Cara Mengembalikan Data / File yang Terhapus di Hp Android

Bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di hp android? Android kini menjadi salah satu perangkat terpopuler dan paling banyak digunakan oleh m

Bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di hp android? Android kini menjadi salah satu perangkat terpopuler dan paling banyak digunakan oleh masyarakat mendunia, berbeda dengan smartphone lainnya android memiliki banyak sekali kecanggihan dan keunggulan dibandingkan perangkat lainnya. Maka tak heran android sangat terkenal dan digunakan oleh banyak orang.

Nah, Bagi anda yang sehari-harinya menggunakan smartphone Android tentunya berbagai jenis data penting anda pastinya ada di hp android tersebut. Katakanlah SMS, daftar contact, foto, video, music, dokumen, dan sebagainya. Tetapi tahukah anda bahwa data-data di smartphone Android tersebut bisa hilang kapan saja?

Kali ini saya akan membagikan tentang bagaimana cara mengembalikan data atau file yang terhapus. Pasti dari kita sudah mengalami akan hal ini, tidak sedikit dari kita ingin mengembalikan beberapa data penting. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hilangnya data di Android, misalnya saja karena sistem Android yang error, tak sengaja terhapus, serangan virus, corrupt data, dan berbagai sebab lainnya.

Cara Mengembalikan Data / File yang Terhapus di Hp Android

Umumnya sistem operasi seperti android juga sama seperti sistem operasi kebanyakan, contohnya pada Windows yang memiliki fitur Recycle Bin dimana fitur recycle bin berarti file yang kita hapus tidak langsung terhapus sepenuhnya, tetapi masih ada di dalam folder recycle bin yang dapat sewaktu waktu kita mengembalikanya atau restore file. Kategori terhapus ada 2 macam yaitu hapus permanen dan hapus biasa dalam artian file tersebut tidak terhapus secara permanen melainkan terhapus dan diletakan di direktori yang berbeda misalkan recycle bin seperti windows.

Lantas bagaimana cara mengembalikan file / data yang terhapus di hp android apakah bisa? Tentu bisa, jikalau file tersebut tidak terhapus secara permanen. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak langkah-langkahnya pada berikut ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Hp Android Tanpa Root

1. Mengembalikan Foto Terhapus di Smartphone & Table Android

Data yang dapat anda kembalikan adalah salah satunya foto dari aplikasi google photo. File atau data dari google photo memang dapat untuk dikembalikan setelah dihapus atau terhapus. Untuk dapat melakukan restore atau pengembalian foto bisa melakukan beberapa cara mudah dibawah ini.

  • Buka Google Photo > Klik Menu > Pilih Opsi Bin.
  • Maka akan muncul daftar foto yang terhapus, klik dan tahan gambar untuk dikembalikan.
  • Klik restore untuk mengembalikan data foto.

Jadi sistem ini cukup efektif ketika foto tidak sengaja terhapus, google tidak langsung menghapusnya namun tersimpan di bin. Perlu anda ketahui bahwa foto yang terhapus tidak dapat dikembalikan setelah 60 hari, jadi ketika anda ingin mengembalikan foto pastikan anda mengembalikanya kurang dari 60 hari. Jika lebih dari 60 hari maka akan terhapus dengan sendirinya.

Baca juga: Solusi jitu Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Dihapus

2. Mengembalikan File yang Terhapus di Google Drive

Sama halnya mengembalikan file yang terhapus seperti di google photos, namun untuk mengembalikan data atau file yang ada di google drive bersifat bebas alias file apapun yang terhapus di google drive dapat dikembalikan. Jaid jika anda menyimpan musik, video, teks dan sebaginya di google drive dan jika sewaktu waktu terhapus maka anda dapat mengembalikanya. Adapun caranya masih mudah untuk dapat mengembalikan data yang sudah hilang atau terhapus.

  • Buka aplikasi google drive. lalu pilih opsi bin.
  • Selanjutnya pilih file yang telah terhapus untuk di kembalikan.
  • Jika sudah klik icon restore untuk mengembalikan file yang sudah terhapus.

Sistemnya masih sama, jika data yang anda hapus sudah lebih dari 2 bulan atau 60 hari. Maka sudah tidak dapat di kembalikan seperti semula lagi.

3. Mengembalikan File (Foto dan Video) yang Terhapus dengan Aplikasi

Nah jika anda melakukan penghapusan dan ingin mengembalikanya tetapi tidak menggunakan aplikasi dari google. Maka anda masih dapat menghapusnya menggunakan aplikasi lain pihak ke tiga. Caranya cukup mudah anda tinggal mengikuti cara berikut.

  • Pertama-tama anda download dan install aplikasi di google play store bernama Diskdigger.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut, maka akan muncul beberapa file foto yang ada.
  • Jika anda ingin mengenbalikan data berupa video maka anda perlu root hp android terlebih dahulu.
  • Lalu anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dan pilih file yang ingin dikembalikan dan klik restore.

4. Cara Mengatasi file yang Terhapus untuk Di kembalikan dengan Android – PC

Jika masih belum berhasil atau belum paham juga untuk dapat mengembalikan file dan data yang terhapus, maka anda perlu memiliki pc atau dapat menggunakan komputer atau laptop orang lain. Caranya cukup mudah kok, simple dan gampang untuk dapat mengembalikan semua tipe file yang ada.

  • Download dan install aplikasi recuva di komputer atau laptop (https://www.piriform.com/recuva)
  • Jika sudah, hubungkan perangkat komputer dengan android menggunakan USB.
  • Kemudian anda setting tipe file yang terhapus dan ingin dicari, jika sudah menemukan lalu klik recovery.
  • Nah sekarang file yang terhapus sudah ada kembali.

Perlu anda ketahui bahwa file yang terhapus yang sebelumnya tersimpan di memori internal dan eksternal dapat dikembalikan. Kemungkinan dapat dikembalikan cukup besar, jadi anda dapat menggunakan cara ke empat ini, namun anda harus menggunakan komputer atau laptop terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di File Manager Android

5. Mengembalikan DATA di Game HP Android

Tahukah anda bahwa ternyata game dapat dikembalikan lagi baik itu level atau mendali dan sebagainya, tentu saja jika level dan pencapaian selama ini pada suatu game di hp android telah hilang atau tidak sengaja terhapus. Maka anda juga dapat memperbaikinya dengam mengembalikan data pada game, tahukah anda bahwa cara ini cukup mudah untuk digunakan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di hp android tanpa harus root android dan menggunakan PC. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…