Wajib tahu, Cara Mengatasi Wifi Android yang tidak bisa Nyala atau Hidup

Solusi bagaimana cara mengatasi wifi android yang tidak hidup atau nyala. Wifi adalah salah satu solusi untuk bisa mengakses jaringan internet selain paket internet. Wifi juga disebut sebagai koneksi internet tercepat yang mampu menyaingi jaringan 4G Lte. Maka dari itu menggunkan wifi maka koneksi internet anda akan makin ngebut. Namun apa daya jika wifi pada smartphone android anda tidak bisa aktif?

mengatasi wifi yang tidak bisa hidup

Mengapa wifi/wireless android saya tidak berfungsi dan tidak bisa aktif? Penyebab wifi android tidak yang tidak mau on terjadi karena ada beberapa faktor yang menjadikan wifi tersebut tidak muncul. Hal ini juga bisa terjadi disebabkan oleh komponen wifi pada smartphone android anda di dalamnya bisa jadi rusak akibat android pernah jatuh dari ketinggian atau hal lainnya.

Melalui artikel ini, saya akan memberikan tips memperbaiki wifi android yang tidak bisa hidup sebelum anda memutuskan untuk membawa smartphone android anda ke tukang service. Berikut ini tipsnya guys.

Solusi mengatasi wifi android tidak bisa di aktifkan

1. Cek Wifi pada ponsel Android anda

Hal yang pertama yang kita harus lakukan untuk mengatasi wifi Android tidak bisa diaktifkan adalah dengan cara mengecek settingan atau pengaturan WiFi pada ponsel Android Anda. Silahkan anda cek Apakah sudah menyala atau belum?. Jika belum menyala silakan Anda nyalakan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, buka “Pengaturan » cari WiFi lalu nyalakan”. Ini cara yang paling mudah dan paling awal yang Anda lakukan.

2. Restart smartphone Android anda

Cara memperbaiki WiFi Android yang mati atau tidak mau menyala yang kedua adalah Anda bisa melakukan restart ponsel. Matikan terlebih dahulu WiFi pada ponsel Anda. Lalu restart, tunggu sampai menyala dan nyalakan kembali WiFi pada ponsel Android Anda.

3. Lakukan On/off Wifi

Solusi selanjutnya agar masalah wifi di dalam mengatasi WiFi pada ponsel Android yang tidak menyala, Cobalah untuk melakukan on/off pada WiFi Android Anda. Lakukan terus-­menerus sampai menyala.

4. Cek Kondisi wifi pada smartphone android anda

Untuk mengetahui WiFi pada ponsel Android Anda berfungsi atau tidak, Anda bisa menggunakanm aplikasi Phone Tester. Aplikasi ini bisa mengetahui berbagai perangkat yang ada pada ponsel Android Anda. Jika Anda pengguna Asus Zenfone tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, Anda cukup buka kalkulator lalu ketik “.12345+” lalu tap tombol sama dengan (=). Selanjutnya
pilih “WiFiBus_Test”. Tunggu prosesnya sebentar. Jika sudah muncul tulisan “PASS” berarti WiFi
pada ponsel Android Anda tidak bermasalah.

5. Hard Factory Reset

Selain cara diatas kita juga bisa mengatasi WiFi tidak bisa on di Android dengan cara melakukan Hard factory reset atau mengembalikan smartphone ke mode pengaturan pabrik, caranya cukup mudah Silahkan buka menu “Pengaturan » pilih Cadangkan dan  reset” lalu pilih “Reset data pabrik”. Sebelum anda melakukan tips cara ini, pastikan Anda sudah mem­backup semua data yang ada di ponsel, entah itu aplikasi, atau data yang tersimpan di telepon.

6. Flash Ulang

Cara yang ke enam, yaitu dengan dengan cara flash ulang atau menginstal ulang firmware­nya, masing­-masing ponsel Android memiliki cara yang berbeda. Tentunya Anda harus mendownload telebih dahulu firmware yang sesuai dengan Android Anda. Lakukan hal ini jika cara diatas tidak berhasil juga, tetapi saya sarankan untuk mem­backup semua data yang tersimpan pada ponsel.

7. Mengklaim Garansi

Jika WiFi pada ponsel Anda tidak bisa dinyalakan juga, cara terakhir yaitu dengan mengklaim garansi. Namun, pastikan kerusakan yang terjadi bukan karena kesalahan Anda. Silakan Anda bisa mengklaim garansi ke service center ponsel Anda.

8. Service Android Anda.

Jika wifi android anda masih tidak menyala, cara terakhir adalah menservice ponsel anda agar diperbaiki dan bisa digunakan lagi.

Demikianlah bagaimana cara menghidupkan kembali wifi android anda yang tidak bisa menyala. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…