10+ Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome Sebagai Browser Internet

Kelebihan dan kekurangan google chrome sebagai salah satu browser internet terbaik sepanjang masa. Banyak pengguna internet komputer maupun android bertanya tentang apa kekurangan dari google chrome? dan apa kelebihan dari google chrome?.

Dilansir dari wikipedia, Google chrome merupakan peramban web lintas platform atau browser internet yang dikembangkan oleh Google itu sendiri. Peramban ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diporting ke Android, iOS, Linux, dan macOS yang menjadikannya sebagai browser internet bawaan dalam sebuah sistem operasi.

Umumnya setiap browser memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri termasuk Google chrome. Bahkan jika kamu menyandingkannya dengan browser lainnya seperti Mozilla Firefox, Brave browser, Baidu, Microsoft Edge, UC Browser atau browser lainnya.

Lantas apa yang menjadikan kelebihan dan kekurangan google chrome sebagai browser internet terbaik dan memiliki banyak pengguna ini? Jika kamu penasaran, melalui artikel ini kami akan mengulas apa keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh browser google chrome.

5 Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome

Kelemahan dan keunggulan Google Chrome

Apa kelebihan dari google chrome?

  1. Kesan tampilan Google Chrome terlihat lebih modern. Google chrome menghadirkan tata letak yang sederhana namun terasa modern. Hal ini diterapkan agar tidak membingungkan para pengguna browser internet dalam mengoperasikan Google Chrome.
  2. Mempunyai performa kecepatan terbilang hampir sangat bagus. Saat ini terdapat banyak sekali situs web yang dapat memperlambat lajunya browser. Namun dengan Chrome, dapat memprosesnya secara efisien dan menampilkan halaman kompleks dengan cepat, menghemat waktu, menjaga sesi internet dan responsif.
  3. Tingkat keamanan dan kenyamanan saat browsing situs. Di dalam google chrome, pengguna akan diberikan perlindungan ekstra aman. Misalnya dengan mengaktifkan fitur “Safe Search Browsing” di setelan. Kemudian pengguna disarankan untuk memperbarui Google Chrome secara rutin agar tetap aman dan terlindungi.
  4. Terintegrasi dengan Google Apps dan bahkan hampir semua produk smartphone menggunakan google chrome sebagai browser bawaannyaSelain itu Google Chrome memberikan kemudahan untuk berintegrasi dengan produk Google lainnya, misalnya Gmail. Dengan memasukkan Gmail ke Chrome, maka secara otomatis akan masuk ke aplikasi google lainnya (Google Analytics, AdSense, Google Ads, dsb).
  5. Fitur Inbuilt yang kuat. Google Chrome dikenal pengguna internet yang memiliki banyak fitur canggih. Misalnya seperti PDF Viewer, yang berguna untuk membuka dan mengedit PDF secara langsung melalui Google Chrome. Atau mungkin fitur Omnibox yang berfungsi untuk membuka URL situs web dan menelusuri langsung menggunakan mesin telusur default.

Apa kekurangan dari google chrome?

  1. Penggunaan Memori dan CPU tinggi. Meski terbilang populer di kalangan web browser, namun Chrome menggunakan lebih banyak RAM dan CPU dibandingkan dengan browser lainnya. Dalam hal ini tentu akan mempengaruhi penggunaan aplikasi lain di komputer pengguna secara paralel.
  2. Pilihan kustomisasi dan opsi terbatas. Jika ingin menggunakan Chrome, pastikan pengguna telah mengetahui segala kekurangannya. Sebagai contoh, Google Chrome tidak mengizinkan penyesuaian dan opsi tertentu seperti browser lain.

Menurut kami semua browser internet memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing termasuk google chrome itu sendiri. Bagaimana menurutmu? Apakah kelebihan dan kekurangan google chrome di atas sesuai bisa membantu refrensi kamu? Semoga bermanfaat

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…