3 Cara Menghapus File Sampah yang Tersembunyi di Android

Bagaimana cara menghapus file sampah yang tersembunyi di android? Simak, begini cara mudah hapus dan membersihkan file cache di HP android. Yuk cek

Cara menghapus file sampah tersembunyi di Android - Penyebab memori full hp tidak hanya dari aplikasi, tetapi dari file sampah tersembunyi yang tidak pernah dihapus oleh pengguna.

Pernahkah Anda merasa tidak nyaman karena ponsel Anda lambat? Ini bisa disebabkan oleh banyaknya file sampah. Selain tidak berguna, sampah juga mengganggu kinerja ponsel, khususnya Android. Ketika performa HP belum optimal, tentu aktivitas anda yang berhubungan dengan Handphone juga akan terhambat.

Berikut ini kami sajikan penjelasan cara menghapus file sampah yang tersembunyi di HP android yang telah kami rangkum dari berbagai refrensi. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara menghapus file sampah tersembunyi

Cara Menghapus File Sampah yang Tersembunyi di Android

Sebenarnya Anda tidak sendiri, karena banyak orang yang mengalami dan sudah menemukan solusinya. Itulah mengapa, penting sekali untuk menemukan cara menghapus file sampah tersembunyi. Seperti apa solusinya? Simak pada ulasan berikut ini.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus file dengan beberapa cara berikut ini:

1. Masuk ke pengelola File

Pertama-tama, pastikan HP Anda aktif, tapi tidak masalah jika tidak sedang tersambung ke internet. Pada daftar menu di HP, lihat menu ‘Pengelola File’.

2. Ketik msg

Langsung saja Anda lihat pada bagian ‘Pencarian’ di pojok kanan atas dan ketik msg. Setelah Anda ketik, di sana akan muncul beberapa macam file misalnya; msgstore.db.crypt 14, msgstore-2021-12…, dan lain-lain. 

Msgstore.db.crypt tersebut merupakan suatu file database penyimpanan backup segala aktivitas di WhatsApp, misalnya riwayat foto, chat, voicenote, dan document lain. File msg tersebut adalah file sampah yang bisa dihapus.

3. Hapus File

Pilih setiap file dengan menekan cukup lama dan klik pada checklist sebelah kanan. Kemudian pilih hapus semua file. Setelah itu selesailah cara menghapus file sampah tersembunyi. Tapi tenang saja karena data tidak akan hilang.

Mengoptimalkan Performa HP Android

Penting dipahami juga bahwa cara menghapus file sampah tersembunyi dengan cara di atas adalah salah satu alternatif. Masih ada banyak cara lain yang bisa Anda pelajari di saat membutuhkan.

Memang masing-masing HP Android bisa saja menampilkan berbagai variasi penamaan file yang perlu dihapus. Anda juga bisa optimalkan memori internal pada HP Android dengan langkah seperti berikut.

1. Cek pada riwayat chat WhatsApp

Yang perlu dilakukan pertama-tama sebelum Anda hapus, sebelumnya periksalah riwayat chat di WhatsApp yang sekiranya penting serta perlu backup.

2. Buka bagian pengelola File / File Manager

Selanjutnya, buka fitur Pengelola File / File Manager pada HP Anda. Masuklah ke bagian Penyimpanan Internal dan Pilih folder WA Masih di tempat yang sama, bukalah Database, dan Anda pun menemukan berbagai file variasi msgstore.db.crypt.

3. Hapuslah yang perlu dihapus

Mungkin saja Anda ingin menghapus semua atau sebagian, Anda tinggal klik saja file yang akan dihapus.

Membersihkan Cache di Android

Hapus Cache di Android

Selain langkah di atas, cara menghapus file sampah tersembunyi di HP bisa dilakukan dengan menghapus cache. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan untuk HP Android merek Oppo yang diatur dengan bahasa Indonesia.

1. Klik pengaturan tambahan

Setelah Anda klik menu Pengaturan Tambahan, di sana akan terlihat beberapa daftar.Yang harus Anda pilih adalah ‘Penyimpanan’ yang posisinya paling atas.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di HP Android Sampai Tuntas

2. Pilih file sampah yang akan dihapus

Di sini terlihat antara muatan di memori internal (ponsel) dan memori eksternal (kartu SD), Silakan dilihat total memori, yang terpakai, dan yang tersedia.

3. Bersihkan memori

Anda kemudian bisa klik bersihkan memori. Bisa juga dilihat satu persatu aplikasi dan besarnya memori yang digunakan, misalnya foto, WA, Google, dan seterusnya. Anda bisa langsung saja membukanya dan klik bersihkan data. Setelah itu memori HP Anda lebih ringan.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai bagaimana cara menghapus file sampah tersembunyi di HP Android. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…