Cara Mengatasi Telegram Loading Terus dengan Mudah

Cara mengatasi telegram menghubungkan atau loading terus menerusTelegram merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan singkat yang memiliki banyak fitur layaknya whatsapp. Dan kelebihan dari aplikasi ialah kamu dapat mengirim file maksimal dengan ukuran 2GB.

Meskipun memiliki fitur yang banyak, yang hampir mengungguli pesaingnya yaitu whatsapp, namun sepertinya Telegram masih tidak sepenuhnya stabil dan optimal untuk digunakan.

Terkadang kendala seperti telegram tidak bisa terhubung ke wi-ficonnecting atau menghubungkan terus menerus masih sering ditemui di aplikasi ini. Akibatnya para pengguna sering merasa geram dan sulit untuk mengirim maupun menerima pesan singkat.

Lalu bagaimana cara mengatasi telegram menghubungkan terus? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya pada berikut ini.

Penyebab Kenapa Telegram Menghubungkan Terus Padahal Ada Kuota?

Masalah menghubungkan terus / connecting sehingga aplikasi Telegram tidak bisa terhubung ke wi-fi sering terjadi pada ponsel Android dan Web. Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal, seperti koneksi internet yang lambat, server Telegram yang bermasalah, bugs pada aplikasi, jarang atau bahkan tidak pernah melakukan update aplikasi, dan lain sebagainya.

  • Koneksi internet lambat/ lemot. Koneksi internet pada ponsel menjadi bagian yang sangat penting. Kamu perlu pastikan kembali apakah koneksi internet kamu terasa lambat sehingga membuat Telegram terhubung secara terus-menerus.
  • Tidak pernah update aplikasi Telegram. Pengguna yang jarang melakukan update juga dipastikan akan mendapati masalah error dikemudian hari. Pentingnya meng-update aplikasi bertujuan agar Telegram tetap stabil dan optimal ketiga digunakan.
  • Server Telegram sedang maintenance. Kemungkinan lain, server Telegram sedang mengalami masalah atau maintenance. Jika hal ini benar-benar terjadi, Kamu perlu menunggu sampai Telegram normal kembali.
  • Bugs pada aplikasi Telegram. Bugs pada aplikasi Telegram juga dapat membuat Telegram tidak stabil ketika digunakan. Karena bisa jadi kesalahan kode program membuat versi Android tertentu mengalami masalah error. Misalnya pengguna Android Lollipop mengalami masalah error, sementara pengguna Android Nougat tidak mengalami masalah apa pun.

Cara Mengatasi Telegram Loading Terus

Cara Mengatasi Telegram Loading Terus

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan, mulai dari memastikan koneksi internet pada ponsel stabil, menghapus recent apps, hingga meng-update aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Kamu Stabil

Hal pertama yang penting untuk Kamu perhatikan adalah memastikan bahwa koneksi internet pada ponsel Android Kamu benar-benar stabil. Hal ini bukan tanpa alasan, munculnya pesan Connecting pada Telegram dibuat karena aplikasi berusaha untuk terhubung ke jaringan internet. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat mengirim ataupun menerima pesan secara instan dan cepat.

  • Untuk memastikan bahwa koneksi internet Kamu benar-benar stabil, coba uji kecepatan internet Kamu melalui situs fast.com/id/.
  • Coba matikan data internet selama beberapa saat kemudian aktifkan kembali.
  • Jika Kamu terhubung ke jaringan WiFi, coba putuskan jaringan dan hubungkan kembali.

2. Hapus Recent Apps Android

Recent Apps merupakan fitur ponsel Android yang memungkinkan pengguna untuk beralih ke aplikasi lain secara cepat tanpa harus kembali ke menu Home. Jika Kamu mengalami kendala jaringan, disarankan untuk menghapus atau menutup recent apps (aplikasi yang Kamu buka). Hal ini dilakukan agar sumber daya ponsel tidak digunakan pada aplikasi lain. Setelah menutup semua aplikasi, coba buka kembali aplikasi Telegram dan tunggu selama beberapa saat.

Jika nantinya Telegram masih bertuliskan Connecting secara terus-menerus, coba ikuti tips selanjutnya.

3. Cara mengatasi telegram menghubungkan terus dengan Update Aplikasi Telegram

Melakukan update pada aplikasi Telegram maupun aplikasi lain sangat penting untuk dilakukan. Dengan update, adanya bugs pada aplikasi dapat diperbaiki. Pihak developer pastinya juga meningkatkan stabilitas dan performa aplikasi agar optimal ketika digunakan. Kamu bisa kunjungi Google Play Store untuk melakukan update aplikasi Telegram.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Telegram.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

4. Gunakan Telegram Desktop

Jika Kamu mengalami masalah Connecting pada Telegram Web, coba alternatif lain dengan menggunakan Telegram versi desktop (WindowsMacOS, dan Linux). Penulis sendiri pernah mengalami masalah yang sama, Connecting pada Telegram Web. Setelah beralih menggunakan Telegram versi Desktop, aplikasi kembali normal dan tidak muncul tulisan Connecting terus menerus.

Cara kerjanya sama seperti Telegram Web, Kamu tinggal verifikasi akun Telegram menggunakan nomor telepon yang Kamu gunakan. Untuk mendapatkan Telegram Desktop, Kamu bisa mengunduhnya di sini. Pilih program sesuai dengan sistem operasi yang Kamu gunakan.

Baca juga: 2 Cara Membuat Akun Telegram tanpa Nomor HP 100% Berhasil

5. Server Telegram Down

Selain 4 solusi diatas kemungkinan server telegram sedang mengalami down. Jika hal ini benar-benar terjadi maka kamu wajib menunggu hingga server kembali normal.

Demikianlah sedikit singkat mengenai ulasan solusi bagaimana cara mengatasi telegram loading terus, connecting, menghubungkan terus padahal ada kuota dan tidak bisa terhububung wi-fi. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya guys!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…