15 Cara Memperbaiki Whatsapp Yang Tidak Bisa Membuat Status

Bagaimana cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa membuat status? Simak penyebab kenapa aplikasi WA Anda tidak upload video status di winrasio.com

Bagaimana cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa membuat status? Simak penyebab kenapa aplikasi WhatsApp Anda tidak bisa mengirim status berupa video, foto WA maupun teks pada berikut ini.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang wajib ada di ponsel pintar saat ini. Anda bisa mengirim pesan dan status teks, foto serta video bersama teman. Bahkan anda juga bahkan bisa melakukan panggilan suara dan video. Lantas apa yang terjadi jika aplikasi WA Anda tidak bisa mengirim status?

Jika Anda menemui masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa membuat status, maka Anda perlu mengenali terlebih dahulu apa penyebab dan kenapa bisa terjadi. 

Berikut ini Penyebab dan cara memperbaiki status whatsapp yang tidak bisa membuat status di hp android. Yuk simak!

Penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa membuat status

Cara Memperbaiki Whatsapp Yang Tidak Bisa Membuat Status

Penyebab mengenai WhatsApp tidak bisa digunakan untuk membuat status jelas berbeda-beda, antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Secara umum, pengguna WhatsApp mengalami masalah sebagai berikut.

  • Tidak bisa mengirim status WhatsApp (WA). Kemungkinan ini di sebabkan karena koneksi internet yang lambat atau WhatsApp mengalami down.
  • Tidak bisa memuat kamera WhatsApp. Kemungkinan terjadi masalah pada kamera ponsel, entah karena sistem atau kamera yang rusak.
  • Kesalahan saat memutar video status WhatsApp. Umumnya terjadi karena koneksi internet yang lambat. Anda bisa menunggu beberapa saat untuk memutar video kembali.
  • Status WhatsApp tidak muncul. Bisa jadi Anda di sembunyikan oleh teman Anda sehingga tidak bisa melihat status/ story nya.

Ada beberapa metode yang bisa Anda coba terapkan seperti membersihkan file sampah dan menghapus data aplikasi. Dan yang paling penting, pastikan Anda telah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Cara mengatasi WA yang tidak bisa membuat status

1. Restart smartphone

Restart smartphone

Kenapa status wa mengirim terus? Untuk mengatasinya coba restart smartphone Android Anda, mungkin dengan hal ini WhatsApp dapat normal kembali. Ini sangat memungkinkan apabila masalah hanya karena memori RAM penuh. Dengan restart maka semuanya dapat normal kembali. Jika pun nanti masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka di Android

2. Pastikan koneksi internet lancar

Pastikan koneksi internet lancar

Kenapa whatsapp tidak bisa mengirim pesan dan status? maka periksa koneksi jaringan internet. Pastikan jaringan atau sinyal di smartphone Anda maksimal dan lancar untuk segala aktivitas online, baik YouTube, Play Store, Google Chrome, ataupun yang lainnya. Dan jika semuanya lancar dan hanya WhatsApp yang bermasalah, maka fokus pada permasalahan WhatsApp saja. Bisa jadi karena penumpukan cache, bugs pada WhatsApp, malware, dan lainnya.

Tapi jika memang semua koneksi terasa lambat, maka kemungkinan paket internet Anda telah habis atau memang dari provider jaringan yang bermasalah. Coba gunakan mode pesawat untuk mencari jaringan baru.

3. Pastikan kamera ponsel normal

Pastikan kamera ponsel normal

Kenapa tidak bisa upload video di status WhatsApp? Perlu diketahui, kamera ponsel yang bermasalah juga akan berdampak pada kesalahan saat membuat status WhatsApp. 

Coba pastikan kamera depan dan belakang pada ponsel Anda benar-benar normal tanpa ada masalah sama sekali. 

Gunakan aplikasi kamera untuk mengambil foto sebagai contoh (testing). Jika tidak ada masalah, maka penyebab masalah status WhatsApp bisa terjadi karena hal lainnya.

Baca juga: Penyebab Kenapa whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka di Google Chrome

4. Cek penyimpanan internal HP Anda

Cek penyimpanan internal HP Anda

Pastikan ruang penyimpanan internal (internal storage) Anda tidak dalam kondisi penuh. Pastikan masih ada ruang untuk menyimpan banyak foto, video, audio, file, dan sejenisnya. 

Coba pindahkan/ bersihkan dahulu file-file yang Anda miliki agar tidak membuat memori internal penuh. Anda bisa manfaatkan memori eksternal/ cloud storage untuk memindahkan semua file tersebut.

5. Hapus data aplikasi

Cara Memperbaiki Whatsapp Yang Tidak Bisa Membuat Status

Selanjutnya cobalah untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi WhatsApp. Cara ini biasanya jitu dalam mengatasi aplikasi yang error. Menghapus data aplikasi akan menghilangkan data aplikasi yang bersifat sementara seperti basis data, cache, history, dan lainnya.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Terlihat info aplikasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.
  • Tap OK untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda bisa login kembali ke akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan.

6. Update aplikasi WhatsApp

Update aplikasi WhatsApp

Dengan update aplikasi, tentunya Anda akan mendapatkan pembaruan dari semua fitur yang dihadirkan. Selain itu, bugs atau kerusakan pada aplikasi akan hilang. 

Adapun untuk memperbarui aplikasi, Anda bisa mengunjungi Google Play Store dan cari aplikasi WhatsApp. Dari situlah Anda bisa mencoba untuk update aplikasi WhatsApp.

  • Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  • Selesai.

7. Install ulang aplikasi WhatsApp

Install ulang aplikasi WhatsApp

Uninstall aplikasi adalah solusi mengatasi WhatsApp yang benar-benar error. Setelah menghapus aplikasi, pastikan juga Anda telah membersihkan file sampah menggunakan aplikasi pembersih agar data/ bekas instalasi bisa bersih secara total. 

Namun sebelum itu, pastikan untuk backup data WhatsApp ke Google Drive agar nantinya data WhatsApp dapat dikembalikan lagi.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi & notifikasi » Aplikasi.
  • Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Tap Hapus Instalasi untuk menghapus WhatsApp.
  • Selesai.

8. Coba gunakan VPN apabila di take down pemerintah

Cara Memperbaiki Whatsapp Yang Tidak Bisa Membuat Status dengan vpn

Saat ini memang sedang ramai terkait WhatsApp yang tidak bisa digunakan, khususnya untuk mengirim foto, video, dan juga membuat status. 

Ini terjadi karena pembatasan yang dilakukan pemerintah selama beberapa hari. Walaupun ini bersifat tidak efektif karena kita sendiri pun juga membutuhkan WhatsApp sebagai media komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya maka mau tidak mau harus menerima dengan lapang dada.

Solusi yang bisa Anda lakukan yakni dengan install aplikasi VPN. Ada banyak aplikasi VPN gratis dan berbayar yang semuanya bisa Anda temukan di Google Play Store. Untuk hasil terbaik memang harus menggunakan yang berbayar, lebih safe (aman) serta terjamin stabilitas dan kecepatannya.

Nah, itulah tadi delapan cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa membuat status. 

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…