan pada partisi unallocated.
  • Lanjutkan dengan mengeklik "New Simple Volume" untuk membuat atau menambah partisi baru.
  • Setelah itu, klik "Next" saat ada tampilan "New Simple Volume Wizard".
  • Lalu, klik "Next" saat ada tampilan "Specify Volume Size".
  • Klik "Assign the following drive letter", lalu lanjutkan dengan memilih drive yang akan digunakan untuk partisi baru. Misalnya, kamu membuat local drive C, maka pilihlah C.
  • Kemudian, klik "Next" dan tulis nama yang diinginkan untuk partisi baru.
  • Akhiri proses dengan mengeklik "Finish".

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu telah berhasil membuat partisi hardisk Windows 10 tanpa memasang ulang.

Baca juga: Cara Mengetahui Hardisk MBR atau GPT di Windows 10

Video Terkait Cara Membuat Partisi Hardisk Windows 10 Melalui Diskpart Command Prompt

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana Cara Membuat Partisi Dengan Diskpart di Windows 7 , 8 dan 10 tanpa instal ulang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…