Cara Buat Link Whatsapp Agar Bisa Menggunakan Klik Untuk Chat

Cara buat link whatsapp agar bisa menggunakan klik untuk chat dengan menggunakan fitur klik to chat pada WA merupakan salah satu langkah cara untuk membuat nyaman konsumen anda agar bisa menambah minat untuk membeli atau order barang di toko online shop yang anda kelola.

Beberapa waktu lalu, untuk mempermudah hal ini, WhatsApp secara resmi mengumumkan sebuah fitur baru yang disebut dengan Click to Chat. Dengan menggunakan fitur baru ini, pengguna bisa memulai percakapan di WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor telepon lawan bicaranya.

Tidak hanya untuk komunikasi saja, aplikasi Whatsapp juga bisa kita jadikan alat tambahan ampuh untuk menunjang kegiatan jualan online. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pembeli menghubungi via WA (Whatsapp), kita bisa membuat link Whatsapp agar pembeli bisa chat langsung, bahkan order saat itu juga. Cukup menarik bukan?



Cara membuat link chat langsung di aplikasi Whatsapp caranya sangat mudah. Namun sebelum itu, pastikan anda sudah memiliki nomor HP yang sudah terhubung dengan layanan Whatsapp.

Link yang sudah anda buat nantinya bisa anda pakai di banyak tempat seperti landing page, status Facebook, postingan Instagram, atau di artikel blog kita sendiri.

Contoh Link chat Whatsapp dapat dibuat dalam format berikut ini

https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP

Untuk negara Indonesia, kode negaranya adalah 62. Untuk penulisan nomor HP, kita tidak perlu menggunakan tanda hubung dan mencantumkan angka ‘0’.

Jadi jika anda memiliki nomor Whatsapp atau WA dengan nomor tersebut 081234567890, maka link Whatsapp anda adalah sebagai berikut.

https://wa.me/6281234567890

Jika ada calon pembeli yang mengklik link tersebut, mereka akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika tombol MESSAGE ditekan, pelanggan bisa langsung chat dengan penjual via WA. Jika anda menggunakan Whatsapp lewat komputer, anda akan melihat tampilan seperti ini.

Tampilan awal link whatsapp fitur klik to chat pada whatsapp
Tampilan awal link whatsapp fitur klik to chat pada whatsapp

Cara menambahkan pesan default pada link Whatsapp

https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP?text=PesanDefault

Selain agar dapat mudah dihubungi pelanggan, link chat Whatsapp juga bisa kita pakai untuk menerima orderan langsung. Jika kita memiliki format orderan tertentu, kita bisa menambahkan ini pada link chat Whatsapp agar pembeli tidak repot lagi menyalin format order tersebut.

Untuk menambahkan pesan teks pada link Whatsapp, kita bisa menggunakan format link seperti ini.

Untuk menulis pesan teks, kita harus membuatnya dalam format yang bisa dibaca sebagai link/URL. Jadi karakter tertentu seperti spasi, tanda baca, dll, harus ditulis dalam format berikut:

  • %3A untuk tanda titik 2 ( : )
  • %0A untuk enter/baris baru
  • %20 untuk spasi
  • %2C untuk tanda koma ( , )
  • %21 untuk tanda seru ( ! )

Jadi jika kita ingin membuat pesan default, “apakah barang ini tersedia? saya ingin order” maka link chat Whatsapp kita menjadi,

https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP?text=apakah%20barang%20ini%20tersedia%3F%20saya%20ingin%20order

Untuk mempermudah hal ini, kita juga bisa menggunakan tools online seperti urlencoder.io. Dengan tools ini, kita hanya perlu memasukan tulisan yang akan kita jadikan pesan lalu salin tulisan yang sudah diubah.

Jika sudah, kita bisa melihat pesan default yang akan kita kirimakan via link chat WA,

Link chat Whatsapp dengan pesan default

Kalau kita membuka link melalui HP, pesan akan secara otomatis tertulis di draft pesan yang akan dikirim.

Cara mengatur tampilan pesan WA

Agar tampilan pesan lebih menarik, kita bisa juga lho memformat tulisan di WA. Dengan cara ini, tulisan di pesan WA dapat dibuat tebal, miring, atau coret (strikethrough). Untuk melakukannya, kita akan menggunakan tanda di bawah ini.

Tanda bintang ( * ) untuk tulisan tebal

Tanda garis bawah / underscore ( _ ) untuk tulisan miring.

Tanda tilde ( ~ ) untuk tulisan coret / strikethrough.

Sebagai contoh, penulisan *Tebal*, _Miring_, dan ~Coret~ akan berubah tulisan tersebut menjadi Tebal, Miring, dan Coret.

baca juga: Ini Loh Cara Menyadap HP Orang Lain Menggunakan FlexiSpy

Cara Membuat Link Chat Whatsapp Menjadi Lebih Pendek

Jika anda melihat beberapa contoh sebelumya, link chat WA yang kita buat bisa menjadi cukup panjang, apalagi jika kita memasukan pesan default yang cukup banyak. Bila kita menambahkan pesan berupa form order, link WA jadi jauh lebih panjang lagi.

Untuk membuatnya lebih singkat dan lebih mudah disalin, kita bisa membuat link tersebut menjadi lebih pendek dengan URL Shortener seperti bit.ly, s.id, atau TinyURL.

Sebagai contoh, saya akan menggunakan bit.ly. Setelah daftar, login dengan akun yang anda buat. Pada bagian kanan atas, klik tombol CREATE » BITLINK. Setelah itu masukan link chat Whatsapp yang sudah kita buat sebelumnya pada kotak isian yang ada. Jika sudah klik tombol CREATE.

Sampai tahap ini anda sudah berhasil membuat link WA menjadi jauh lebih pendek seperti bit.ly/2KX6yA2.

Baca juga: 8 Hp Murah 300 Ribuan bisa Whatsapp Terbaik 2022

Untuk membuat link tampak cantik dan lebih mudah diingat, kita bisa menggunakan fitur custom link dari bit.ly. Pada bagian CUSTOMIZE BACK-HALF, ubah link yang anda dapat dengan nama link yang anda inginkan. Setelah itu simpan.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…