Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius

Bagaimana cara menambah, mengurangi, dan membagi partisi exFAT dengan mudah. Kamu bisa melakukannya baik pada sistem operasi Windows 10 / 8 / 7 maupun macOS. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Membagi partisi pada hardisk PC atau laptop dan hardisk eksternal biasanya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Disk Management atau aplikasi partition manager. Cara ini bisa dilakukan pada file system yang umum digunakan seperti FAT32 atau NTFS.

Berbeda dengan partisi berjenis exFAT, untuk membagi, mengurangi, atau menambah partisinya tidak bisa dilakukan dengan Disk Management dan kebanyakan aplikasi partisi pihak ketiga yang ada sekarang. Untuk mengolah partisi ini kita memerlukan aplikasi khusus yang memang support untuk file system exFAT.

Cara membagi partisi exFAT Windows 10

1. Download dan install aplikasi DiskGenius

Untuk melakukan partisi pada jenis file system exFAT kita membutuhkan bantuan aplikasi partition manager yang bernama DiskGenius. Aplikasi ini merupakan satu dari sedikit aplikasi yang sudah support untuk melakukan partisi pada file system exFAT.

Silakan download aplikasinya dari sini: https://www.diskgenius.com/

2. Jalankan aplikasi partisi yang sudah diinstall

Setelah file selesai didownload silakan install seperti biasa ke PC atau laptop Kamu. Setelah itu jalankan dengan cara klik dua kali pada icon DiskGenius yang ada di desktop.

3. Klik kanan pada hardisk exFAT yang ingin dibagi partisinya

Pada aplikasi DiskGenius akan terlihat semua drive penyimpanan yang ada di komputer Kamu. Temukan hardisk exFAT yang ingin dibagi partisinya. Sebagai contoh kami menggunakan hardisk eksternal berkapasitas 2TB dengan partisi exFAT.

4. Pilih menu Resize Partition

Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius Langkah 1

Selanjutnya pilih menu Resize Partition yang berfungsi untuk membagi atau mengurangi partisi exFAT.

Baca juga: Cara Membuat Partisi Hardisk Dengan Diskpart di Windows 10

5. Tentukan berapa kapasitas yang ingin dibagi

Pada jendela selanjutnya Kamu bisa menentukan berapa kapasitas dari hardisk exFAT yang ingin dibagi. Untuk melakukannya bisa dengan menarik slider pada indikator kapasitas hardisk ke arah kiri, atau dengan mengisi langsung berapa kapasitas yang diinginkan pada bagian Space of Rear Part.

Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius Langkah 2

6. Klik tombol Start untuk memulai proses resize

Setelah mengatur kapasitas yang ingin dibagi klik tombol Start untuk memulai prosesnya setelah itu klik tombol Yes dan tunggu hingga proses selesai. Proses pembagian partisi ini memakan waktu beberapa menit tergantung dari besarnya kapasitas hardisk.

Baca juga: Begini Cara Partisi Hardisk Windows 8/8.1 work 100%

7. Klik tombol Complete setelah proses resize selesai

Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius Langkah 3

Setelah proses resize selesai klik pada tombol Complete.

Kamu akan kembali ke jendela utama, sampai di sini partisi hardisk akan berkurang dan pada bagian ujung partisi akan terlihat ruang kosong yang dilabeli dengan Free. Ruang kosong ini sering juga disebut sebagai Unallocated space, bagian inilah yang nantinya bisa dibuat menjadi partisi baru.

Cara Resize Partisi Exfat Windows 10 Menggunakan DiskGenius Langkah 4

Kamu bisa membuat partisi baru dengan file system sesuai keinginan dari ruang kosong ini. Bisa menggunakan file system FAT32, NTFS, EXT4 dan seterusnya.

Untuk membuat partisi baru, ikuti langkah-langkah selanjutnya di bawah ini.

Cara membuat partisi baru

Untuk membuat partisi baru dengan file system lain seperti NTFS dan FAT32 pada hardisk exFAT harus dilakukan dengan membaginya terlebih dahulu seperti yang sudah kita lakukan pada langkah pertama di atas. Setelah itu barulah kita bisa membuatnya menjadi partisi yang baru.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik kanan pada ruang kosong

Cara membuat partisi baru

Perhatikan pada aplikasi DiskGenius di komputer Kamu. Hardisk yang tadi sudah dibagi partisinya akan memiliki ruang kosong dengan label Free. Biasanya letaknya ada di ujung indikator partisi. Klik kanan pada ruang kosong tersebut.

2. Pilih menu Create New Partition

Cara membuat partisi baru 2

Setelah diklik kanan maka akan muncul beberapa menu. Untuk membuat partisi baru silahkan pilih menu Create New Partition yang ada di bagian paling atas.

3. Tentukan ukuran dan jenis partisi yang diinginkan

Pada jendela selanjutnya silakan tentukan jenis partisi yang diinginkan.

Cara membuat partisi baru 3

  • Pada bagian Select Partition Type pilih Primary Partition.
  • Pada bagian File System Type pilih NTFS atau FAT32 sesuai kebutuhan.
  • Pada bagian Size of partition silakan isi dengan kapasitas partisi yang Kamu inginkan. Bila ingin menjadikan semua ruang kosong sebagai partisi yang baru maka masukkan semua kapasitas yang tersedia di sana.
  • Pada bagian Volume Label silakan isi nama partisi yang baru sesuai keinginan.

4. Klik tombol OK

Bila sudah selesai menentukan ukuran dan jenis partisi serta memberi label pada partisi yang baru maka klik tombol OK.

5. Klik tombol Save All untuk memulai proses

Cara membuat partisi baru 4

Setelah itu Kamu akan kembali ke halaman utama aplikasi DiskGenius. Silakan klik pada tombol Save All yang ada pada pojok kiri atas jendela aplikasi kemudian klik Yes. Tunggu hingga proses selesai.

Cara menambah partisi exFAT

Menambah kapasitas partisi hardisk dengan file system exFAT pada dasarnya sama saja dengan melakukan penambahan pada partisi jenis lainnya. Kita harus mengambil ruang yang ada pada partisi lain atau ruang kosong yang masih tersedia di hardisk.

Apabila hardisk Kamu terdiri dari beberapa partisi dan salah satunya exFAT, maka partisi exFAT bisa dibesarkan dengan cara menggabungkannya dengan partisi lain atau mengambil sebagian ruangnya saja. Hal ini bisa dilakukan juga dengan menggunakan aplikasi DiskGenius.

Ikuti langkah-langkah cara menambah partisi exFAT berikut ini:

  1. Pertama silakan download dan install aplikasi DiskGenius lewat tautan yang sudah kami sediakan di atas. Setelah itu jalankan aplikasinya seperti biasa.
  2. Pada halaman utama aplikasi Kamu akan melihat daftar partisi yang ada pada hardisk komputer maupun hardisk eksternal exFAT yang ingin ditambah.
  3. Perhatikan partisi mana yang ingin diambil untuk menambahkan partisi exFAT kemudian klik kanan partisi tersebut.
  4. Pilih Resize Partition jika ingin mengambil ruang sebagian atau pilih Delete Partition jika ingin menggabungkan semuanya dengan partisi exFAT.
  5. Setelah proses selesai klik kanan pada partisi exFAT kemudian pilih Resize Partition.
  6. Tambahkan semua ruang yang tersedia ke partisi exFAT kemudian klik OK.
  7. Klik tombol Save All untuk memulai prosesnya.
  8. Selesai, sampai di sini Kamu sudah berhasil menambah kapasitas partisi exFAT pada hardisk Kamu.
Sekian ulasan artikel mengenai cara resize partisi exfat menggunakan aplikasi diskgenius. Semoga membantu.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…