Cara Membersihkan Cache di HP Android Sampai Tuntas

Cara Membersihkan Cache di HP Android. Menghapus cache di android ini bertujuan untuk mempercepat koneksi internet pada aplikasi android,

Cara Membersihkan Cache di HP Android. Menghapus cache di android ini bertujuan untuk mempercepat koneksi internet pada aplikasi android, membuat aplikasi lebih segar dan bersih dari sampah-sampah/cache. Cache ini merupakan histori penggunaan data pada aplikasi android. Jika cachenya semakin banyak maka akan menguras ruang penyimpanan dan alhasil hp android anda akan mendapati kendala seperti lag, sering error dan lain sebagainya. Dengan menghapus cache di hp android anda maka aplikasi pada hp android anda lebih cepat dan ringan untuk diakses.

Umumnya Cache adalah jenis data sementara yang digunakan untuk mempercepat dalam mengakses sebuah aplikasi tertentu. Setiap data sementara dari penggunaan aplikasi yang telah kita lakukan merupakan bagian dari cache. Jika dipikir lagi, cache seharusnya akan membuat Android kita semakin lebih cepat karena aplikasi telah menyimpan informasi sementara yang dibutuhkan agar bisa terbuka dan berjalan lebih cepat. Tetapi yang harus kita ketahui sebelum anda menghapus cache adalah cache bisa menjadi rusak sehingga akan menyebabkan masalah pada aplikasi tersebut atau bahkan terhadap Android itu sendiri.

Cara Membersihkan Cache di Hp Android Sampai Bersih

Untuk menghindari masalah yang akan timbul akibat cache yang telah rusak ataupun kadaluarsa, kita harus membersihkannya. Tentu saja agar aplikasi Android yang akan kita jalankan kembali bekerja secara benar dan tidak lag. Lalu bagaimana cara membersihkan cache aplikasi Android?

Baca juga: Wajib tahu, Cara Mengatasi Wifi Android yang tidak bisa Nyala atau Hidup

1. Cara menghapus cache sampai bersih di hp android

Setiap versi Android OS baik itu Jelly Bean, KitKat maupun Lollipop memiliki fitur untuk membersihkan cache. Fitur tersebut merupkan fitur bawaan yang bisa kita gunakan untuk membersihkan cache dari satu aplikasi tertentu. Sebagai contoh, jika kita sering melihat video youtube dari Android lalu tiba-tiba aplikasi youtube tidak bisa terbuka maka inilah yang harus Anda lakukan seperti terlihat pada gambar. Settings > Application Manager atau Apps cari aplikasi yang diingankan lalu tap Force stop dan tap Clear cache.

Cara Membersihkan Cache di HP Android Sampai Tuntas

2. Cara Membersihkan Cache Android dengan menggunakan Aplikasi tambahan

Pasang lalu gunakan aplikasi Clean Master. Jika dengan cara pertama kita harus mencari aplikasi satu persatu maka dengan clean master kita hanya perlu menyentuh tombol satu kali dan secara otomatis aplikasi ini akan mencari cache dan file sampah yang sudah kadaluarsa atau dianggap memberatkan Smartphone dan Tablet Android. Ia akan memperlihatkan daftar aplikasi apa saja yang sudah terlalu banyak cache. Dari sana, kita bisa memilih aplikasi yang diingan untuk dibersihkan.

Cara Membersihkan Cache di HP Android Sampai Tuntas

Baca juga: Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti di Android 100%Work

Demikianlah sedikit tips untuk mempercepat koneksi internet anda pada aplikasi android dengan cara menghapus cache di hp android agar aplikasi-aplikasi anda lebih ringan dibuka saat diakses. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…