Berapa Ukuran Foto Instagram Agar tidak Terpotong dan Pecah?

Berapa sih ukuran video instagram dan ukuran foto instagram yang pas agar foto ig kita tidak terpotong (Crop) ataupun pecah?

Berapa sih ukuran video instagram dan ukuran foto instagram yang pas agar foto ig kita tidak terpotong (Crop) ataupun pecah? Tentunya kita sebagai pengguna Instagram ingin dashboard profile ig kita menarik dimana gambar-gambar maupun foto-foto yang kita upload memiliki kualitas yang bagus. Kadang saya juga heran setiap pengguna instagram lainnya mengupload foto, terlihat bagus dan sangat pas padahal foto tersebut sederhana. Ternyata jawabannya sangat sederhana yakni ukuran foto atau dimensi piksel harus sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh instagram.

Ketika kita akan mengupload sebuah foto atau gambar ke instagram, panel previews gambar di ig akan berbentuk persegi dimana jika kita mengupload dalam ukuran foto insagram pixel maka hitungannya seperti ini 1000px x 1000px hasil ukurannya akan menjadi gambar persegi.

Bagaimana cara mengetahui ukuran panjang atau lebar foto instagram? Jika yang anda upload adalah foto berukuran HD atau persegi panjang maka akan terpotong atau terkena Crop menjadi bentuk persegi. Misalnya jika anda upload ukuran foto instagram berapa pixel contohnya ukuran 1200px x 900px maka secara otomatis akan berubah menjadi 640px x 640px.

Lantas berapa ukuran foto yang pas untuk di upload ke instagram agar tidak pecah dan tidak terpotong berikut ini hasil analisa yang saya ambil menurut pengalaman sendiri.

Baca juga: Cara Membuat Foto menjadi Grid di Instagram Paling Mudah

Ukuran Foto Instagram yang Pas dan tidak Terpotong

Berapa sih ukuran video instagram dan ukuran foto instagram yang pas agar foto ig kita tidak terpotong (Crop) ataupun pecah?

Apabila anda seorang pembisnis online dimana pembisnis online di intagram disebut sebagai influencer atau tukang endorsement dan menggunakan Instagram sebagai tempat promosi produk, pastikan bahwa anda mengupload foto yang pas, menarik, dan keren bagi para pengguna Instagram lainnya. Ukuran foto dan video pada instagram merupakan syarat utama yang harus anda ketahui agar foto yang anda upload terlihat pas dan tidak terpotong.

Berikut ini adalah ukuran foto di instagram agar pas terlihat menarik dan tidak terpotong saat melakukan previews gambar.

  1. Ukuran Untuk Foto Profil. Dimensi foto khusus untuk foto profil minimal 110px x 110px. Foto profil instagram terlihat kecil, anda bisa menggunakan foto selfie diri anda sendiri.
  2. Ukuran Foto Untuk Di Pajang. Foto – foto yang ingin anda upload atau pajang harus berukuran minimal 640px x 640px (Persegi). Artinya, jika anda mengupload foto ukuran 1000px x 1000px maka secara otomatis akan berubah menjadi 640px x 640px dengan format JPG.
  3. Ukuran Video Instagram. Ukuran video instagram sama dengan ukuran foto yakni 640px x 640px.

Demikianlah sedikit ulasan singkat tentang ukuran foto instagram yang benar dan pas agar gambar tidak terpotong maupun pecah saat pengunggahan foto di ig. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…