3 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul di Hp Android

Cara mengatasi notifikasi pesan whatsapp tidak muncul di hp xiaomi, asus, oppo, vivo, sony xperia, dan merk smartphone android lainnya dengan mudah. Notifikasi merupakan sebuah tanda peringatan adanya pesan / panggilan masuk di whatsapp. Meskipun nada pesan masuk WA berbunyi atau bersuara namun notifikasi pop up pesan tidak tampil maka untuk bisa membaca pesan masuk tersebut kita harus mencari shortcut aplikasi whatsapp pada homescreen.

Setelah kami melakukan percobaan serta mencari solusi bagaimana cara menampilkan notifikasi whatsapp di hp android, ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa notifikasi whatsapp tidak muncul di hp android.

Penyebab mengapa notifikasi WA (whatsapp) tidak tampil di layar hp android bisa terjadi diantaranya:

  • Percakapan dibisukan atau beberapa orang yang ada kenal dalam keadaan mode mute chat.
  • Pengaturan pada App manager Whatsapp.
  • Akun whatsapp sedang terhubung ke whatsapp web.

Lantas, bagaimana cara mengatasi notifikasi pesan masuk WA (Whatsapp) tidak muncul agar muncul kembali pemberitahuan nya di layar hp android? Nah, sebenarnya caranya sangat mudah, melalui artikel kali ini kami akan memberikan tips cara menampilkan kembali notifikasi pesan whatsapp yang tidak muncul karena pengaturan pada aplikasi WA.

Cara Mudah Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul di Hp Android

Untuk mengatasi aplikasi whatsapp tidak memuncul notifikasi di layar hp android kesayangan anda mari kita simak pada ulasan berikut ini.

  1. Pengaturan pada Notifikasi aplikasi Whatsapp

Cara pertama, anda bisa mencoba untuk melakukan pengecekan pada Notifikasi WhatsApp. Cara ini bisa kita lakukan langsung pada Aplikasi WhatsApp (WA). Kemungkinan notifikasi tidak tampil di layar hp android anda karena belum melakukan pengaturan pada Aplikasi WhatsApp. Hal ini bisa terjadi karena pengaturan Whatsapp pada bagian nada, pop up, getar, atau yang lainnya. Untuk melakukannya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka Aplikasi WhatsApp » Setelan » Notifikasi » Selanjutnya, pada bagian tersebut anda bisa cek semua notifikasi yang ada, baik itu Nada, Getar, Notifikasi Pop Up, Lampu, dan lainnya.

cek pengaturan notifikasi pada aplikasi whatsapp

  1. Cek Kelola Pemberitahuan Pada Manage Aplikasi Whatsapp

Jika cara diatas tidak berhasil namun pengaturannya sudah sama persis, maka gunakan cara kedua yaitu mengecek pada bagian opsi Kelola Pemberitahuan. Mungkin hal ini yang menyebabkan notifikasi wa di hp android tidak muncul. Pengaturan ini sangat penting, Jika ada tidak mengizinkan Android untuk menampilkan Notifikasi maka sampai kapanpun WhatsApp juga tidak akan ada pemberitahuan pesan masuk. Untuk langkah – langkahnya anda bisa simak tutorialnya pada berikut ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Whatsapp Di Laptop atau di PC

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “WhatsApp” »Kemudian tap “Kelola Pemberitahuan”. Pada bagian tersebut, anda bisa aktifkan pemberitahuan masuk pada aplikasi WhatsApp.

izinkan pengaturan notifikasi kelola pemberitahuan di manage aplikasi whatsapp

  1. Hapus Cache maupun Data pada Aplikasi Whatsapp

Apabila kedua cara diatas tidak mempan menampilkan notifikasi whatsapp yang tidak muncul di hp xiaomi, Samsung, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, LG, Motorola, Sony, Advan, Acer, Axioo, Nokia, dan lainnya. Maka gunakan cara terakhir yaitu menghapus cache dan data pada aplikasi whatsapp. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengembalikan pengaturan WA ke default (Awal). Dan hal ini juga dapat membersihkan file – file yang bersifat sementara seperti basis data, file cache, history, bookmark, chat, dan lainnya. Untuk penerapan langkah – langkahnya anda bisa mengikuti tutorialnya pada berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

hapus data cache pada aplikasi whatsapp

Dengan menggunakan 3 Cara diatas semoga dapat membantu anda untuk menemukan solusi mengatasi notifikasi pemberitahuan whatsapp yang tidak muncul di Android.

Baca juga: 2 Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara di Android

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi notifikasi WA (Whatsapp) yang tidak muncul atau tidak tampil di layar hp android anda. Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…