Cara Menyimpan Video Dari Telegram Ke Galeri

Bagi kamu yang masih kebingungan mencari cara menyimpan video dari telegram ke galeri sd card. Sebenarnya ada banyak metode yang bisa digunakan untuk save video ke memori internal atau eksternal.

Kita mungkin tidak asing lagi dengan aplikasi Telegram. Media sosial telegram ini berfungsi untuk mengirim pesan singkat yang cukup familiar dikalangan pengguna internet.

Selain digunakan untuk berbalas pesan singkat dan melakukan panggilan, telegram juga bisa digunakan untuk mengirim file dalam berbagai jenis format termasuk video.

Kelebihan yang dimiliki oleh telegram, kamu dapat mengirim file berkas atau video dengan berbagai jenis ukuran. Fitur ini menjadi salah satu fitur yang banyak disukai orang.

Lantas, bagaimana cara menyimpan video dari telegram ke galeri memori internal atau eksternal? Begini penjelasan lengkapnya.

Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri

Bagi kamu yang ingin tahu cara menyimpan video dari Telegram ke dalam galeri ponsel, maka bisa langsung lakukan langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Telegram.
  2. Kemudian, tentukan dan buka chat (chat, channel, atau grup) video yang ingin kamu simpan.
  3. Jika video sudah kamu temukan, tap icon panah untuk mengunduhnya, tunggu hingga proses unduh selesai.
Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri
  1. Jika sudah selesai, buka video tersebut untuk memutarnya.
  2. Setelah itu, tap icon titik tiga yang ada di sebelah kanan-atas video.
Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri
  1. Pilih Simpan ke Galeri.
Cara Menyimpan Video dari Telegram ke Galeri
  1. Berhasil, video kamu secara otomatis sudah ada di galeri HP kamu.

Hasil video yang sudah tersimpan nantinya bisa kamu akses melalui aplikasi galeri atau file manager. Jika kamu ingin membuktikan apakah video telegram berhasil tersimpan, maka kamu bisa langsung akses ke dalam galeri HP.

Dengan menggunakan cara di atas, kamu bisa mengunduh dan meyimpan video dari telegram baik itu video tentang film, drama Korea, anime, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal cari saja channel-channel atau grup yang menyediakan video-video yang kamu inginkan.

Oh iya, Kamu juga dapat menerapkan metode cara menyimpan video dari telegram ini di berbagai jenis perangkat, baik itu di HP Android, iPhone, di Telegram Desktop di laptop atau PC, serta via Telegram Web.

Untuk caranya sendiri kurang lebih sama saja, tinggal sesuaikan saja dengan tampilan di perangkat.

Cara agar Video Telegram Tersimpan ke Galeri secara Otomatis

Jika kamu ingin menyimpan video telegram dalam jumlah yang banyak, maka tentunya kamu akan membutuhkan waktu yang tak sedikit untuk dapat mengunduh semua video apalagi jika kamu melakukan hal tersebut secara manual.

Kamu tidak perlu khawatir lagi karena kamu dapat melakukan pengaturan yang ada di aplikasi Telegram agar video yang kamu download dapat tersimpan secara otomatis ke dalam galeri sd card.

Begini cara pengaturannya, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Telegram.
  2. Tekan Menu Navigasi yang ada di sebelah kiri-atas.
  3. Kemudian, pilih opsi Pengaturan.
  4. Selanjutnya, kamu pilih opsi Pengaturan Obrolan.
  5. Silakan scroll ke bawah, kamu akan melihat bahwa pengaturan Simpan ke Galeri belum aktif.
Cara agar Video Telegram Tersimpan ke Galeri secara Otomatis
  1. Jika pengaturan belum aktif, kamu dapat mengaktifkan opsi Simpan ke Galeri dengan menekan tombol yang ada di sebelah kanannya.
  2. Selesai, pengaturan untuk menyimpan video atau gambar dari Telegram ke galeri secara otomatis sudah aktif.

Dengan menggunakan tutorial di atas kamu tidak perlu menyimpan setiap video yang berhasil diunduh secara manual ke dalam galeri. Nantinya video yang telah berhasil di unduh akan secara otomatis tersimpan ke dalam galeri.

Perlu di garis bawahi, jika mengaktifkan pengaturan simpan otomatis, maka setiap kamu membuka video di telegram akan tersimpan otomatis di galeri dan hal ini akan menguras banyak kuota paket internet yang ada pada perangkatmu.

Cara Melihat Video Telegram di File Manager

Kemudian bagi kamu yang sudah mengunduh video di telegram namun ternyata video tersebut tidak ada di galeri HP kamu, mungkin karena terhapus atau ada kendala lainnya. Maka, solusinya adalah kamu bisa mengecek video tersebut di folder Telegram di dalam File Manager HP kamu.

Adapun cara melihat hasil unduh video telegram di file manager sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka File Manager.
  2. Kemudian, buka Penyimpanan Internal.
  3. Buka folder Telegram.
  4. Selanjutnya, kamu akan melihat beberapa folder yang berisi file-file dari aplikasi Telegram kamu, yaitu berupa folder AudioDocumentsImages, dan Video.
  5. Jika kamu ingin mengambil video yang sudah ter-download di Telegram, maka bisa langsung tap folder Telegram Video.
Cara Melihat Video Telegram di File Manager
  1. Nah, di sanalah kamu dapat mengambil file video yang diinginkan, lalu dipindahkan ke folder lainnya agar muncul di galeri HP.

Itulah cara menyimpan video telegram ke galeri android. Mudah bukan? Tentu mudah dong. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…