Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus di Android

Aplikasi WA tiba-tiba hilang dan tidak sengaja terhapus? Begini Cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android tanpa download ulang

Cara mengembalikan aplikasi whatsapp yang terhapus di android menjadi langkah solusi bagi pengguna WhatsApp yang mengalami kehilangan data aplikasi. Terkadang pengguna secara tidak sengaja menghapus aplikasi yang seharusnya masih diperlukan. Dan pengguna kerap merasa bingung tentang cara mengembalikan data yang dihapus.

Anda dapat mengunduh ulang aplikasi WA untuk mengatasi bagaimana cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang telah terhapus atau hilang, namun terkadang terkendala oleh kuota internet atau tidak dapat terhubung ke wifi sehingga tidak dapat mengunduh ulang aplikasi tersebut. 

Saat ini jika anda menemukan kendala aplikasi whatsapp hilang dari layar untuk cara memulihkan aplikasi WhatsApp tanpa mengunduhnya kembali bisa Anda terapkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstal ulang data aplikasi WhatsApp yang dihapus:

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download
  • Langkah harus dilakukan pengguna android pertama kali adalah mengunjungi sumber dari aplikasi yang di unduh. Sumber dari aplikasi WhatsApp sendiri berasal dari Google Play Store khusus aplikasi android.
  • Cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android pada langkah kedua adalah membuka pengaturan akun Google Play Store. Pengaturan Google Play Store dapat dibuka pada bagian atas dengan ikon garis titik tiga vertikal diatas.
  • Ikon pengaturan biasa terdapat pada pencarian yang bertuliskan “Google Play”. Lakukan klik ikon sampai muncul pilihan menu side drop down di bawah ikon garis tiga dan akan muncul pilihan menu kebawah.
  • Pengguna selanjutnya melakukan klik pada menu pengaturan dengan simbol tiga titik dan muncul dropdown menu pilihan. Ikon titik tiga akan menunjukkan banyak menu pilihan. Menu tersebut berhubungan dengan pengaturan akun profil pada Google Play Store.
  • Pilih menu My Apps & Games tepat di bawah simbol titik tiga. Pengguna selanjutnya bisa melihat daftar aplikasi yang mau di install kembali. Cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus ini cukup mudah untuk dipahami pengguna pemula. Ini adalah langkah wajib pengguna untuk android.
  • Saat membuka menu My Apps & Games pengguna akan diarahkan pada tiga sub menu yaitu updates yang berisi aplikasi yang sudah diperbaharui. Install yang berisi aplikasi yang sudah terpasang pada handphone.
  • Pengguna selanjutnya membuka menu library untuk melihat aplikasi yang pernah terpasang pada handphone. termasuk juga dengan aplikasi whatsapp yang tidak sengaja terhapus oleh pengguna android
  • Pada saat pengguna membuka menu library, pengguna akan melihat daftar aplikasi yang pernah diunduh di handphone. Pengguna dapat melihat nama aplikasi dengan disebelahnya terdapat tombol install yang menandakan bahwa pengguna tidak perlu lagi melakukan pengunduhan ulang.

Baca juga: Cara Mengembalikan Data / File yang Terhapus di Hp Android

Itulah tadi langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android. Melalui Google PlayStore, WhatsApp yang terhapus bisa dikembalikan dengan mudah. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Android

Hanya saja, pengguna benar-benar harus memastikan bahwa WA diunduh melalui PlayStore, sebab jika tidak maka pengguna tidak bisa menemukan aplikasi WA pada menu Library.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…