Begini Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung (Konek)

Cara mengatasi wifi di hp android yang tidak bisa terhubung, tersambung atau konek ke internet. Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang dimana wifi ini sering dikaitkan dengan layanan internet gratis yang disediakan oleh pemilik wifi entah itu wifi speey atau hasil dari portable hostpot dari android. Sekarang ini tidak begitu sulit untuk menemukan tempat-tempat yang menyediakan wifi maupun hostpot, kita bisa menemukan wifi gratis di berbagai tempat misalnya sebuah cafe, kantor, sekolah, rumah makan dan bahkan telkom menyediakan tempat untuk bisa anda gunakan sebagai tempat dan penghubung wifi agar bisa terkoneksi ke internet.

Wifi menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mendapatkan koneksi yang lebih cepat, unlimited dan untuk download. Mengapa demikian? tentunya agar lebih irit, nah bayangkan ketika anda ingin mendownload sebuah file atau games dengan ukuran lebih dari 1Gb menggunakan wifi hotspot dari hasil thetering android pastinya kuota internet anda akan cepat habis disedot maka dari itu menggunakan wifi lebih efisien untuk hal download dll.

Namun, ketika kita sedang asyiknya menikmati layanan Wifi gratis, terkadang kita juga pernah mengalami masalah seperti wifi android yang tidak bisa konek, Wifi yang tiba – tiba putus, Wifi konek tapi tidak bisa akses internet, serta masalah – masalah lainnya. Hal semacam itu tentu saja membuat hati kita merasa kesal, galau, dan bingung alhasil mendownload file pun tidak bisa atau mengupdate aplikasi android pun jadi gagal.

Penyebab Wifi tidak bisa Konek

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi alasan kenapa Wifi tidak bisa konek? Mungkin beberapa faktor di bawah ini bisa menjadi alasan wifi android anda tidak bisa tersambung dan terkoneksi ke internet. Berikut ini faktor penyebab wifi android gagal konek internet.

  • Pertama, mungkin saja jarak antara router dengan smartphone anda terlalu jauh, sehingga saat anda sambungkan ternyata gagal.
  • Faktor kedua, masalah cache memori android yang menumpuk berminggu – mingggu bahkan berbulan – bulan tidak pernah dihapus.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Akses Internet

Begini Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Tersambung (Konek)

Nah untuk solusi mengatasi wifi hp android tidak bisa konek internet silahkan simak pada artikel berikut ini namun. Sebelum mempraktekan langkah-langkahnya alangkah lebih baiknya anda harus memperhatikan Wifi (Hotspot) siapa yang sedang anda gunakan? hotspot milik orang lain (Mobile Phone) atau hotspot publik (Modem router). Selanjutnya cobalah untuk menggunakan atau melihat smartphone lain, apakah smartphone tersebut bisa konek atau tidak. Jika smartphone orang lain bisa konek dan miliki anda sendiri tidak bisa konek, berarti permasalahan ada smartphone miliki anda.

1. Atur Tanggal dan Waktu

Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu melihat Tanggal dan Waktu. Jika tanggal dan waktu sesuai dengan hari ini maka anda tidak perlu mengaturnya, tetapi jika tanggal dan waktu tidak sesuai dengan hari ini maka anda perlu mengaturnya. Anda tidak dapat mengakses internet apabila tanggal dan waktu tidak sesuai dengan saat ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Tanggal dan Waktu » Kemudian anda bisa melalui untuk mengatur tanggal dan waktu di HP Android anda. Atur secara otomatis agar hasilnya bisa sesuai dengan jaringan operator anda.

Keterangan : Langkah di atas diterapkan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Wifi Android Tidak Bisa Menyala

Jika wifi tidak menyala biasanya tidak terdapat icon wifi pada bagian Notifikasi Bar. Untuk mengatasinya anda bisa menghapus cache pada memori android. Gunakan aplikasi Clean Master, CCleaner, atau semacamnya untuk membersihkannya. Setelah berhasil membersihkan cache memori, matikan smartphone kemudian lepas baterai, SIM Card, dan Memori eksternal. Diamkan selama 20 detik agar hardware smartphone tidak menerima daya dari baterai. Setelah 20 detik, pasang kembali baterai, SIM Card, dan memori eksternal. Cobalah nyalakan dan sambungkan kembali ke Wifi.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pengaturan Wi-Fi” »Kemudian tap “Hapus Cache”.

Keterangan : Langkah diterapkan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Lupa Jaringan (Forgot Network)

Lupa jaringan dimaksudkan untuk menghilangkan daftar jaringan Wifi pada smartphone android anda. Dengan cara ini, semua daftar Wifi yang ada di Android anda akan terhapus. Jika semua daftar hotspot sudah terhapus, Restart smartphone anda kemudian cobalah sambungkan kembali. Sebagai contohnya, anda bisa lihat previews gambar dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Wi-Fi » Tekan atau tap pada nama hotpsot tepat pada icon “I”. Selanjutnya, anda tap “Lupakan Jaringan Ini” atau “Forgot Network”. (Lakukan hal yang sama pada semua daftar nama hotspot).

Keterangan : Langkah diterapkan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca juga: Wajib tahu, Cara Mengatasi Wifi Android yang tidak bisa Nyala atau Hidup

4. Matikan Anti Virus

Anti Virus memang sangat berguna dalam menjaga smartphone dari kejahatan virus yang mengancam baik secara offline ataupun online. Tetapi terkadang, Anti Virus bisa saja melakukan Block pada layanan hotspot yang bersifat publik. Untuk itu sebaiknya anda matikan saja Anti Virus saat sedang menggunakan Wifi.

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Wifi Android yang Bermasalah

5. Perbaiki Dengan Aplikasi Wifi Fixer

Wifi Fixer merupakan aplikasi android gratis yang dapat digunakan untuk menganalisis jaringan Wifi, kemudian memperbaiki jaringan Wifi yang lemah menjadi lebih kuat agar dapat digunakan untuk mengakses Internet. Unduh Aplikasi Wifi Fixer melalui Google Play Store secara gratis.

Dengan adanya beberapa langkah-langkah memperbaiki wifi yang rusak dimana tidak bisa konek internet dan semoga wifi yang bermasalah yang ada di HP Android anda bisa teratasi. Dan yang pasti WiFi di ponsel anda bisa normal dan bisa digunakan seperti sebelumnya. Metode yang saya berikan memang tidak bisa dikatakan 100% berhasil. Namun setidaknya anda coba dahulu, dan barulah nanti anda tahu hasilnya seperti apa.

Baca juga: 10 Aplikasi Hotspot Pc Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah sedikit ulasan singkat dari saya tentang tips mengatasi wifi hp android tidak bisa konek, semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk kalian semua yang memiliki kendala seperti ini.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…