Perbedaan Windows 10 dan 11 Yang Paling Mencolok

Ini dia perbedaan windows 10 dan 11 yang paling mencolok. Bisa kita lihat dari tampilan dan Kompatibilitas windows. Aspek performa menang windows 11

Upgrade Windows 11 dari Windows 10 adalah godaan yang cukup kuat, yang dirasakan oleh pemilik Windows. Apalagi tampilan Windows 11 terlihat cukup menawan dan segar dibandingkan dengan Windows dari versi sebelumnya.

Sayangnya, selain itu ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai untuk mengupdate windows ke windows 11 terbaru. Anda juga harus tahu apa perbedaan antara Windows 11 dan Windows 10, sehingga Anda tidak akan kecewa setelah memutakhirkan.

Apa keunggulan Windows 11 dibanding Windows 10Windows 11 hadir dengan interface yang mutakhir serta lebih fresh dibanding versi terdahulunya. Default display dari Windows 11 terlihat lebih elegan, minimalis, serta modern yang membuatnya terlihat tak monoton. Sederet fitur pada desktop juga masih bisa diakses seperti biasanya.

Apa perbedaan antara Windows 10 dan 11? Salah satu perbedaan yang mencolok antara Windows 11 dengan Windows 10 adalah tampilan antarmuka (UI). Windows 11 kini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan minimalis, khususnya di bagian taskbar dan menu Start. Kini, menu-menu itu tidak lagi berada di sebelah kiri seperti yang ada di Windows 10.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan windows 10 dan 11 yang paling mencolok!

Perbedaan Windows 10 dan 11 Yang Paling Mencolok

Perbedaan Windows 10 dan 11

1. Performa Windows 

Perbedaan Windows 10 dan 11 dari segi performa

Apa perbedaan windows 10 dan 11? Tentu saja harapan orang akan tinggi untuk Windows 11. Ini sangat umum, di mana Windows 11 sendiri merupakan pembaruan dari Windows 10 dengan berbagai minuman di mana-mana.

Dari perbedaan performa windows 10 dan 11, dapat dikatakan bahwa secara umum Windows 11 memiliki efisiensi daya yang cukup tinggi. Beberapa keunggulan dalam hal kinerja yang dimiliki oleh Windows 11 adalah sebagai berikut.

  • Windows 11 mampu memberikan lebih banyak daya CPU ke aplikasi yang saat ini terbuka di atas sumber daya sistem lainnya. Dengan kata lain, meskipun Anda berada dalam beban kerja yang tinggi, Windows 11 masih dapat membuka program dengan cepat.
  • Windows 11 memiliki kecepatan yang lebih tinggi, ketika Anda menyalakan laptop yang dalam kondisi tidur. Hal ini dikarenakan RAM Windows 11 masih mendapatkan catu daya bahkan ketiga laptop tersebut dalam keadaan tidur.
  • Bagi Anda yang menggunakan Microsoft Edge, pada Windows 11 penggunaan browser ini menghemat sekitar 32% RAM dan 37% Cpu Usage.

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, berdasarkan penelitian kami, Windows 11 secara umum hampir tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan Windows 10 dalam hal kinerja. Terutama ketika digunakan untuk menjalankan game dan aplikasi.

Jadi pada akhirnya kesimpulan kami adalah bahwa Windows 11 tidak memberikan keuntungan nyata dalam hal kinerja dibandingkan dengan Windows 10. Namun tentu saja hal ini masih bisa berubah, mengingat akan ada banyak pembaruan pada Windows 11.

2. Bugs Pada Windows 11

Bugs Pada Windows 11

Apa bedanya windows 10 dan 11? letaknya adalah di Bug. Salah satu hal yang cukup menakutkan ketika memperbarui sistem operasi adalah kesalahan atau bug. Ini sangat mungkin ditemukan, terutama di awal pembaruan di mana masih banyak pembaruan yang dilakukan.

Di sisi lain, menurut pendapat kami, Windows 10 bukanlah sistem "bebas bug", jadi alasan takut mengalami bug mencegah Anda memperbarui sistem operasi. Jadi berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan.

Salah satu kondisi bug yang cukup populer adalah kasus kinerja throttling, gagap, atau lamban pada beberapa CPU AMD Ryzen yang menggunakan Windows 10. Ini juga terjadi pada Windows 11 di mana dalam beberapa kasus ada pelambatan dan penurunan kinerja hingga 15% saat menjalankan game tertentu.

Ada bug yang menyebabkan Windows 11 memperlambat kecepatan SSD NVMe. Namun, dalam pembaruan terbaru yang dirilis oleh Microsoft, masalah ini dikatakan telah diselesaikan.

Bug yang cukup mengganggu saat ini adalah terjadinya kebocoran memori di mana Windows 11 memakan RAM ekstra ketika Anda membuka beberapa folder di File Explorer secara bersamaan. Namun, bug ini telah terjadi di Windows 10, dan tidak ditemukan pada semua orang yang menggunakan Windows 11.

Beberapa orang memiliki masalah kompatibilitas Windows 11 dengan beberapa perangkat lunak jaringan Intel yang menyebabkan masalah internet. Kemungkinan yang akan Anda rasakan jika Anda mengalami ini adalah perlambatan ketika Anda membuka halaman dan video internet.

Terlepas dari hal-hal penting di atas yang telah kami rangkum dari beberapa sumber, Microsoft juga telah resmi merilis dokumen mengenai bug di Windows 11 yang dapat Anda lihat. Anda dapat melihat dokumennya di sini.

3. Start Menu & Taskbar Windows 11

Start Menu & Taskbar Windows 11

Salah satu perbedaan besar windows 10 dan windows 11. Anda dapat menemukan letak perbedaan di Windows 11 pada tampilan Taskbar dan Start Menu. Layar pada Windows 11 memiliki kesan yang lebih bersih namun hampir menyerupai MacOS dan ChromeOS.

Di Windows 11 Anda tidak akan menemukan sesuatu yang terlalu rumit, desain yang cukup sederhana membuat pengguna lebih fleksibel. Namun untungnya, secara umum, beberapa informasi yang terdapat dalam start menu Windows 10 masih dapat ditemukan di sini.

Adapun beberapa perbedaan utama di Taskbar Windows 11 adalah tidak adanya Cortana. Namun hilangnya Cortana mungkin tidak terlalu penting, apalagi di Indonesia fungsi ini belum bisa digunakan sehingga tidak banyak berpengaruh.

Perubahan besar terakhir di taskbar Windows 11 adalah posisinya di tengah. Tampaknya sulit untuk meletakkan ikon di sisi kanan atau kiri sehingga Anda harus terbiasa dengan ini, ya.

4. Multitasking dan Dukungan Monitor Eksternal

Multitasking dan Dukungan Monitor Eksternal

Kelebihan utama yang dimiliki oleh Windows 11 adalah peningkatan kemampuan multitasking dibandingkan dengan Windows 10. Padahal, fitur ini merupakan salah satu fitur eksklusif di Windows 11 yang tidak bisa anda temukan di Windows 10.

Mengapa demikian?

Di Windows 11 Anda dapat meningkatkan pengalaman multitasking Anda dengan fitur Snap Windows. Pada dasarnya fitur ini merupakan hasil dari pengembangan fitur multitasking yang menurut kami sangat menarik. Di mana Anda dapat 'membagi' beberapa Windows secara otomatis dengan rapi, berbeda dengan Windows 10 di mana Anda harus memisahkannya secara manual.

Selain itu, di Windows 11, dukungan untuk monitor eksternal juga diberikan menurut pendapat kami lebih banyak. Hal-hal kecil, misalnya, di mana di Windows 11 Anda masih dapat melihat tanggal dan waktu di layar sekunder, yang sebelumnya tidak ada di Windows 10.

Beberapa fitur tersebut justru lebih terasa, terutama bagi Anda yang menggunakan laptop hybrid. Selain itu, fitur snap windows yang menurut kami mirip dengan fitur multitasking yang ditemukan pada beberapa tab terbaru Samsung, misalnya.

Bahkan jika Anda memiliki perangkat hybrid, Windows 11 dalam hal fungsionalitas dan cara menavigasi menurut kami akan lebih nyaman. Windows 11 secara umum lebih 'mendukung' fungsi layar sentuh yang ada pada laptop hybrid.

5. Perbedaan Windows 10 dan 11 Terletak pada Kompatibilitas

Perbedaan Windows 10 dan 11 terletak pada Kompatibilitas

Pertanyaan penting berikutnya bagi banyak orang adalah bagaimana dengan kompatibilitas Windows 11? Tentu jawabannya mungkin Anda akan mengalami beberapa masalah terkait hal ini. Secara alami, terutama untuk sistem operasi baru.

Lihat saja spesifikasi yang disediakan oleh Microsoft dimana anda harus memiliki setidaknya 8th Gen Intel Core atau AMD Ryzen 2000 untuk dapat menjalankan sistem operasi ini. Pada dasarnya hal ini membuat pemilik laptop yang berusia di atas 5 tahun tidak dapat meng-upgrade sistem operasi sama sekali.

Selain itu, salah satu spesifikasi minimum yang diminta oleh Microsoft, Anda diharuskan memiliki TPM 2.0. TPM sendiri merupakan chip yang terletak pada motherboard yang bertugas menangani enkripsi dan menyimpan data penting dan rahasia (seperti data biometrik, kunci enkripsi, dan lain sebagainya).

Sayangnya, TPM 2.0 yang diminta hanya tersedia pada laptop generasi terbaru. Sehingga agak sulit bagi anda yang memiliki laptop yang sudah cukup tua untuk menikmati Windows 11 yang cukup hype.

Salah satu cara yang benar-benar tidak kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan Media Creation Tool, yang dapat menghindari pemeriksaan perangkat keras. Namun tentu saja dengan risiko bahwa Anda akan menghadapi banyak bug dan masalah setelah menginstal Windows 11 pada sistem yang tidak kompatibel.

Kesimpulan

Nah, itulah letak perbedaan windows 10 dan windows 11 yang paling mencolok. Bagaimana apakah kamu ingin mengupdate windows ke versi yang terbaru? Mungkin nantinya windows 11 akan diperbarui dengan fitur fitur yang menarik dan satu persatu bug akan diperbaiki.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…