2 Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara di Android

Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara di AndroidWhatsapp (WA) merupakan salah satu aplikasi chatting atau tempat berkirim pesan singkat yang kini menjadi populer dan sering digunakan oleh pengguna smartphone IOS (iPhone) maupun pada smartphone Android. Aplikasi instant mesengger terbesar di dunia ini memiliki pengguna aktif harian lebih dari satu miliar.

Manfaat Whatsapp (WA) sendiri kini cukup sangat berarti bagi kehidupan sehari-hari, baik menggunakan whatsapp sebagai tempat untuk berkirim pesan maupun untuk menelpon seseorang. Dan tak sedikit juga aplikasi whatsapp ini digunakan sebagai tempat untuk berbisnis antara produsen dan konsumen.

Whatsapp (WA) sendiri menjadi sangat populer sejak aplikasi ini dikembangkan dan ditambahkan dengan fitur-fitur barunya. Fitur tersebut diantaranya adalah fitur menghapus pesan salah kirim, melacak lokasi teman, verifikasi dua langkah, membuat status seperti Snapchat, mengirim dokumen berbagai format, mengelompokkan foto dalam album, serta memutar video YouTube langsung dari aplikasi WhatsApp.

Selain itu whatsapp tidak pernah mengalami kendala seperti server down, atau tidak bisa terhubung seperti pesaingnya bbm. Bahkan tinggkat pengguna bbm kini beralih ke aplikasi Whatsapp dikarenakan di Aplikasi BBM sering mengalami gangguan dan iklannya yang banyak membuat pengguna tidak nyaman.

Fitur terpenting dari sebuah aplikasi instant messenger pastinya adalah dapat berkirim pesan singkat (chatting). Nah agar dapat menerima pesan, tentunya kita harus selalu terhubung dengan koneksi internet, baik itu melalui jaringan WiFi maupun data seluler. Jika koneksi internet di handphone-mu aktif, otomatis aplikasi Whatsapp juga langsung menerima pesan-pesan yang masuk saat itu juga.

Yang menjadi banyak pertanyaan para pengguna Whatsapp adalah bagaimana cara menonaktifkan aplikasi whatsapp (WA) tanpa harus mematikan / off data seluler? Berikut ini kami bagikan tips 2 cara menonaktifkan WA sementara di HP android, baik itu Samsung, hp Xiaomi, Oppo, dan merek handphone lainnya.

2 Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara di Android

2 Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara di Android


1. Menonaktifkan whatsapp menggunakan aplikasi Greenity

Menonaktifkan whatsapp menggunakan aplikasi Greenity

Apa itu aplikasi greenity? Greenity merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menghentikan atau menonaktifkan sementara aplikasi-aplikasi yang dipilih ke dalam mode hibernasi yang artinya aplikasi yang dipilih tersebut akan tidak aktif untuk sementara waktu.

Dengan menggunakan aplikasi greenity, anda bisa dengan mudah menonaktifkan sementara aplikasi whatsaap anda pada smartphone android.

Baca juga: Inilah Beberapa Penyebab Kenapa Status Whatsapp Tidak Muncul

Lantas bagaimana cara off aplikasi wa di android tanpa mematikan data seluler menggunakan aplikasi greenity yuk simak ulasan berikut ini:

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Greenify di Google Play Store, gratis.
  2. Setelah aplikasi berhasil terinstall, buka aplikasinya kemudian tap Berikutnya > pilih “My device is NOT rooted” (jika HP anda tidak di root) > tap Berikutnya > Jika ponsel-mu menggunakan sensor sidik jari maka centang “Yes, I use it daily.”
  3. Kemudian Swipe layar ke bawah tap tulisan “Not Now (Manual Hibernation Only)“, Ok > tap Berikutnya > SkipOk > Finish.
4. Kemudian anda akan diseret ke tampilan awal Greenify, tap tombol “+” kemudian pilih aplikasi Whatsapp > Tap tombol Zzzz.

Catatan: Agar aplikasi Greenify dapat bekerja, anda harus terlebih dahulu mengaktifkan aksesbilitas dan juga akses data penggunaan aplikasi di handphone androidmu.

  • Pertama, masuk ke Pengaturan > cari dan pilih Aksesibilitas > pada bagian layanan pilih Greenify – Hibernasi Otomatis > Kemudian aktifkan tombolnya.
  • Kedua, masuk ke Pengaturan > Pengaman > cari dan pilih Akses data penggunaan aplikasi > ceklis aplikasi Greenify.

2. Cara Menonaktifkan WA (Whatsapp) Sementara tanpa Aplikasi di Android

Cara Menonaktifkan WA (Whatsapp) Sementara tanpa Aplikasi di Android

Apabila cara diatas terlalu rumit, atau mungkin tidak ada space lagi pada ruangan penyimpanan internal anda. Maka anda bisa menggunakan cara kedua untuk off wa sementara di android tanpa perlu menginstall aplikasi tambahanan. Yuk simak ulasannya pada berikut ini.

  1. Masuk ke Pengaturan > gulirkan layar ke bawah, kemudian pilih Manajer aplikasi / Application Manager.
  2. Selanjutnya geser layar ke kanan hingga berada pada menu Berjalan / Running.
  3. Sentuh aplikasi Whatsapp > pilih Stop.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai bagaimana cara menonaktifkan whatsapp sementara di hp android baik merk samsung, xiaomi, oppo, vivo, sony, advan, andromax dan lain-lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…