10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03s Terbaru

Inilah daftar 10 kualitas kelebihan dan kekurangan samsung galaxy A03s yang wajib kamu tahu sebelum membeli smartphone samsung galaxy A03. Yuk simak!

Seri Samsung Galaxy A03s memang telah disiapkan oleh Samsung untuk mengisi pasar smartphone dengan kelas yang terjangkau (class entry level). Spesifikasi yang dibawa pun tidak abal-abal, meskipun demikian hal ini sudah memenuhi fungsi dasar dari sebuah ponsel.

Sepanjang quarter pertama di tahun 2021, tidak ada tanda-tanda bahwasanya Samsung akan memperbarui seri pada varian Galaxy A0x. Namun, pada Agustus 2021, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu meluncurkan Samsung Galaxy A03.

Melalui artikel ini, kami akan mencoba menjabarkan sedikit tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03s. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk memberikan penilaian yang bijak. Penasaran dengan keunggulan dan kelemahan samsung a03s simak di bawah ini.

Kelebihan HP Samsung Galaxy A03s

1. Desain Sederhana

Kelebihan samsung a03s terletak pada desain yang sederhana. Samsung tidak lagi memoles garis-garis pada penutup belakang seperti Galaxy A02s. Ya, penutup belakang Galaxy A03s sederhana - polos tanpa pola apa pun, kecuali untuk logo Samsung.

Penutup casing belakang polos dengan lapisan matte dibungkus dengan pilihan warna yang diredam. Ada tiga warna yang tersedia: biru, hitam, dan putih.

2. Layar Khas Samsung

Layar yang digunakan pada samsung galaxy a03s adalah PLS TFT. Di mana samsung A03s memiliki ukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Kerapatan piksel layar 20:9 ini adalah 270 ppi.

Ukuran 6,5 inci untuk standar saat ini cukup tepat, tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil. Samsung menjamin layar Galaxy A03s dapat menampilkan konten dengan kualitas yang tajam, segar, dan jernih.

3. Pemindai Sidik Jari di Samping

Samsung Galaxy A03s memiliki sensor pemindai sidik jari di samping - terintegrasi dengan tombol daya. Posisi ini bagi kebanyakan orang adalah posisi paling nyaman untuk mengakses sensor pemindai sidik jari.

4. Kamera Yang Cukup

Samsung Galaxy A03s dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang. Tiga kamera belakang adalah kamera utama 13 MP, f/2.2; Kamera makro 2 MP, f/2.4; dan sensor kedalaman 2 MP, f/2.4. Ketiga kamera tersebut disertai dengan lampu kilat.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 5 MP dengan aperture f/2.2. Video yang dapat dihasilkan dari kamera belakang dan kamera selfie ini memiliki resolusi maksimal Full HD (1080p) pada 30 fps.

Mengenai foto-foto tersebut, kami berpikir bahwa ponsel di bawah 2 juta ini telah melakukan tugasnya dengan cukup baik. Warnanya cerah dan detailnya oke, terutama jika kondisi cahaya sekitarnya memadai. Namun, foto kamera makro kurang tajam karena hanya memiliki resolusi 2 MP.

Hasil Kamera Samsung Galaxy A03s :

image_title_here image_title_here image_title_here image_title_here

5. USB C dan Slot MicroSD Khusus

Samsung cukup baik untuk rela menyediakan port USB C untuk model HP yang terjangkau, bukan port microUSB lagi. Adanya port USB C jelas membuat Galaxy A03s up to date. Selain itu, yang terpenting adalah kamu tidak perlu khawatir dengan steker yang salah ketika akan mengisi daya hp, bahkan saat melakukan pengereman.

Kekurangan HP Samsung Galaxy A03s

Banyak hal yang harus ditoleransi dari smartphone entry-class. Hanya saja, tentu saja, setiap orang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda. Oleh karena itu, poin-poin yang tercantum di bawah ini bersifat subjektif. Ini bisa menjadi kelemahan, tetapi mungkin tidak.

1. Chipset yang Kurang Bertenaga

Samsung Galaxy A03s ditenagai chipset MediaTek Helio P35 atau SoC. Chipset dengan litografi 12 nm sejak muncul pada 2019 memang diciptakan untuk smartphone entry-level.

Oleh karena itu, ia tidak memiliki inti CPU dengan arsitektur Cortex A7x yang biasanya digunakan dalam inti kinerja. Semua inti CPU di Helio P35 (total delapan) berbasis Cortex A53. Setengah diatur pada kecepatan maksimum 2, 3 GHz, setengah lainnya memiliki batas kecepatan 1, 8 GHz.

Selain itu, SoC ini memiliki GPU PowerVR GE8320 (680 MHz). Tidak adanya Cortex A7x pada Helio P35 membuatnya bisa dibilang kurang kuat. Hal ini bisa terjadi walaupun SoC ini memiliki Cortex A53 yang memiliki kecepatan berbeda.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Masih banyak produsen HP yang beranggapan bahwa menghilangkan kamera ultrawide bukanlah masalah. Ada juga beberapa handphone kelas menengah yang tidak diberikan kamera jenis ini.

Untuk Galaxy A03s, mungkin wajar jika kamera ultrawide absen dari baris kamera belakang. Ini karena label harganya murah. Namun demikian, alih-alih memasang kamera makro dan sensor kedalaman, akan lebih baik jika Anda hanya memasang kamera ultrawide.

3. Sensor Kompas Tidak Ada

Hanya ada pemindai sidik jari, akselerometer, dan sensor jarak yang dimiliki Samsung Galaxy A03s. Itu tidak memiliki sensor magnetik alias kompas. Dampaknya, hp tersebut tidak bisa dijadikan panduan ketika tidak terkoneksi dengan internet.

4. Respon Sidik Jari Agak Lama

Ada tiga jenis sensor pemindai sidik jari yang digunakan pada smartphone. Ketiga jenis tersebut adalah optik, ultrasonik, dan kapasitif. Dua jenis pertama ditanam di bawah permukaan layar, sedangkan yang terakhir biasanya ditempatkan di tubuh ponsel.

Sensor sidik jari kapasitif adalah jenis smartphone tertua yang digunakan. Keuntungan dari jenis ini dibandingkan optik dan ultrasonik adalah kecepatannya. Namun, sensor sidik jari kapasitif yang dipasang pada tombol daya Galaxy A03s sedikit berbeda.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A03s hadir sebagai penerus dan pelengkap Galaxy A02s. Kedatangannya membawa sejumlah perbaikan. Misalnya, Galaxy A03s sekarang dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari - pendahulunya belum.

Hp yang sudah terinstall dengan sistem operasi Android 11 ini juga keren karena sudah mengadopsi USB C. Di kelas entry, masih ada handphone lain yang menggunakan microUSB. Kehadiran baterai berkapasitas besar, kamera yang oke, dan desain yang tidak masuk akal adalah keuntungan selanjutnya dari Galaxy A03s.

Namun, anda harus menyadari bahwa hp low budget tidak dirancang untuk memiliki performa yang tinggi. Selain itu, beberapa fitur tambahan seperti sensor kompas dan kamera ultrawide harus tidak ada. Sekarang terserah Anda, apakah kelebihan yang dimiliki ponsel dapat menutupi kerugiannya?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…