Begini Cara Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android

Bagaimana cara mengatasi pesan error “sayangnya whatsapp telah berhenti” yang terjadi di aplikasi whatsapp pada android? Tentunya anda sebagai penggun

Bagaimana cara mengatasi pesan error “sayangnya whatsapp telah berhenti” yang terjadi di aplikasi whatsapp pada android? Tentunya anda sebagai pengguna aplikasi whatsapp di android pernah mengalami kendala seperti hal ini. WhatsApp merupakan layanan jejaring sosial yang menawarkan fitur-fitur baru. Tak heran jika sekarang ini aplikasi tersebut menjadi nomor satu di hati pengguna. Sejak adanya tampilan baru yang memungkinkan pengguna bisa berbagi cerita layaknya Insta Stories, media sosial ini seolah telah melibas popularitas aplikasi chat lain seperti BBM.

“Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” atau “Unfortunately, WhatsApp Has Been Stopped” Merupakan pesan error yang tiba-tiba muncul ketika anda akan membuka aplikasi whatsapp di android dan hal ini menyebabkan aplikasi WA tertutup dengan sendirinya atau disebut dengan force close. Walaupun jarang terjadi, namun ada beberapa pengguna yang mengeluhkan masalah tersebut.

Error pada whatsapp (WA) seperti Error bertuliskan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” memang kerap di temukan di berbagai jenis smartphone android seperti samsung, xiaomi, oppo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, HTC, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat android lainnya. Penyebab utama menyenai permasalah tersebut umumnya karena penumpukan sampah pada memori internal dan ekternal yang berlebihan dan secara tidak langsung membuat Aplikasi WhatsApp serasa berat dan lemot yang akhirnya WhatsApp muncul pesan error seperti diatas.

7 Cara Mengatasi Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti di Android

Begini Cara Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android

Beberapa solusi yang telah saya dapatkan untuk memperbaiki aplikasi whatsapp tidak bisa dibuka dan digunakan  pada smartphone android anda. Silahkan simak langkah-langkah cara mengatasi dan memperbaiki WA yang terus force close karena error pada berikut ini.

1. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi WhatsApp.

Cara pertama ini merupakan cara paling jitu yang bisa Anda lakukan. Tujuannya untuk memaksa aplikasi WA berhenti agar tidak berjalan pada latar dan menghapus data didalamnya. Tetapi dengan melakukan langkah ini maka Anda akan log out dari aplikasi WhatsApp. Caranya tap Settings » Applications manager » All kemudian tap WhatsApp hingga masuk ke tampilan Info Apl. Terakhir, tap tombol Force Stop dan Clear Data.

Baca juga: 4 Cara Jitu Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

2. Membersihkan Riwayat dan Cache Smartphone.

Bersihkan history dari setiap aktivitas yang Anda lakukan di smartphone serta menghapus cache yang tersimpan. Gunakan aplikasi pembersih file sampah seperti Clean Master kemudian tutup aplikasi lain melalui tombol Recent Apps.

3. Update Aplikasi WhatsApp.

Setiap aplikasi yang menyediakan versi terbaru, biasanya akan melakukan bug fixing atau menambahan fitur. Jika Anda tidak pernah memperbarui aplikasi whatsapp, masuk ke Play store kemudian cari WA dan tap tombol Update.

4. Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi WhatsApp.

Uninstall aplikasi whatsapp kemudian bersihkan sistem file yang tersisa menggunakan aplikasi cleaner. Selanjutnya pasang ulang dari play store.

5. Mematikan Smartphone Android dan Reboot.

Langkah ini tak hanya akan Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android, namun juga dapat memulai kembali pemuatan sistem Android. Matikan hp Android Anda kemudian cabut microSD, baterai dan sim card. Selanjutnya biarkan dulu terlepas selama beberapa detik dan pasangkan kembali kemudian reboot atau hidupkan.

Baca juga: 7 Cara Agar Wa Tidak Terlihat Online Terjamin Ampuh

6. Update Android OS.

Tentunya, Anda sudah tahu apa saja manfaat menggunakan sistem operasi Android terbaru. Yakni keamanan dan fitur yang semakin lebih baik untuk melakukan berbagai tasking termasuk saat menggunakan dan mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp. Jika tersedia perbaruilah Android OS melalui Settings » About device » Software update » Update now.

7. Lakukan Factory Reset.

Jika whatsapp adalah salah satu aplikasi penting untuk membantu komunikasi saat bekerja atau berhubungan dengan client, cara ini merupakan pilihan terakhir untuk memperbaikinya. Ketika kita mengembalikan smartphone ke pengaturan awal, hal ini juga akan memperbaiki dari sistem yang telah rusak yang menyebabkan aplikasi whatsapp tidak bisa dibuka.

Demikianlah sedikit ulasan singkat dari kami mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android samsung, oppo, xiaomi, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, HTC, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat android lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…