4 Cara Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

cara mengatasi whatsapp yang tidak bisa dibuka di Android? Nah kendala ini memang sangat membuat kita kesal apalagi di tengah sibuknya ketika kita men

Apakah anda sedang mencari solusi mengenai cara mengatasi whatsapp yang tidak bisa dibuka di Android? Nah kendala ini memang sangat membuat kita kesal apalagi di tengah sibuknya ketika kita menggunakan aplikasi whatsapp ini. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang ada di android untuk berkomunikasi dengan seseorang seperti berkirim pesan, menelpon, video call maupun mengirim file berupa berkas musik, mp4 dan maps pun bisa anda kirim. Inilah fitur terbaik dari whatsapp selain itu aplikasi ini menurut saya ringan tidak seperti BBM (blackberry messenger).

Banyak penyebab kenapa aplikasi whatsapp tidak bisa dibuka, mungkin faktor utamanya adalah karena tanggal ponsel anda tidak akurat. Maksud dari tidak akurat ini adalah pengaturan waktu pada android anda tidak cocok dengan waktu yang sebenarnya dan hal ini membuat whatsapp jadi gagal terbuka.

Penyebab kedua mengapa whatsapp tidak bisa dibuka di android yang paling sering ditumukan adalah adalah aplikasi whatsapp (WA) belum diperbarui (update). Memperbarui aplikasi adalah sebuah kewajiban karena banyak fitur-fitur baru akan diadakan pada aplikasi tersebut selain itu bug-bug pada versi sebelumnya juga akan dipulihkan oleh devoleper maka dari itu kita perlu mengupdate aplikasi di google playstore.

Banyak penyebab lainnya yang membuat WA tidak bisa dibuka di android, ada kemungkinan data dan cache kepenuhan dan akhirnya membuat aplikasi wa force close berisikan pesan error “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” di Android.

Lantas bagaimana cara mengatasi whatsapp yang tidak bisa dibuka di android? Mari kita simak pada berikut ini.

4 Cara Mengatasi Whatsapp Error yang Tidak Bisa Dibuka di Hp Android

1. Hapus File Cache WhatsApp

Langkah pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus Cache Aplikasi WhatsApp. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya file cache dapat mempercepat waktu anda dalam membuka aplikasi tertentu pada OS Android ataupun Windows. Tetapi jika file cache dan history yang terlalu banyak dan menumpuk pada Internal Card maka bisa – bisa dapat membuat Android serasa berat dan terjadilah aplikasi Error. Untuk mengatasi hal ini anda harus membuka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

2. Paksa Berhenti Dan Hapus Data Whatsapp

Jika cara pertama tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua. Pada umumnya menghentikan dan menghapus data aplikasi akan membuat Aplikasi tersebut kembali ke pengaturan default. Artinya semua file sementara WhatsApp akan hilang secara permanen seperti basis data, data login, history, cache, setelan, dan lainnya. Untuk melakukan langkah ini silahkan anda Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 Whatsapp Sekaligus di 1 Hp Android

3. Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Nah jika anda menemukan kendala seperti WhatsApp android anda muncul pesan bertuliskan bahwa Aplikasi WhatsApp telah kadaluarsa pada tanggalnya. Jika itu benar terjadi, maka cobalah untuk memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store. Dengan cara Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “WhatsApp” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

Baca juga: Inilah Beberapa Penyebab Kenapa Status Whatsapp Tidak Muncul

4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Apabila semua cara diatas tidak membuahkan hasil maka sekali maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus aplikasi WhatsApp. Anda bisa hapus aplikasi WhatsApp kemudian bersihkan cache dan restart smartphone Android anda. Setelah itu, barulah anda install dengan Aplikasi WhatsApp yang baru langsung dari Google Play Store. Gunakan cara ini apabila anda bingung bagaimana cara install ulang aplikasi WA silahkan anda buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Demikianlah sedikit ulasan singkat dari kami mengenai tips 4 Cara Jitu Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…