Cara Menonaktifkan Developer Option Samsung Paling Mudah

Bagaimana cara mengaktifkan developer mode samsung atau opsi pengembang di hp android samsung? sangat mudah kita dapat melakukan setting mode ini melalui setelan ponsel. Bagi kamu yang penasaran langkah-langkahnya, simak ulasan berikut ini.

Sebelum mengaktifkan mode developer di samsung ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu Opsi Pengembang (Developer mode) merupakan fitur seperangkat pengaturan tersembunyi lanjutan yang ada pada ponsel Android. Pengaturan ini terutama digunakan untuk tujuan debugging dan pengembangan aplikasi.

Jika kamu mengaktifkan developer option samung, maka kamu dapat mencoba segala fitur yang ada pada mode pengembang ini. Salah satunya adalah fitur USB Mode Debugging yang dapat digunakan sebagai perantara penghubung perangkat ponsel Android ke komputer atau laptop.

Selain fungsinya yang menghubungkan antara perangkat smartphone ke laptop, fungsi lain dari USB Mode Debugging juga digunakan untuk menangkap laporan adanya BUG, kinerja atau performa aplikasi, penggunaan CPU, dan lain sebagainya. Salah satu contoh opsi pengembang yang sering digunakan adalah Mock Location.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan developer option samsung? Berikut ini adalah langkah-langkah dari mengaktifkan opsi pengembang di hp samsung.

Cara Mengaktifkan Developer Mode Samsung

Ilustrasi Cara Mengaktifkan Developer Option Samsung

Umumnya fitur cara mengaktifkan developer option samsung ini sengaja disembunyikan oleh pihak samsung untuk menghindari kesalahan setelan yang dilakukan oleh pihak pengguna baru.

Cara mengaktifkan opsi pengembang samsung sebagai berikut:

  1. Pertama masuk ke menu Pengaturan [Settings] Hp Samsung kamu.
  2. Pilih Tentang Ponsel [About Phone].
  3. Selanjutnya pilih Informasi perangkat lunak [Software information].
  4. Lalu tap sebanyak 7 kali pada Nomor Bentukan [Build number].
  5. Jika berhasil, akan muncul keterangan kamu telah menjadi pengembang.
  6. Sekarang fitur tersebut telah muncul di menu Pengaturan.
  7. Silahkan buka menu opsi pengembang lalu aktifkan.

Sebagai catatan

Berhati-hatilah melakukan pengaturan pada opsi pengembang. Fitur developer memang hanya dikhususkan untuk pengembang aplikasi. Jika kamu pengguna baru yang belum cukup paham agar melakukan pencarian refrensi penggunaan mode developer ini terlebih dahulu.

Cara Menonaktifkan Developer Option Samsung

Setelah mengaktifkan opsi pengembang Samsung, kamu dapat mematikan (menonaktifkan) kapan saja. kamu perlu membuka opsi pengembang lalu ketuk tombol ON/OFF untuk mematikannya.

Harap diperhatikan, setelah mematikan opsi pengembang, semua fitur di developer mode ini, seperti, Mock location, Skala animasi, atau penyesuaian bentuk ikon aplikasi, akan dihapus. Entri opsi pengembang di halaman Pengaturan juga akan hilang.

Jika kamu berubah pikiran dan ingin mendapatkan kembali opsi pengembang, kamu perlu mengetuk nomor bentukan sebanyak 7 kali lagi seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Apa fungsi dari opsi pengembang?

Cara Menonaktifkan Developer Mode Option Samsung
Apa fungsi dari opsi pengembang?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari berbagai jenis fitur yang ada pada opsi pengembang samsung.

Baca juga: Cara Mengetahui Tipe Hp Android dan Spesifikasinya

Mock Location

Fitur ini berguna untuk memalsukan lokasi GPS, biasanya digunakan oleh driver ojol agar bisa memilih lokasi yang ramai meskipun tidak berada di lokasi tersebut. Agar fitur mock location berfungsi dengan baik, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Force allow apps on external

Fitur ini berfungsi untuk memaksa aplikasi atau game untuk pindah ke penyimpanan eksternal (SDcard). Kecuali aplikasi sistem dan aplikasi pra-instal tidak bisa Anda pindahkan. Agar fungsi dari fitur ini bekerja, pastikan menggunakan Micro SD berkualitas baik dan minimal class 10.

OEM Unlock

Setelah OEM unlock ini aktif, Anda dapat melakukan Unlock Bootloader atau flash ulang lewat PC. Fitur ini juga menjadi salah satu syarat untuk bisa meroot ponsel Samsung Anda.

USB Debugging

Fungsi USB Debugging adalah agar ponsel Anda terhubung ke PC dalam mode ADB. Dengan begitu memungkinkan untuk mengaktifkan screen mirroring, mengambil tangkapan layar ponsel lewat PC, flashing via ODIN dan sebagainya.

Window animation scale

Dengan fitur ini Anda dapat mengubah skala animasi, jika ingin performa ponsel lebih cepat dan responsif silahkan turunkan skala ke 0.5x atau perlu matikan animasi. Lakukan juga hal yang sama pada Transition animation scale dan Animation duration scale.

Minimum Width

Fitur ini berfungsi untuk mengubah ukuran layar, jika Anda menurunkan DPI tampilan layar akan terlihat luas dan juga performanya akan lebih baik. Tapi ingat untuk berhati-hati jangan terlalu kecil bisa menyebabkan blank hitam. Jika itu terjadi, terpaksa harus reset ulang Hp Samsung Anda.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Di Semua Samsung Tipe A

Force activities to be resizable

Fitur ini berfungsi untuk memaksa semua aplikasi untuk dapat berjalan di multi window. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan di opsi Enable freeform windows.

Sekarang kamu sudah mengetahui bukan bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang samsung dan juga fungsi dari opsi pengembang? Semoga bermanfaat.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…