13 Kelebihan dan Kekurangan UC Browser

Kelebihan dan Kekurangan UC Browser - Aktivitas untuk menjelajah ke dunia internet saat ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan hanya memiliki koneksi jaringan yang stabil, siapa saja dapat menemukan berbagai jenis informasi yang dicari. Tidak cukup sampai di situ, mengarungi lautan dunia maya juga dapat menghubungkan orang secara langsung tanpa batasan ruang dan waktu.

Ada berbagai penyedia layanan pencarian yang dapat digunakan. Banyak orang pasti sangat familiar dengan Google Chrome, atau Mozilla FireFox. Namun terdapat platform search engine yang tak kalah populer yaitu UC Browser.

UC Browser merupakan aplikasi peramban web yang bertujuan untuk digunakan menjelajahi website dengan cepat. Banyak penggunanya belum mengetahui apa kelebihan dan kekurangan UC Browser, platform web satu ini sudah ada sejak tahun 2004. Hingga saat ini UC Browser masih menjadi pilihan utama para pengguna ponsel pintar.

Lantas apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh web browser UC Browser ini? Dan apa saja manfaat yang keunggulan yang didapatkan dari UC Browser? Pada kesempatan ini winrasio.com telah merangkum 11 keunggulan UC Browser beserta kelemahan web browser UC.

Kelebihan dan Kekurangan Web UC Browser 

Kelebihan dan Kekurangan UC Browser

Kelebihan UC Browser

  1. Privasi yang terjaga. Keamanan privasi pengguna menjadi salah satu hal penting yang patut dijaga oleh setiap developer. UC Browser memberikan jaminan keamanan penggunanya untuk dapat dengan tenang menjelajahi situs-situs yang dicari. 
  2. Multi platform.UC Browser memang kerap digunakan untuk perangkat smartphone. Namun platform ini juga dapat dioperasikan menggunakan PC, laptop, tablet. Bahkan aplikasi dengan logo siluet angsa ini dapat dipakai untuk sistem operasi Android, iOS, Java, dan Symbian.
  3. Tidak perlu pihak ketiga. Saat mengunduh file tertentu, biasanya pengguna mengandalkan pihak ketiga untuk melakukannya. Pihak ketiga yang dimaksud seperti Internet Download Manager, Save From Net, Adm, dan sejenisnya. Namun menggunakan platform UC Browser pengguna tidak perlu lagi repot-repot untuk menginstal aplikasi tersebut karena developer sudah menanamkan teknologi smart download pada aplikasi ini.
  4. Efisiensi data. UC Browser dapat menghemat data seluler saat digunakan karena terdapat sistem untuk memangkas kapasitas Downstream hingga 90%. Hal ini mungkin jarang ada pada aplikasi lain.
  5. Bebas iklan. Developer UC Browser sangat paham dengan tidak nyamannya pengguna apabila terdapat banyak spam dari website yang dibuka. Untuk itu, UC Browser dapat secara otomatis memblok iklan-iklan tidak penting yang muncul pada laman situs yang dijangkau. Oleh karena itu, pengguna aplikasi ini dapat dengan nyaman melihat isi dari website yang dibuka.
  6. Efisiensi penggunaan daya baterai. Aplikasi ini dapat menghemat baterai perangkat yang digunakan. Caranya cukup pengguna ubah mode malam pada perangkat ini. Maka UC Browser akan menghemat daya hingga 35%. 
  7. Menyediakan berita terkini. Saat membuka UC Browser, pengguna akan diberikan tampilan mengenai berita terkini. Bahkan berita yang muncul diambil dari history pencarian penggunanya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir akan tertinggal sebuah informasi terkini.
  8. Menyimpan teks lebih banyak. Saat menjelajahi internet, pengguna sering memanfaatkan papan clipboard. Namun kapasitas penyimpanannya tergolong cukup rendah. UC Browser dapat menyimpan teks dengan jumlah ribuan kosa kata.
  9. Interface tidak membingungkan. UC Browser mempunyai sistem navigasi yang jelas. Pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi ini karena sistem antarmuka yang dibuat oleh developer cukup sederhana.
  10. Kecepatan akses cukup cepat. Selain dapat mengkompres sebuah file, UC Browser mempunyai kecepatan akses cukup cepat. Pengguna tidak perlu menunggu lama saat ingin masuk ke situs tertentu. Hal ini juga membantu untuk efisiensi waktu yang digunakan.
  11. Dapat akses saat sinyal buruk. Aplikasi ini dapat digunakan saat koneksi internet sedang tidak bersahabat. Karena UC Browser mempunyai kapasitas untuk dapat memangkas proses loading download file. Pengguna tidak perlu khawatir saat dalam kondisi internet buruk, tetap dapat mengakses situs secara lancar.

Kekurangan UC Browser

Ternyata dari berbagai keunggulan yang telah disebutkan di atas, terdapat kelemahan dari platform UC Browser, loh. Yuk, simak kekurangan dari UC Browser berikut ini.

  1. UC Browser belum mendukung Javascript, dan RSS Feed. Dengan begitu pengguna tidak dapat mengakses menggunakan mode desktop.
  2. Kualitas hasil download kurang jernih. Walaupun mendapatkan kemampuan untuk hemat data, tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil unduhan. Terkadang hasil unduhan tidak sesuai ekspektasi, dengan grafis kurang maksimal.
Nah demikianlah ringkasan sedikit ulasan singkat mengenai kekurangan dan kelebihan UC Browser dengan browser lainnya. Saat ini web UC Browser masih menjadi 10 aplikasi peramban web  terbaik yang bisa dipasangkan di laptop maupun smartphone.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…