6+ Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Kenapa aplikasi ig tidak bisa dibuka? Yuk simak solusi begini mudahnya Bagaimana cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka dijamin ampuh dan jitu.

Bagaimana cara mengatasi instagram tidak bisa dibuka? Sedih rasanya jika Anda benar-benar mengalami masalah tidak bisa membuka aplikasi di Android. Semua aktivitas sehari – hari di lakukan lewat sosial media Instagram. Apalagi buat para online shop yang suka berjualan lewat Instagram. Penyebab mengenai aplikasi yang tidak bisa di buka tersebut bermacam-macam. Buruknya perawatan ponsel Android secara software membuat aplikasi Android tidak bisa di buka.

Kenapa instagram tidak bisa dibuka? Seperti yang Anda ketahui pada saat Anda membuka aplikasi Instagram terus menerus setiap hari sampai berbulan-bulan dan tidak pernah menghapus history dan cache Instagram membuat aplikasi terjadi error, lemot, dan pada akhirnya muncul pesan “Sayangnya, Instagram telah berhenti” atau “Unfortunately, Instagram has stopped”.

Selain itu, aplikasi yang sudah jadul juga sering terjadi error. Artinya pengguna tidak pernah melakukan update secara rutin pada saat online. Kami telah merangkum dari berbagai refrensi cara mengatasi aplikasi instagram yang bisa dibuka

Dari artikel tersebut nantinya Anda bisa tahu kenapa dan apa penyebab aplikasi instagram tidak bisa dibuka, walaupun setiap aplikasi memiliki masalah yang berbeda tapi poin utamanya tetap sama.

Jenis – jenis masalah kenapa instagram tidak bisa dibuka

Berikut beberapa masalah yang sering kali di alami para pengguna Instagram (yang mungkin juga Anda alami saat ini).

  1. Tidak dapat memuat fitur/ kabar berita – Masalah ini kemungkinan terjadi karena koneksi internet yang lambat, bugs pada aplikasi Instagram, hingga masalah server Instagram.
  2. Muncul pesan error hingga force close – Kemungkinan terjadi karena bugs pada aplikasi Instagram. Solusinya, coba dengan update Instagram ke versi paling baru.
  3. Tidak respons ketika dibuka/ gunakan – Bisa jadi spesifikasi smartphone yang low-end menjadi alasan Instagram tidak respons. Coba sering-sering membersihkan cache dan tutup aplikasi yang banyak berjalan di background.
  4. Sangat lambat ketika digunakan – Kemungkinan karena koneksi internet yang lambat hingga masalah pada banyaknya aplikasi yang dibuka secara bersamaan.
  5. Instagram tidak bisa dibuka dan terjadi layar putih.
  6. Dsb.

Cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka

Untuk cara mengatasi ig tidak bisa dibuka supaya bisa digunakan kembali, Anda beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menghapus file sampah dan menghentikan aplikasi secara paksa. Metode tersebut adalah salah satu metode paling ampuh dalam mengatasi aplikasi yang error ataupun tidak bisa dibuka. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa metodenya berikut ini.

Periksa koneksi jaringan

Periksa koneksi jaringan

Salah satu faktor pertama kenapa aplikasi instagram tidak bisa dibuka, coba periksa koneksitas jaringan di HP Android Anda. Pastikan jaringan benar-benar lancar. Coba lakukan tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Facebook, Twitter, atau yang lainnya. Jika lancar, maka masalah ada pada Instagram, mungkin karena server down, penumpukan cache, aplikasi yang bermasalah, atau karena di take down oleh pemerintah terkait.

Apabila pada aplikasi lain sama lambatnya, bisa jadi paket internet Anda telah habis, provider jaringan yang memang lambat, dan lainnya. Coba gunakan mode pesawat terbang, aktifkan fitur tersebut kemudian matikan kembali. Tujuannya untuk mencari jaringan baru, semoga dengan ini jaringan dapat kembali normal.

Gunakan VPN apabila di take down pemerintah

Gunakan VPN apabila di take down pemerintah

Pada saat pemilu (Mei 2019), memang banyak pengguna sosial media yang mengeluh terkait Facebook yang tidak bisa digunakan atau terbatas hanya pada fitur tertentu saja. Hal ini terjadi karena pemerintah melakukan take down pada sosial media tersebut untuk sementara waktu. Solusinya, coba gunakan VPN untuk me-redirect IP Ponsel kita ke server luar negeri. Dengan ini tentu Instagram bisa digunakan kembali. Saat ini ada banyak aplikasi VPN yang bertebaran di Google Play Store.

Anda pilih sesuai dengan reviews dan keunggulan fitur di dalamnya. Yang berbayar biasanya lebih maksimal ketimbang yang gratis.

Coba update aplikasi Instagram

instagram tidak bisa dibuka Coba update aplikasi Instagram

Cara diatas tidak bekerja? Dan masalah aplikasi instagram tidak bisa dibuka masih sering terjadi? Untuk dapat menghilangkan bugs atau kerusakan, baik itu error segala macamnya agar bisa digunakan kembali Anda bisa update aplikasi Instagram ke versi paling baru. Tujuan dari cara ini supaya Instagram Anda mendapatkan perbaikan secara online langsung dari Google Play Store. Terlebih lagi, dengan cara ini tampilan dan fitur dari Instagram tentu Anda akan mendapatkan pembaharuan.

Untuk update aplikasi, Anda bisa kunjungi Google Play Store dan cari Aplikasi Instagram. Selanjutnya dari situlah Anda bisa lakukan update aplikasi Instagram.

  • Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  • Selesai.

Hapus cache aplikasi

instagram tidak bisa dibuka coba hapus cache aplikasi

Selanjutnya jika masih aplikasi instagram tidak bisa dibuka, cobalah dengan menghapus cache Android. Fungsi cache sebenarnya berguna untuk mempercepat pengguna dapat membuka atau mengakses aplikasi. Namun ada waktu di mana pengguna harus menghapus cache karena masalah pada aplikasi. Terlalu repot jika Anda menghapus cache Android secara manual. Gunakan saja aplikasi pembersih RAM sebagai solusi untuk menghapus cache secara cepat dan mudah. Atau jika Anda ingin menghapus cache secara manual, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Tembolok untuk menghapus cache Instagram.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Baca juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik 

Hapus data aplikasi Instagram

instagram tidak bisa dibuka coba hapus data aplikasi

Tips berikutnya cara mengatasi ig tidak bisa dibuka agar dapat dibuka kembali, coba dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi Instagram. Cara ini akan menghapus preferensi pengaturan aplikasi Instagram serta semua basis data seperti data login, cache, cookies, history, dan sejenisnya akan terhapus. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk Manajemen Aplikasi Android. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Terlihat info aplikasi Instagram, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data untuk menghapus cache semua data Instagram.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Catatan: Setiap perangkat memiliki metode berbeda, Anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.

Setelah berhasil menghapus data Instagram, selanjutnya Anda bisa buka kembali Aplikasi Instagram. Login dengan username dan password yang Anda miliki sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Gambar

Install ulang aplikasi Instagram

Install ulang aplikasi Instagram

Tips terakhir cara memperbaiki instagram yang tidak bisa dibuka yang bisa Anda lakukan yakni dengan menghapus dan menginstall kembali Instagram. Kemungkinan aplikasi yang Anda gunakan memang bermasalah sehingga sistem tidak dapat memuat aplikasi tersebut. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa melakukannya melalui Manajemen Aplikasi Android.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi Instagram.
  • Tap Hapus Instalasi untuk menghapus Instagram.
  • Selesai.

Selesai menghapus aplikasi, Anda harus membersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih. Setelah itu, restart ponsel Android dan barulah Anda install kembali aplikasi langsung dari Google Play Store.

Dengan mencoba beberapa tips di atas, semoga masalah aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka di HP Anda dapat kembali normal dan bisa digunakan lagi.  Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua perangkat Android seperti ASUS, Xiaomi, VIVO, Samsung, OPPO, Realme, Huawei, dan lainnya. 

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…