5 Cara Cek Pulsa Smartfren Terbaru di 2022

Cek pulsa Smartfren dapat dilakukan melalui dial-up, sms, hingga aplikasi. Berikut langkah-langkahnya mengecek pulsa smartfren terbaru!

Cara Cek Pulsa Smartfren Terbaru - Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Smartfren, salah satu provider CDMA yang sudah lama ada di Indonesia ini. Smartfren ini dulunya bernama Fren. Smartfren dimiliki oleh PT. Smartfren Telecom Tbk, sebuah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE Advanced.

Pengguna Smartfren di Indonesia sendiri mencapai 12 juta orang dan angka ini termasuk cukup besar untuk sebuah provider CDMA, tidak heran jika Smartfren dijuluki sebagai rajanya CDMA. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Smartfren pun juga semakin berkembang. Smartfren juga telah memiliki aplikasinya sendiri sehingga semakin memudahkan penggunanya.

Salah satu fitur yang paling dasar yang bisa dimanfaatkan melalui aplikasinya adalah untuk cek pulsa Smartfren itu sendiri. Selain melalui aplikasi, sebenarnya masih banyak cara cek pulsa Smartfren yang bisa dilakukan. Langkah-langkah untuk cek pulsa Smartfren bisa Anda simak melalui penjelasan di bawah ini.

5 Cara Cek Pulsa Smartfren 

Cara mengecek pulsa Smartfren dapat dilakukan dengan beberapa pilihan yaitu melalui aplikasi MySmartfren, SMS, dial up, website, dan telepon/customer service. Bagaimana langkah selengkapnya? Simak penjelasan cara cek pulsa Smartfren di bawah ini.

1. Cara cek pulsa Smartfren via MySmartfren

Cara cek pulsa Smartfren via MySmartfren

Cara cek pulsa Smartfren yang pertama adalah melalui aplikasi MySmartfren. Tidak kalah dengan provider lainnya, Smartfren juga mempunyai aplikasi khusus untuk penggunanya. Melalui aplikasi MySmartfren ini, pengguna tidak hanya bisa cek pulsa Smartfren saja, melainkan juga bisa cek kuota data Smartfren, masa aktif, dan masih banyak fitur lainnya.

Jika Anda ingin mencoba cek pulsa Smartfren melalui aplikasi MySmartfren, Anda bisa lebih dulu download aplikasinya melalui PlayStore atau AppStore di smartphone yang Anda miliki. Selanjutnya, jika aplikasi MySmartfren sudah terpasang di smartphone Anda, segera lakukan registrasi dengan mencantumkan data diri termasuk nomor kartu Smartfren yang Anda miliki.

Apabila Anda sudah memiliki akun sebelumnya, maka Anda bisa langsung login. Setelah berhasil melakukan pendaftaran atau login, pada halaman depan atau beranda, Anda bisa langsung melihat sisa pulsa dari kartu Smartfren tersebut. 

Cara mengecek pulsa Smartfren via MySmartfren ini semoga bisa membantu Anda lebih mudah untuk melakukan pengecekan pulsa Smartfren.

Baca juga: Cara Cek Sisa Paket Internet Smartfren

2. Cara mengecek pulsa Smartfren lewat SMS

Cara cek pulsa Smartfren via SMS

Cara cek pulsa Smartfren sendiri yang kedua bisa dilakukan melalui SMS. Cara cek pulsa Smartfren melalui SMS sebenarnya merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan sejak lama sebelum munculnya smartphone. Namun, meskipun begitu, cara cek pulsa Smartfren melalui SMS sekarang ini termasuk jarang dilakukan. 

Cek pulsa Smartfren melalui SMS ini tidak dikenakan biaya atau tarif pulsa. Jika Anda ingin mencoba cek pulsa Smartfren dengan cara ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Pesan/Message di handphone Anda.
  2. Kemudian ketik “Cek” dan kirimkan ke nomor 999.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima pesan pemberitahuan berupa sisa saldo pulsa Smartfren yang Anda miliki.

3. Cara cek pulsa Smartfren via Dial Up/USSD 

Cara cek pulsa Smartfren via Dial Up/USSD

Cara cek pulsa Smartfren tanpa aplikasi bisa dilakukan melalui Dial Up atau sering dikenal dengan USSD. Cara cek pulsa Smartfren melalui fitur ini paling banyak digunakan karena paling cepat dan sederhana untuk dilakukan. Berikut cara untuk cek pulsa Smartfren melalui Dial Up/USSD.

Cara untuk cek pulsa Smartfren berikutnya dapat dilakukan melalui fitur USSD. Cara ini adalah cara yang paling cepat dan juga mudah untuk dilakukan. Dalam sekali klik, maka notifikasi saldo sisa pulsa Smartfren Anda akan muncul tidak sampai satu menit. 

Meskipun cara cek pulsa Smartfren dengan melalui dial up/USSD adalah cara yang paling cepat dan gampang, akan tetapi banyak yang tidak tahu nomor atau kode yang harus dipanggil ke operator untuk mengetahui sisa pulsa Smartfren. Nah, bagi Anda pengguna setia Smartfren harus tau cara mudah untuk mengecek pulsa Smartfren sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Telepon/Phone di handphone Anda.
  2. Kemudian ketik *999# dan tekan tombol panggil/call.
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul pop-up berisi informasi sisa pulsa dan masa aktif kartu Smartfren.

4. Cara cek pulsa Smartfren via website

Cara cek pulsa Smartfren via website

Cara cek pulsa Smartfren yang keempat bisa dilakukan melalui website Smartfren. Selain aplikasi, Smartfren juga menyediakan layanan berbasis website yang bisa Anda akses dengan mudah selama ada koneksi internet dan perangkat yang memadai. Berikut ini langkah-langkah untuk cek pulsa Smartfren melalui website.

  1. Buka aplikasi browser melalui smartphone atau laptop.
  2. Pergi ke laman my.smartfren.com.
  3. Jika Anda telah memiliki akun, maka Anda bisa memilih Login. Namun, jika belum, maka Anda bisa membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik Daftar.
  4. Setelah selesai melakukan registrasi, Anda bisa login dengan User ID/email dan password yang telah Anda buat. 
  5. Jika Anda sudah berhasil login, maka Anda bisa melihat sisa pulsa yang ada dalam nomor Smartfren terdaftar pada halaman awal website tersebut.

5. Cara cek pulsa Smartfren via telepon/customer service

Cara cek pulsa Smartfren via telepon/customer service

Selain cara di atas, Anda juga bisa cek pulsa Smartfren melalui telepon atau customer service. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek pulsa Smartfren melalui telepon.

  1. Buka aplikasi Telepon/Phone di handphone Anda.
  2. Kemudian masukkan nomor 999 dan pilih tombol panggil atau call.
  3. Tunggu beberapa saat hingga ada jawaban dari operator atau Customer Service, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan.
  4. Setelah mengikuti petunjuk sesuai arahan, Anda bisa mendengarkan informasi sisa pulsa yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara cek pulsa Smartfren yang bisa Anda lakukan mulai dari dial-up hingga melalui aplikasi MySmartfren. Semoga bermanfaat, ya!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…