10+ Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka Anti Ribet!

Inilah penyebab kenapa fb lite error dan cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka padahal kuota masih banyak. Yuk simak ulasannya di winrasio

Cara mengatasi Facebook Lite tidak bisa dibuka - Facebook Lite merupakan aplikasi Facebook dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan untuk digunakan pada perangkat ponsel. Dan aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi alternatif untuk pengguna Facebook untuk ponsel dengan kapasitas memori kecil.

Namun sayangnya, tidak jarang pengguna mengalami kendala aplikasi Facebook Lite tidak bisa dibuka. Beberapa masalah yang sering terjadi antara lain: loading secara terus menerus, aplikasi keluar sendiri (force close), munculnya pesan kesalahan “maaf terjadi masalah, harap coba lagi”, “Facebook Lite terhenti”, “Facebook Lite tidak menanggapi”, dan lain-lain. 

Lalu apa yang menjadi penyebab facebook lite tidak bisa dibuka dan bagaimana cara mengatasifb lite tidak bisa dibuka ini? Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak penyebab dan solusinya berikut ini!

Penyebab kenapa FB Lite tidak bisa dibuka padahal kuota masih banyak

Penyebab kenapa FB Lite tidak bisa dibuka padahal kuota masih banyak

  • Jaringan internet tidak stabil – Facebook Lite adalah media sosial yang membutuhkan koneksi internet yang stabil dan lancar. Untuk itulah, pastikan jaringan internet di ponsel Anda tidak terjadi masalah dan dapat mengakses berbagai macam aplikasi dengan baik dan lancar.
  • Error pada Facebook Lite – Kemungkinan lain, Facebook Lite pada ponsel Anda mengalami error karena faktor tertentu, mungkin karena tidak pernah memperbarui aplikasi, terlalu lama menggunakan aplikasi, terlalu banyak menjalankan aktivitas multitasking, dll.
  • Aplikasi tidak di update – Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa pembaruan aplikasi sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak diperbarui, aplikasi akan ketinggalan zaman dan mengalami berbagai macam masalah.
  • Server Facebook down – Server Facebook yang down juga dapat membuat Anda mengalami berbagai macam kendala saat mengakses Facebook. Tidak hanya saat membuka aplikasi saja, server yang down biasanya juga berpengaruh saat membuka Facebook di desktop maupun web.
  • Memori RAM penuh – RAM HP yang penuh dapat terjadi karena aktivitas multitasking yang berlebihan. Dampaknya adalah HP terasa lag / macet, dan aplikasi sering keluar sendiri secara tiba-tiba.
  • dll.

Cara mengatasi Facebook Lite tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka Anti Ribet

Untuk mengatasi aplikasi FB Lite yang error hari ini dan tidak bisa dibuka, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya. Simak dan ikuti beberapa tips mengatasi FB Lite yang tidak bisa dibuka berikut ini!

1. Periksa koneksi internet

Periksa koneksi internet

Cara memperbaiki facebook lite tidak bisa dibuka pertama yakni memeriksa koneksi internet. FB Lite merupakan media sosial yang membutuhkan koneksi internet yang stabil agar semua permintaan yang dibutuhkan dapat berjalan dengan baik. 

Jika koneksi internet tidak berfungsi dengan baik, FB Lite biasanya akan memuat terus menerus hingga muncul pesan kesalahan “maaf terjadi masalah, harap coba lagi”. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa koneksi internet di HP Anda;

  • Untuk memastikan bahwa koneksi internat Anda benar-benar stabil, coba uji kecepatan internet Anda melalui situs fast.com/id/.
  • Selain uji coba kecepatan internet, tes juga dengan membuka situs web di Google Chrome dan memutar video di YouTube.
  • Jika koneksi internet di HP Anda bermasalah, coba matikan data internet selama beberapa saat kemudian aktifkan kembali.
  • Jika Anda terhubung ke jaringan WiFi, coba putuskan jaringan dan hubungkan kembali.

2. Restart perangkat Android

Restart perangkat Android

Service system dan aplikasi yang crash dan tidak berjalan secara stabil juga dapat menyebabkan masalah aplikasi. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memuat ulang atau me-reboot ponsel Android Anda untuk mengatasi FB Lite yang tidak terbuka. 

Cara merestart ulang ponsel Android cukup mudah, Anda bisa tekan tombol Power selama beberapa saat, lalu pilih Reboot atau Muat ulang. Jika ponsel Android Anda tidak tersedia pilihan Reboot, Anda bisa matikan ponsel Android Anda kemudian menyalakannya kembali.

3. Update Facebook Lite

Update Facebook Lite

Jika fb lite masih tidak bisa dibuka dan menggunakan cara memuat ulang ponsel masih tidak bekerja serta tidak memperbaiki masalah, cobalah untuk memperbarui aplikasi Facebook Lite. Dengan update, adanya bugs pada aplikasi dapat diperbaiki. 

Pihak pengembang pastinya juga terus mengirimkan pembaruan untuk memperbaiki bugs, meningkatkan keamanan, serta mengoptimalkan performa aplikasi agar optimal ketika digunakan. Anda bisa buka Google Play Store untuk memperbarui aplikasi Facebook Lite.

  • Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Facebook Lite.
  • Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  • Selesai.

4. Hapus data Facebook Lite

Hapus data Facebook Lite

Selain memperbarui aplikasi agar bisa membuka kembali facebook lite yang tidak bisa dibuka, Anda juga bisa menghapus data aplikasi untuk mengembalikan setelan aplikasi ke posisi awal, seperti baru di install. 

Cara ini biasanya efektif dalam mengatasi masalah pada aplikasi yang error dan tidak bisa dibuka. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data sementara pada aplikasi seperti basis data, cache, cookies, history, bookmark, dan sebagainya. 

Untuk cara menghapus data aplikasi di hp android, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan di HP Android Anda.
  • Gulir ke bawah, lalu pilih Aplikasi. Kemudian temukan dan pilih aplikasi FB Lite.
  • Setelah masuk pada info aplikasi, pilih Penyimpanan. Lanjutkan dengan memilih Atur penyimpanan.
  • Centang pada bagian Akun dan pengaturan, ketuk Hapus untuk menghapus data aplikasi.
  • Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa mencoba membuka aplikasi FB Lite kembali. kemudian login menggunakan email dan kata sandi yang Anda miliki.

5. Install ulang aplikasi

Install ulang aplikasi

Apabila masalah facebook lite tidak bisa dibuka masih tak terselesaikan dengan cara hapus data aplikasi juga, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan install ulang aplikasi. 

Ini sudah menjadi cara paling efektif dalam mengatasi aplikasi yang error. Dengan install ulang, diharapkan aplikasi bisa normal kembali. Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan di HP Android Anda.
  • Gulir ke bawah, lalu pilih Aplikasi.
  • Kemudian temukan dan pilih aplikasi fb Lite.
  • Ketuk Hps instalan untuk menghapus aplikasi.
  • Selesai.

Setelah menghapus aplikasi, sebaiknya bersihkan dahulu file sementara di ponsel Anda menggunakan aplikasi pembersih. Setelah itu, restart ponsel Anda, kemudian barulah Anda install lagi aplikasi Facebook Lite.

Baca juga: Cara Menghapus Video Yang Sudah Ditonton di Facebook

Dengan mencoba beberapa tips yang kami paparkan di atas, semoga masalah facebook lite yang tidak bisa dibuka dapat teratasi dan dapat digunakan dengan normal kembali. Dalam mengikuti beberapa tips di atas, mungkin akan terdapat berbedaan antarmuka sistem dan aplikasi, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan ponsel Android yang Anda gunakan. 

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…