10+ Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13, Yakin Mau Beli?

Inilah daftar 10 kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a13. Yuk simak beserta spesifikasi lengkap keunggulan dan kelemahan vari samsung A satu ini!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 - Samsung Galaxy A13 bukanlah seri ponsel murah pertama yang pernah dihadirkan. Sebelumnya, Samsung juga telah merilis Samsung Galaxy A12 dengan spesifikasi yang cukup menawan di kelas harga Rp 2 jutaan. Kini, pengguna juga disuguhkan dengan generasi penerus yang membawa fitur dan spesifikasi baru.

Sebelum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan samsung A13, Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 (4/128 GB) pada saat rilis di Indonesia, Galaxy A13 tiba-tiba membuat banyak netizen penasaran dengan kualitasnya.

Bisakah ponsel 2 juta ini memuaskan keinginan pengguna dalam kehidupan sehari-hari? Atau justru kehilangan daya saing dengan HP terbaik lainnya sebesar Rp2 juta?

Berikut ini spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13 yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat menjadi refrensi sebelum Anda memulai menentukan apakah yakin untuk membeli smartphone Samsung varian ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.599.000

Kelebihan dari Samsung Galaxy A13

Ingin tahu apa yang membuat HP ini menarik? Yuk simak keunggulan Galaxy A13 berikut ini!

1. Kecerahan Layar cukup bagus di kelasnya + Gorilla Glass 5

Kecerahan Layar cukup bagus di kelasnya + Gorilla Glass 5

Ada satu hal pada Galaxy A13 yang lebih baik dari Galaxy A12, yakni dari segi ukuran dan resolusi layar. Ya, ponsel seharga 2 jutaan itu biasa memiliki layar dengan resolusi HD+, alias 720p. Itulah yang membuat Galaxy A13 terlihat menarik karena menawarkan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan ukuran 6,6 inci.

Namun, panel yang digunakan hanya PLS LCD bukan Super AMOLED seperti beberapa rival dengan harga yang sama. Meski begitu, kerapatan piksel 400 ppi merupakan peningkatan drastis dibandingkan Galaxy A12 dengan kerapatan 270 ppi. Dengan cara ini, pengguna dapat merasakan ketajaman yang lebih baik di layar.

Di luar kualitas, layar pada Samsung Galaxy A13 juga kini telah dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang disinyalir mampu melindunginya dari kerusakan saat terjatuh dari ketinggian hingga 1,2 meter. Meski begitu, kami tetap menyarankan untuk menambahkan kaca tempered untuk berjaga-jaga.

2. Hasil Foto Solid + Lensa Ultrawide

Hasil Foto Solid + Lensa Ultrawide

Jika ada satu hal yang dinantikan dari Galaxy A13, itu adalah kemampuan fotografinya. Ya, meski hadir dengan harga hanya Rp 2 jutaan, Samsung cukup bermurah hati karena telah membekali Quad Camera 50 MP di panel belakang.

Jika Anda ingin mengambil foto dengan detail yang lebih lengkap, Anda bisa menggunakan mode 50 MP, namun dengan ukuran file yang membengkak. Sedangkan untuk performa kamera ultrawide, tampaknya detail dan rentang dinamisnya agak berkurang dibandingkan dengan kamera utama.

Meski begitu, reproduksi warna pada lensa ini terlihat lebih baik daripada kamera utama karena warnanya terlihat lebih hidup. Secara fungsional, kamera ultrawide melakukan pekerjaan yang baik untuk memuat lebih banyak adegan dalam satu bingkai. Berikut beberapa contoh foto.

Hasil Foto Kamera Utama Samsung Galaxy A13
Kamera utama (12,5 MP)
Hasil Foto Kamera Ultra WideSamsung Galaxy A13
Kamera ultra wide

3. Baterai Tahan Sepanjang Hari

Baterai Tahan Sepanjang Hari

Kapasitas baterai Galaxy A13 bagus yakni berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas ini cukup di kelas harga Rp 2 jutaan, namun tidak semua hp dengan baterai 5.000 mAh memiliki ketahanan yang sama.

Pasalnya, daya tahan baterai juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti optimasi software, penggunaan chipset, dan jenis panel layar yang digunakan.

Galaxy A13 sendiri dinilai mampu melakukan panggilan telepon 3G selama 38 jam 20 menit, web browsing selama 16 jam 13 menit, dan pemutaran video selama 15 jam 59 menit.

4. Konektivitas lebih lengkap dari generasi sebelumnya

Konektivitas lebih lengkap dari generasi sebelumnya

Jika Anda melihat halaman spesifikasi Galaxy A12 di situs web resmi Samsung, Anda akan menemukan bahwa smartphone pendahulunya hanya mendukung protokol WiFi 802.11 b/g/n. Artinya, hp ini hanya bisa dihubungkan ke pita jaringan WiFi 2,4 GHz.

Untungnya ini diperbaiki pada Galaxy 13 yang sudah mendukung WiFi 802.11 b/g/n/ac Dual Band, sehingga dapat dihubungkan ke pita jaringan 5 GHz.

5. Hadir dengan Android 12 dari Pabrikan

Hadir dengan Android 12 dari Pabrikan

Samsung Galaxy A13 dirilis menggunakan antarmuka One UI 4.1 berbasis sistem operasi Android 12. Ini adalah versi Android tertinggi ketika ponsel ini dirilis. Alhasil, pengguna juga bisa menikmati beberapa fitur eksklusif, termasuk Privacy Dashboard yang fungsinya semakin ditingkatkan.

Fitur di antarmuka HP ini mendapatkan berbagai peningkatan kecil, termasuk kontrol media, cara ponsel menampilkan notifikasi, sistem navigasi, dan banyak lagi. One UI 4.1 Core juga menawarkan sisi kustomisasi yang sangat dalam, seperti wallpaper dan fitur Dynamic Lock Screen dengan berbagai tema.

Kekurangan Samsung Galaxy A13

Dengan segala kelebihannya, tak heran jika Galaxy A13 mendapat banyak perhatian dari para penggemar Samsung. Meski begitu, jangan lupa juga untuk mengetahui kekurangan dari HP Rp 2 juta ini, ya!

1. Dapur Pacu Kurang Menarik

Dapur Pacu Kurang Menarik

Bagi Anda yang berharap bisa memainkan game-game berat di hp ini, bersiaplah untuk kecewa. Pasalnya, Samsung Galaxy A13 hanya didukung chipset Exynos 850. Chipset besutan Samsung ini memiliki performa yang buruk untuk bermain game.

2. Pengisian Daya Yang Kurang Cepat

Pengisian Daya Yang Kurang Cepat

Kelemahan lain dari Galaxy A13 yang mungkin mengganggu Anda adalah waktu pengisian daya. Bagaimana tidak? Sementara ponsel lain telah menyediakan pengisian cepat 33 W dengan harga 2 jutaan, Galaxy A13 hanya dibekali daya 15 W.

3. Dijual tanpa Casan

Dijual tanpa Casan

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy 13 ada di kotak penjualan. Meskipun dia hadir dalam kategori ponsel anggaran, dia tidak dilengkapi dengan kepala pengisian daya di kotak penjualan. Ya, Anda hanya akan menemukan ejektor SIM dan kabel data, tetapi bukan casing pengisi daya itu sendiri.

Tidak adanya charger dari sales box menjadi tren yang diawali oleh Apple dalam produk iPhone-nya. Awalnya diolok-olok oleh merek Android seperti Xiaomi. OnePlus, dan Samsung, tetapi pada akhirnya merek tersebut bahkan tidak menyertakan kasingnya.

4. Kamera Tidak Memiliki Mode Malam dan Stabilisasi

Kamera Tidak Memiliki Mode Malam dan Stabilisasi

Sebelumnya, dijelaskan bahwa Galaxy A13 memiliki kemampuan fotografi yang bisa diandalkan. Namun, kamera pada ponsel ini masih memiliki kekurangan, yaitu tidak adanya fitur Night Mode yang dapat meningkatkan pencahayaan dalam kondisi gelap.

Dilansir dari laman GSM Arena bahwa performa kamera HP ini di malam hari cukup baik, dengan noise minimal dan detail yang terawat dengan baik. Namun, ia memiliki rentang dinamis yang cukup terbatas yang membuat warna kurang memancar keluar. Suatu hal yang harus diperbaiki dengan menggunakan mode malam.

5. Layar Tidak Memiliki Refresh Rate Yang Tinggi

Layar Tidak Memiliki Refresh Rate Yang Tinggi

Berbeda dengan ponsel Rp2 jutaan lainnya yang sudah memiliki refresh rate 90 Hz atau 120 Hz, Galaxy A13 hanya dibekali refresh rate standar 60 Hz. Hal ini membuat gerakan animasi di layar tidak terasa semulus beberapa rivalnya.

Yang lebih mengejutkan adalah Anda benar-benar akan mengalami lag saat menjelajahi antarmuka, karena waktu respons piksel yang buruk. Hal ini bisa jadi karena runway Exynos 850 yang tidak cukup kuat untuk sekadar mendukung aktivitas scrolling.

Nah itulah sepuluh kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13, semoga dapat menjadi refrensi Anda sebelum membeli ponsel pintar milik samsung.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…