Begini Cara Mengganti Email Instagram di HP Android Terbaru

Berikut ini cara mengganti Email Instagram dengan Alamat Baru. Simak selengkapnya

Cara mengganti email instagram - Apakah Anda ingin mengganti email di akun IG Anda, tetapi tidak tahu cara mengubah email Instagram Anda dengan mudah dan benar? Jika ya, maka Anda harus membaca artikel ini lebih lanjut karena Anda akan menemukan semua jawaban secara lengkap.

Sebelum mengganti email instagram, ketika pertama kali mendaftar akun Instagram, tentu anda akan mengisi kolom dengan alamat email bukan? Jadi jika saat itu Anda mengisinya sembarangan, kini Anda harus mengganti alamat email  utama tersebut dengan email aktif Anda.

Anda harus mengetahui bagaimana cara mengganti email instagram. Ini diperlukan agar ketika instagram yang tidak bisa dibuka atau Anda lupa kata sandi Instagram Anda, Anda dapat menyelesaikannya dengan mudah. Selain itu, jika anda mendaftar IG menggunakan nomor hp, anda juga diharuskan untuk menambahkan email ke akun Instagram anda. 

Sebab, dalam beberapa kasus beberapa pengguna akun instagram yang  terdaftar dari nomor hp dan kemudian nomor hp tidak aktif atau hilang, maka anda instagram tidak akan bisa dibuka. Oleh karena itu, Anda harus menambahkan email atau mengganti email Instagram Anda.

Manfaat lain dari cara mengganti email Instagram di hp adalah selain mudah, ketika akun IG Anda melakukan aktivitas yang mencurigakan seperti masuk ke perangkat lain, Anda akan diberi tahu melalui alamat email di akun Instagram Anda.

Cara Mengganti Email Instagram di HP Android

Lalu bagaimana cara mengganti email Instagram baik di hp android ataupun laptop untuk menjaga keamanan akun IG anda dari orang jahil yang tidak bertanggung jawab? Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mencoba mengubah email akun instagram yakni menggunakan aplikasi di hp, dan menggunakan laptop atau komputer.

Cara mengganti email instagram (IG) di HP 

Cara mengganti email instagram (IG) di HP

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk merubah email Instagram adalah dengan langsung menggunakan aplikasi Instagram di ponsel Android atau perangkat iOS anda seperti iPhone dan iPad.

Berikut cara merubah email instagram IG di HP: 

  • Buka aplikasi Instagram di HP Anda. 
  • Kemudian login menggunakan akun IG Anda. 
  • Pergi ke halaman profil IG, lalu masuk ke menu pengaturan
  • Setelah masuk di pengaturan, pilih menu Akun
  • Selanjutnya, masuk ke menu Informasi pribadi
  • Di bagian kolom Alamat Email, ketik dengan email baru Anda. 
  • Tap ikon centang untuk menyimpan
  • Selesai

Jika sudah berhasil menerapkan cara mengganti email ig di hp, maka Anda wajib mengkonfirmasi email yang dikirim oleh Instagram ke alamat email Anda. Ini diperlukan agar email dapat ditautkan ke akun Instagram Anda.

Baca juga: Cara Melihat Password Instagram Sendiri

Cara mengganti email utama dengan alamat email baru Instagram di Laptop 

Cara mengganti email utama dengan alamat email baru Instagram di Laptop

Cara ganti email instagram di laptop dapat Anda gunakan jika Anda dalam keadaan tidak memiliki HP. Caranya pun sangat mudah.

 Berikut ini panduan cara ganti email IG: 

  1. Buka situs web instagram.com melalui browser
  2. Kemudian masuk menggunakan akun IG Anda. 
  3. Pergi ke profil, lalu klik tombol Edit Profil
  4. Di bagian menu Edit Profil, gulir ke bawah hingga menemukan kolom Email
  5. Ganti email Instagram tersebut dengan alamat email baru Anda. 
  6. Klik tombol Kirim di bawah untuk menyimpan. Kemudian Anda harus melakukan verifikasi email dari Instagram yang dikirimkan ke email tersebut. 
  7. Selesai. 

Di setiap Anda mengganti email atau menambahkan email di Instagram, Anda wajib melakukan konfirmasi email untuk memastikan email yang Anda gunakan sudah benar dan aktif. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara konfirmasi email, baca panduan di bawah. 

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri di HP Android

Cara Konfirmasi Email Baru Instagram 

Cara Konfirmasi Email Baru Instagram

Melakukan konfirmasi email dapat menggunakan perangkat apa saja seperti hp android, iOS maupun laptop. Yang Anda perlukan hanyalah pastikan mengetahui email dan password yang digunakan. 

  1. Buka situs layanan email Anda. Misal Gmail, Yahoo, Outlook, atau yang lainnya. 
  2. Kemudian masuk menggunakan alamat email dan password. 
  3. Cari email dari Instagram yang memberikan perintah untuk verifikasi atau konfirmasi email. 
  4. Buka email lalu klik tombol Konfirmasi Alamat Email. 
  5. Selanjutnya Anda akan secara otomatis diarahkan ke Instagram. 
  6. Akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa Anda sudah berhasil konfirmasi email di akun IG.
  7. Selesai. 

Cara mengganti email instagram yang terhubung dengan facebook

Cara mengganti email instagram yang terhubung dengan facebook

Cara mengganti akun FB di IG tidaklah sulit, hal utama yang harus Anda lakukan, yaitu menghapus tautan antara aplikasi Instagram dengan akun Facebook.

Setelah itu Anda bisa menghubungkannya lagi dengan menambahkan akun Facebook yang baru. Pastikan Anda mengingat email dan kata sandi Facebook maupun Instagram karena prosesnya membutuhkan dua data itu. 

Agar lebih jelas, simak tutorial di bawah ini yang menjelaskan tentang cara mengganti akun FB di IG dengan praktis yang bersumber dari laman resmi Pusat Bantuan Instagram dan Facebook.

Berikut cara menghapus tautan Instagram di Facebook selengkapnya:

  1. Buka aplikasi atau situs web Facebook
  2. Lakukan login dengan memasukkan email atau nomor HP dan kata sandi
  3. Buka Pengaturan
  4. Pilih Aplikasi (Lainnya)
  5. Klik Instagram dan hapus 

Setelah menghapus aplikasi Instagram yang ada di Facebook, koneksikan kembali dengan akun Facebook Anda  yang baru. Untuk caranya ialah sebagai berikut.

Setelah Anda sudah melakukan konfirmasi email di akun IG yang Anda gunakan, sudah dipastikan alamat email tersebut sudah terhubung dengan akun Instagram Anda. 

Ketika Anda lupa password akun Instagram Anda, cukup pergi ke menu lupa password lalu masukkan alamat email Anda. 

Kemudian Anda akan diberikan link untuk reset password di email Anda dari Instagram.

Demikian cara mengganti email Instagram dengan mudah. Dengan mengubah alamat email di akun IG, Anda akan dapat dengan mudah mengatasi semua masalah mengenai password dan keamanan di akun Instagram Anda.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…