3 Cara Mengunci HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Bagaimana cara mengunci hp yang hilang? Jika hp anda terjatuh atau dicuri oleh orang simak begini cara kunci smartphone agar tidak bisa diakses.

Bagaimana cara mengunci HP yang hilang dari jarak jauh dalam keadaan mati? Mungkin sering kali pengguna smartphone terutama berbasis sistem operasi android menanyakan hal ini. Atau bisa jadi anda dalam kondisi kehilangan ponsel kesayangan.

Sebenarnya cara mengunci hp yang hilang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, bagian terpenting ketika hp yang hilang dikarenakan ponsel terjatuh, dicuri adalah data privasi serta kontak dan kartu penting di dalamnya.

Hal tersebut pastinya membuat anda menjadi lebih cemas dan khawatir. Maka dari itu banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara menguci hp yang hilang dengan email atau imei.

Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips cara mengunci hp yang hilang untuk mencegah kehilangan data atau pencurian data oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Simak ulasannya pada berikut ini.

Cara Mengunci HP yang Hilang Lewat Gmail Akun Google

Cara Mengunci HP yang Hilang Lewat Gmail Akun Google

Bagi anda yang memiliki laptop ataupun komputer dirumah, anda dapat menggunakan metode cara mengunci hp yang hilang lewat email.

Berikut cara mengunci hp lewat email:

  • Pertama, bukalah laptop atau PC lalu hidupkan dan masuklah ke dalam website resmi Android Device Manager.
  • Masuk pakai akun Google serupa seperti username dan password yang kalian pakai pada smartphone yang hilang.
  • Kalian akan melihat pemberitahuan berupa icon dan tipe smarthone yang sedang tersambung dengan akun Gmail.
  • Kalian juga bakal melihat keterangan waktu, jarak serta lokasi pemakaian dengan ponsel android yang hilang.
  • Selanjutnya, kalian bisa menekan tombol Siapkan Kunci & Hapus dan tekan OK untuk menghapus data atau reset sistem ponsel android yang hilang.
  • Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa data pada ponsel android yang hilang sudah terkunci, serta terhapus secara otomatis.
  • Selesai.

Namun, layanan Android Device Manager hanya dapat digunakan menggunakan akun Google. Anda harus menggunakan akun yang sama dengan nama pengguna dan kata sandi di ponsel yang hilang, serta PC atau laptop.

Hal ini agar aplikasi dapat melacak jarak, lokasi hingga jenis smartphone yang telah hilang. Jangan abaikan informasi akun Google Anda untuk mengantisipasi kerugian dengan menggunakan panduan di atas.

Jika Anda memiliki ponsel Android merek Samsung yang hilang, jangan khawatir. Anda dapat mengunci semua data pribadi melalui diskusi berikut. Anda cukup memahami setiap poin dan memperhatikan aplikasi ketiga yang harus digunakan.

Data penting yang disimpan akan dihapus, sedangkan ponsel akan dikunci secara otomatis. HP hanya bisa dibuka oleh pemiliknya.

Baca juga: 4 Cara Melacak Hp Android yang Hilang Tanpa Kartu SIM

Cara Mengunci HP yang Hilang dengan Find My Mobile

Find My Mobile adalah aplikasi ketiga yang berguna untuk mengunci hp Samsung yang hilang. Perlu anda ketahui bahwa layanan ini merupakan fitur resmi dari Samsung yang bisa digunakan ketika ponsel anda hilang.

Anda juga dapat menggunakannya untuk mengunci ponsel Anda, dan menghapus datanya secara otomatis. Informasi tersebut perlu diketahui agar data pribadi Anda tidak dapat dikelola oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut langkah-langkah cara kunci hp samsung yang hilang:

  • Pertama, bukalah web browser dan kunjungi URL atau halaman findmymobile.samsung.com.
  • Kalian bisa masuk dengan akun Samsung yang tersambung dengan ponsel yang hilang.
  • Kalian bakal di bawa ke halaman pertama yang menampilkan peta dan status ponsel.
  • Kemudian, perhatikan menu Tools di sebelah kanan, serta amati keterangannya apakah ponsel dalam kondisi mati atau hidup (online).
  • Untuk mengunci ponsel Samsung yang hilang, pilih menu Lock.
  • Jika kalian ingin menghapus data yang tersimpan pada memori internalnya, maka bisa menekan tombol Erase Data.
  • Selesai.

Jika anda ingin mengunci ponsel Samsung yang hilang melalui Find My Mobile, syarat utamanya adalah hp tersebut harus terkoneksi dengan koneksi internet dan akun Samsung (jika login).

Selain itu, Anda juga membutuhkan perangkat fisik lain yang dapat terhubung ke internet seperti ponsel, tablet, atau laptop merek lain untuk menyelesaikan proses di atas.

Namun, jika hp yang hilang mati karena baterai habis, bahkan orang lain mematikannya, dan menyalakannya kembali maka akan terkunci secara otomatis.

Syaratnya, harus terkoneksi dengan jaringan internet. Lokasi Terakhir juga bisa anda gunakan yang dikirim oleh hp sesaat sebelum hp tersebut mati untuk melacak keberadaan hp Samsung yang hilang.

Cara Mengunci HP yang Hilang dengan Google Find Your Phone

Aplikasi Google Find Your Phone dapat digunakan untuk mengunci hp Samsung yang hilang. Anda tidak hanya mengunci atau menghapus data, tetapi juga memblokirnya dengan satu aplikasi serupa.

Merek Android apa pun harus terhubung dengan setidaknya satu akun Google untuk mengunduh aplikasi melalui Play Store. Anda harus memanfaatkan momen ini untuk mengunci HP yang hilang dari jarak jauh. 

Berikut cara kunci hp dengan google find your phone:

  • Pertama, buka web browser dan masuk ke alamat situs https://myaccount.google.com/find-your-phone.
  • Kalian bisa masuk dengan akun Gmail atau Google yang sudah tersambung dengan ponsel tersebut.
  • Kemudian, pilih HP Samsung yang hilang.
  • Untuk memblokir atau mengunci ponselnya, maka bisa menekan tombol Lock Your Phone.
  • Untuk menghapus semua data yang tersimpan pada memori internal, kalian cukup menekan tombol Consider Erasing Your Device.
  • Selesai.

Aplikasi ini akan membantu Anda mengunci ponsel Samsung Anda yang hilang. Kelebihan lainnya adalah orang lain yang menemukan ponsel mereka tidak akan dapat membukanya kecuali melalui akun Gmail Anda.

Baca juga: Cara Melacak HP Oppo yang Hilang Melalui Google Find My Device

Semua data yang dihapus hanya berlaku untuk file yang ada di memori internal, sedangkan data yang tersimpan di memori eksternal (SD Card) akan tetap tersedia karena anda bisa menghapusnya sebagai pemilik hp saja. Anda dapat mengunduh Google Find Your Phone melalui Play Store dengan mengikuti panduan di atas.

Nah itulah sedikit singkat ulasan 3 Cara mengunci hp yang hilang dari Jarak jauh. Semoga sukses!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…