10 Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS Buatan Google

Kelebihan dan kekurangan google chrome OS yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli perangkat dengan sistem operasi chromium. Yuk bahas

Kelebihan dan kekurangan google chrome OS yang wajib kamu ketahui, sebelum kamu memutuskan untuk membeli perangkat laptop chromebook

Dilansir dari wikipedia, Chrome OS merupakan sistem operasi berbasis Gentoo Linux yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google itu sendiri. Sistem operasi ini menggunakan Google Chrome sebagai antarmuka pengguna grafis utamanya.

Tak seperti sistem operasi lainnya, Chrome OS hanya dapat berjalan pada perangkat tertentu dari mitra manufaktur Google yang bernama Chromebook. Sistem operasi ini bertujuan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet. Aplikasi yang bawaan dari Google Chrome OS sendiri hanya penjelajah web, pemutar media, dan file manager.

Secara umum, setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan ternasuk chrome os itu sendiri. Jika mac os unggul dalam segi keamanan, maka chrome os terbilang unggul dalam desain ui dan keringanan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Browser Mozilla Firefox

Lantas apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan chrome os sebagai salah satu sistem operasi ternama di dunia? Melalui artikel ini, kami merangkum sejumlah keunggulan dan kelemahan sistem operasi chromium os. Yuk simak berikut ini.

Table of Contents

Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS

Berbeda namun hampir mirip dengan sistem operasi windows maupun mac os, pada saat pertama kali menghidupkan perangkat dengan sistem operasi Chrome OS, kamu harus masuk (Login) menggunakan akun Google. Umumnya hal ini hampir menyerupai seperti kamu membeli hp Android baru.

10 Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS Buatan Google

Kelebihan Chrome OS

  1. Gratis dan opensource, kamu dapat mengunduh dan membagikan sistem operasi ini ke perangkat lain yang mensupport chromium OS.
  2. Ringan dan cepat. Dalam hal kecepatan mungkin hal ini dapat dibuktikan pada saat perangkat laptop dinyalakan dan dimatikan hanya membutuhkan waktu 3 detik.
  3. Modem langsung terkoneksi tanpa harus mensetting terlebih dahulu.
  4. Terintegrasi dengan perangkat android. Selain itu dapat tersinkron dengan mudah juga menggunakan akun email google (Gmail) pada browser internet.
  5. Bisa di instal di flashdisk dengan Mode LIVE USB, jadi kamu tidak perlu menginstallnya di hardisk. Selain kamu menginstall Chrome OS di hardisk maupun tidak, kamu juga bisa menginstal sistem operasi ini di virtual box atau Vmware
  6. Kamu dapat menginstall aplikasi android dengan mudah di Chromium OS hanya saja harus ada tambahan aplikasi.
  7. Kemanan dan privasi terjamin. Untuk urusan keamanan dan privasi pada sistem operasi chrome juga sudah terbilang cukup aman.
  8. Harga yang terjangkau murah.

Kekurangan Chromium OS

  1. Tidak bisa memutar music dan video secara offline. Kamu dapat memutar musik dan video secara online karena memang sistem operasi ini memang diciptakan bagi pengguna yang kerap melakukan pekerjaan rutinitas secara online.
  2. Aplikasi terbilang sangat minim atau sedikit. Kamu tidak dapat menginstall GIMP atau Adobe Photoshop di Chromium OS kecuali jika ada versi online/web
  3. Tidak bisa terinstall dual Boot dengan OS lain, mungkin ini akan diperbaiki oleh developer Chromium Os suatu saat nanti.
  4. Ruang penyimpanan yang terbatas.
  5. Tidak cocok untuk gaming. Kelemahan chrome os terletak pada kapasitas RAM yang terbatas. Oleh sebab itu, kinerjanya kurang optimal jikalau kamu menggunakannya untuk aktivitas gaming.
Demikianlah sedikit singkat tentang ulasan kelebihan dan kekurangan Chrome OS. Semoga artikel ini dapat membantu kamu di dalam menentukan atau memutuskan untuk membeli tidaknya perangkat yang menggunakan sitem operasi chromium.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…