Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Samsung Anti Ribet!

Pengen menyembunyikan aplikasi pribadi di perangkat samsung? Begini cara sembunyikan aplikasi di hp samsung serta cara mengembalikannya. Yuk simak!

Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Samsung – Smartphone menyimpan cukup banyak data pribadi pengguna. Oleh karena itu, data yang disimpan di smartphone tidak boleh diakses oleh sembarang orang.

Terkadang pengguna ponsel sering melakukan berbagai cara untuk menyembunyikan aplikasi di hp samsung nya tersebut agar data yang bersifat pribadi yang ada di dalamnya tidak diotak-atik oleh orang lain, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang tergolong penting seperti mobile banking, layanan pembayaran digital, ecommerce, maupun catatan.

Secara umum samsung telah menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi di hp android nya. Dan untuk menggunakan fitur ini, tidak perlu memasang aplikasi tambahan atau menggunakan launcher dari pihak ketiga yang kadang-kadang belum terbukti aman sehingga bisa lebih tenang saat perlu memakainya.

Jika anda pengguna hp samsung dan penasaran bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP samsung, Anda dapat menerapkan panduan pada berikut ini.

Cara Sembunyikan Aplikasi di HP Samsung A03S
ilustrasi cara sembunyikan aplikasi di HP Samsung A03S

Cara sembunyikan aplikasi di HP samsung tanpa aplikasi

Cara sembunyikan aplikasi di HP samsung tanpa aplikasi

  • Masuk ke menu Home screen pada smartphone Samsung Anda. 
  • Caranya gunakan dua jari dengan gerakan seperti mencubit pada layar utama atau melalui dari Menu Settings dengan mencarinya dengan kata kunci Home screen.
  • Setelah muncul menu pengaturan tampilan, ketuk opsi Home screen settings
  • Masuk ke menu Hide apps
  • Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Ketuk tombol Done atau Apply sesuai apa yang muncul

Mudah bukan cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung tanpa install aplikasi pihak ketiga?  Nah,  Aplikasi yang anda pilih nantinya akan otomatis disembunyikan. Anda juga dapat mengembalikannya ke apps drawer Samsung Experience Home maupun One UI Home dengan mengulangi langkah-langkah serupa dengan metode di atas.

Baca juga: 3 Cara Masuk Safe Mode Android Samsung di Semua Seri

Cara mengembalikan aplikasi yang disembunyikan di HP samsung

  • Cubit halaman utama (Home Screen) pada smartphone Samsung Anda seperti langkah sebelumnya. 
  • Kemudian tekan ikon "Settings/Pengaturan" di pojok kanan bawah aplikasi. Pilih opsi "Hide Apps/Sembunyikan aplikasi". 
  • Klik ikon (-) yang tertera pada aplikasi. 
  • Tekan tombol "Done/Selesai". 
  • Aplikasi yang sebelumnya disembunyikan dapat kembali diakses melalui menu Home Screen.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara mengembalikan aplikasi yang tersembunyi di hp samsung sebelumnya, maka aplikasi-aplikasi yang sebelumnya anda sembunyikan akan kembali muncul di bagian apps drawer. Anda pun dapat menggunakan layanan maupun fitur-fitur di dalamnya seperti sedia kala.

Baca juga: Cara Mengecek Hp Samsung Bekas Masih Bagus atau Tidak

Namun sangat disayangkan kelemahan dari fitur Menu Hide apps pada Home screen settings di handphone Samsung masih belum mendukung fitur kunci sehingga jika ingin menyembunyikan aplikasi sekaligus mengamankannya, kita perlu memadukan fitur ini dengan menu bernama Secure Folder.

Nah itulah tadi cara sembunyikan aplikasi di HP samsung tanpa aplikasi anti ribet. 

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…