Begini Cara Batalkan Pesanan Gojek yang Terlanjur DiPesan 2022

Bagaimana cara batalkan pesanan gojek? apakah orderan gojek bisa cancel? Yuk simak cara membatalkan pesanan yang terlanjur dipesan!

Cara batalkan pesanan gojek - Apa bisa cancel pesanan Gojek? Gojek kini teah menjadi salah satu moda transportasi favorit bagi sebagian orang saat ini. Kemudahan pemesanan layanan dengan menggunakan aplikasi, menjadi salah satu alasan utama banyak orang memilih Gojek.

Di samping itu, kemudahan dalam sistem pembayaran, dapat dilakukan secara tunai maupun dengan Top Up saldo GoPay.

Dalam pemesanan seringkali ada saja hambatan yang terjadi, seperti aplikasi Gojek yang tiba-tiba error, atau adanya pembatalan order karena beberapa hal. Tidak jarang beberapa alasan orang mengkomplain layanan Gojek dikarenakan beberapa kendala di lapangan.

Sebenarnya, ada beberapa alasan cancel orderan yang terjadi di layanan Gojek, bisa dari penumpang atau driver dengan alasan yang beragam.

Apakah Driver Gojek Bisa Batalkan Pesanan?

Cara cancel gojek sebenarnya tidak dianjurkan oleh pihak Gojek itu sendiri. Karena Gojek telah menetapkan kebijakan yang dimana mereka mengatur para driver Gojek untuk tidak meng-cancel orderan. Jika driver Gojek membatalkan order terlalu banyak pada waktu tertentu. Maka driver akan menerima suspend untuk sementara waktu sampai 30 menit driver pun tidak bisa menerima order kembali.

Apa Arti Autobid Pada Gojek?

Autobid Gojek ialah aplikasi berupa file ekstensi APK dan tidak berasal dari Google Play Store, tetapi dari pihak ketiga, dimana mereka tidak bertanggungjawab menerima bid atau order dengan cara otomatis dari para pelanggan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka seorang driver dapat melakukan bid secara otomatis tanpa perlu memencet tombol untuk terima orderan seperti Go-Ride, Go-Send, maupun Go-Food.

Autobid ini tentu sangat mempermudah driver dalam menerima orderan pelanggan, tapi melakukan ini sebenarnya justru melanggar aturan pihak Gojek sendiri. Selain itu, dampaknya pun dapat dirasakan secara langsung khususnya bagi sesama anggota Gojek.

Bagaimana cara membatalkan pesanan Gojek?

Cara cancel Gojek sendiri sebenarnya bisa dilakukan lewat beberapa cara, diantaranya lewat call center, aplikasi driver Gojek, ataupun saat driver meminta pelanggan atau konsumen untuk melakukan pembatalan order.

Namun pastikan bagi Anda konsumen atau pengguna  jasa Gojek, sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan cara cancel Gojek ini, karena memang bisa berdampak pada nasib driver Gojek itu sendiri.

Saat kita memesan Gojek, tentunya kita akan mendapatkan driver yang terdekat dari lokasi kita. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba kita ada keperluan mendesak yang mengharuskan cancel order Gojek? Bagaimana cara membatalkan pesanan Gojek sebelum dan sesudah mendapatkan driver?

Cara batalkan gojek sebelum dapat Driver

  • Ketika kita melakukan pemesanan Gojek, dan tampilan Aplikasi Gojek tengah mencari Driver, maka disitu tampil tombol Batalkan Pesanan atau Cancel Order.
  • Tekan saja Batalkan Pesanan atau Cancel Order dengan cepat sebelum menemukan driver terdekat.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi pembatalan order Gojek yang berisi “Apa benar anda mau membatalkan pesananmu?”. Kemudian tekan saja tombol YA untuk cancel order Gojek yang sudah kita pesan tadi.

Situasi awal yang didapati saat memesan Gojek adalah kita dihadapkan dengan tampilan pencarian driver. Nah, saat pencarian driver Gojek, kita bisa langsung membatalkan pemesanan apabila dalam keadaan darurat, seperti tidak jadi bepergian, atau memilih transportasi lain.

Catatan: Saat anda menekan tombol Batalkan Pesanan harus cepat sebelum mendapatkan driver Gojek untuk anda. Apabila anda telat memencet tombol dan terlanjur mendapatkan driver, bisa baca cara yang kedua.

Cara batalkan pesanan Gojek sesudah dapat Driver

  • Setelah mendapatkan driver, kita bisa konfirmasi terlebih dahulu dengan driver untuk membatalkan pesanan. Kita bisa chat, SMS, atau telpon untuk konfirmasi kepada driver Gojek. Hal ini untuk menjaga perasaan driver agar tidak kecewa dengan pembatalan order yang telah kita lakukan.
  • Atau jika anda mungkin tak suka berbasa-basi, langsung saja batalkan pesanan tersebut.
  • Pada tampilan pesanan Gojek sesudah mendapat driver, scroll keatas maka akan tampil detail transaksi mulai dari lokasi tujuan, penjemputan sampai detail pembayaran.
  • Scroll keatas lagi hingga menemukan tombol Batalkan Pesanan.
  • Tekan/Tap tombol Batalkan Pesanan atau Cancel Order tersebut.
  • Lalu, muncul konfirmasi “Apa benar anda mau membatalkan pesananmu?”.
  • Pilih saja salah satu alasan kenapa anda membatalkan pesanan Gojek yang telah dipesan.
  • Terakhir tekan tombol YA.

Dengan mengetahui bagaimana cara batalkan pesanan Gojek yang telah dipesan, memang menjadi hak setiap konsumen/pelanggan Gojek. Namun, harap dicatat bahwa sebagai konsumen kita juga harus bijaksana dalam sikap kita. Jangan hanya membatalkan pesanan dengan sembarangan.

Karena secara tidak langsung kita akan mengecewakan orang lain (pengemudi). Sebaiknya, jika anda benar-benar ingin membatalkan pesanan Gojek, kami konfirmasi terlebih dahulu dengan driver Gojek apa alasan kami membatalkan pesanan tersebut.

Itulah ulasan mengenai cara batalkan pesanan Gojek untuk membatalkan pesanan sebelum dan sesudah mendapatkan driver. Jika Anda merasa kesulitan, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…