10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C31, Mantap Buat Gaming!

Inilah daftar kelebihan dan kekurangan Realme C31, Yuk simak beserta keunggulan dan kelemahan yang diusung spesifikasi Realme C31 disini!

Kelebihan dan kekurangan Realme C31 - Menemukan hp gaming dengan harga murah di bawah atau di atas 1 Jutaan bukan hal yang tidak mungkin. Sebab, ada banyak pilihan hp yang memiliki kemampuan untuk menjalankan game. Salah satunya adalah Realme C31. Ponsel ini diperkenalkan Realme di Indonesia pada Maret 2022.

Kemampuan Realme C31 hadir berkat dukungan SoC UNISOC T612. Kemunculan hp ini memberikan indikasi bahwa Realme berkomitmen untuk menghadirkan smartphone kompetitif di kelas entry.

Hal yang sama mereka lakukan pada tahun 2020, ketika mereka merilis ranah C3. Namun, apakah hanya performa yang menjadi nilai jual unik dari Realme C31?

Jika anda sedang mencari refrensi tentang ponsel ini, berikut adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme C31. Yuk simak sebelum membeli Ponsel varian C3.

Spesifikasi Realme C31

Spesifikasi Realme C31

Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.649.000

Kelebihan Realme C31

Kelebihan dan Kekurangan Realme C31

Memang benar bahwa Realme C31 adalah smartphone entry-level. Namun, hp ini memiliki kelebihan yang membuat konsumen merasa puas dengan uang yang dikeluarkannya. 

Berikut ini adalah kelebihan dari hp Realme C31 tersebut:

1. Desain Realme C31

Desain Realme C31

Realme C31 dirancang dengan desain yang mengacu pada flagship Realme GT2 Pro. Lihat saja modul kamera belakang yang serupa. Di dalam modul kamera HP ini terdapat lensa kamera yang disusun secara simetris. Ini keren!

2. Layar Realme C31

Layar Realme C31

Realme C31 dibekali layar dengan bentang yang cukup lebar, yakni 6,5 inci. Panel yang digunakan adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Resolusi ini memang kurang jika dibandingkan dengan hp masa kini yang sudah Full HD+.

3. Dapur Pacu

Prosesor C31

Seperti yang disebutkan dalam paragraf pembuka, Realme C31 didukung oleh UNISOC Tiger T612 SoC. SoC ini juga digunakan oleh Realme narzo 50A Prime. Bagi Anda yang belum familiar dengan Tiger T612, mari kita jelaskan sedikit tentang SoC ini.

Tiger T612 adalah SoC dengan CPU delapan inti. Dua core pertama adalah cluster performa berupa Cortex A75 (1,8 Ghz). Enam core yang tersisa adalah cluster efisiensi dalam bentuk Cortex A55 (1,8 Ghz).

4. Kamera

Kamera C31

Realme C31 memang dibekali dengan tiga kamera belakang. Namun, yang paling berguna hanya satu, yaitu kamera utama. Pasalnya, dua kamera pendamping kamera utama HP ini adalah kamera makro 2 MP, f/2.4 dan depth sensor 0,3 MP, f/2.8.

Kedua kamera hanyalah bonus karena fungsinya minimal. Kamera utama Realme C31 memiliki resolusi 13 MP, f/2.2, autofocus, dan disebut-sebut menggunakan sensor Sony.

Sementara itu, kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Kamera depan ini dapat merekam video hingga resolusi 720p (HD) @ 30 fps. Sementara kamera utamanya bisa menghasilkan video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Hasil Jepretan Foto Kamera Realme C31:

Kamera Utama
Kamera Utama Low Light
Kamera Depan Selfie

5. Baterai

Baterai 5000Mah

Realme C31 mengusung baterai 5000 mAh sebagai komponen utama di sektor daya. Menurut klaim Realme, baterai ini tahan lama untuk menemani penggunanya selama sehari penuh. Klaim ini terbukti benar jika melihat gaya penggunaan pekerja kantoran seperti Thomas Newton.

6. Lainnya

Pada titik ini, ada tiga hal yang dibahas, yaitu sensor, slot, dan paket penjualan. Untuk sensor, Realme C31 sudah lengkap. Semua sensor penting ada di sana. Mulai dari akselerometer, proximity, light, gyroscope, hingga compass.

Hanya saja sensor giroskop pada hp ini kurang stabil. Hal ini terlihat ketika Gayafone mengujinya di game PUBG Mobile. Saat membidik lawan, titik fokus di teleskop bergoyang. Masalah ini mungkin dapat diperbaiki oleh Realme dengan pembaruan perangkat lunak.

Baca juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9, Yakin Pilih HP ini?

Kekurangan Realme C31

Kekurangan dan Kelebihan Realme C31

Keenam hal yang telah dijelaskan di atas menggambarkan hal-hal yang disorot oleh Realme C31. Namun, Anda juga perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini sebelum mengambil keputusan untuk membeli atau tidak.

Berikut ini kekurangan dari Realme C31:

1. Berat dan Speaker

Berat dan Speaker

Dimensi bodi Realme C31 sudah cukup tipis. Namun, ponsel ini memiliki bobot yang mencapai 197 gram. Ponsel ini juga terasa agak berat, apalagi bagi Anda yang menggunakan ponsel yang beratnya 180 gram ke bawah.

Itulah catatan pertama tentang sisi minor dari desain HP ini. Catatan selanjutnya adalah posisi speaker yang berada di bagian bawah cover belakang. Posisi ini sebenarnya posisi yang kurang ideal karena membuat output suara tidak maksimal.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Tidak Ada Kamera Ultrawide

Kamera ultrawide tidak dapat dihadirkan, mengingat harga ponsel ini termasuk harga kelas Rp 1 jutaan. Itu wajar karena ponsel lain dari berbagai merek juga melakukan hal yang sama. Pemangkasan kamera ultrawide di Realme C31 semakin bisa diterima mengingat chipset yang dipasangkan cukup powerful.

3. Port dan Pengisian Daya

Port dan Pengisian Daya

Sangat disayangkan disini Realme C31 tidak dilengkapi dengan port USB Type C. Ini masih menggunakan microUSB usang untuk standar saat ini. Alhasil, Anda harus mencermati posisi port saat ingin melakukan pengisian daya. Ini tidak seperti USB C yang dapat dicolokkan bolak-balik.

4. Sistem Operasi

Sistem Operasi

Realme C31 dirilis dengan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI edisi R. Sayang sekali karena Android 12 sudah beredar saat hp ini dirilis. Bahkan fitur-fitur menarik di Android 12 tidak dapat dinikmati oleh pengguna.

Nah itulah tadi, sepuluh tentang kelebihan dan kekurangan Realme C31, Smartphone harga 1 jutaan yang bisa dibuat gaming? Gimana yakin gak mau beli?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…