2 Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 11 Paling Mudah

Bagaimana cara melihat password wifi di laptop windows 11? Yuk simak ulasan tentang mengetahui kata sandi hotspot yang pernah terhubung di laptop!

Cara melihat password wifi di laptop windows 11 - Hotspot atau jaringan WiFi biasanya dilindungi oleh kata sandi. Password ini harus dimasukkan agar kita bisa terhubung ke koneksi internet yang disediakan oleh jaringan WiFi.

Cara melihat wifi yang pernah terhubung di laptop windows 11 sebenarnya sangat wajib untuk diketahui. Hal ini dapat mencegah ketika anda melupakan password dari jaringan WiFi yang sering anda gunakan, apalagi jika anda ingin menggunakan WiFi tersebut di perangkat lain seperti smartphone.

Peristiwa kata sandi yang terlupakan ini mungkin terjadi jika anda belum terlalu lama menghubungkan kembali koneksi WiFi yang kita gunakan di perangkat baru.

Untungnya, kata sandi jaringan WiFi yang telah anda sambungkan akan disimpan di komputer atau laptop kita.

Sekarang kali ini, kami ingin berbagi tips tentang cara melihat kata sandi WiFi di komputer atau laptop (PC) dengan sistem operasi (OS) Windows 11

Ada dua cara melihat password WiFi di laptop Windows 11, yaitu melalui menu Settings (aplikasi Settings) dan aplikasi Command Prompt. Lantas, bagaimana caranya?

Cara melihat Password WiFi di laptop Windows 11

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 11

Lewat menu Settings (Pengaturan)

  • Pertama-tama, pergi ke menu pengaturan alias Settings dengan cara menekan ikon "Start", mengetikkan kata kunci (keyword) "Settings", dan menekan tombol "Enter".
  • Lalu, pilih menu "Network & internet" yang ada di daftar menu di sebelah kiri tampilan jendela pengaturan.
  • Kemudian, pilih menu "Advanced network settings" yang tampil pada deretan menu di sebelah kanan.
  • Selanjutnya, pilih menu "More network adapter options" yang tercantum di dalam kolom "Related settings".
  • Di halaman berikutnya, klik kanan pada adapter bertuliskan "Wi-Fi" dan  pilih menu "Status".
  • Setelah itu, klik tombol "Wireless Properties" pada jendela pop-up yang muncul.
  • Pada jendela pop-up selanjutnya, pergi ke tab "Security" dan centang kotak "Show characters" untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Windows 11.
  • Seperti bisa dilihat pada gambar di bawah, password WiFi yang digunakan pada tutorial ini adalah "passwordnyaapa".

Lewat CMD (Command Prompt)

  • Klik menu "Start" dan ketikkan keyword "CMD". Kemudian, tekan tombol "Enter".
  • Di tampilan aplikasi Command Prompt, ketikkan kode "netsh wlan show profile" (tanpa tanda kutip) dan klik tombol "Enter".
  • Beberapa saat kemudian, akan muncul sejumlah profil jaringan atau WiFi yang tersimpan. Perhatikan nama WiFi yang ingin Anda lihat password-nya dan masukkan kode berikut: netsh wlan show profile name="Nama WiFi" key=clear.
  • Dalam hal ini, kami mengetikkan kode netsh wlan show profile name="Cilok Mang Oleng" key=clear untuk melihat password WiFi kami.
  • Setelah Anda memasukkan kode tersebut, klik tombol "Enter".
  • Lalu, Anda akan bisa melihat password WiFi yang tersimpan dengan melihat informasi pada "Key Content".
  • Sebagaimana terlihat pada gambar di bawah, tertulis bahwa password WiFi kami adalah "passwordnyaapa".

Perlu dicatat, langkah-langkah yang ditulis di atas adalah cara untuk melihat kata sandi WiFi yang telah disimpan di komputer Windows 11 kami.

Baca juga: 5 Cara Mengaktifkan Wifi Laptop Windows 7, 8, 10 Setelah Instal Ulang

Ini berarti bahwa langkah ini tidak dapat digunakan jika Anda ingin melihat kata sandi WiFi yang belum pernah terhubung ke komputer anda, atau melihat kata sandi WiFi untuk tetangga, restoran, toko, dan lainnya di sekitar anda.

Selain komputer atau laptop Windows 11, langkah-langkah ini juga bisa diikuti bagi Anda yang memiliki PC Windows 10. Karena tampilan menu Settings dan Command Prompt pada kedua OS kurang lebih identik satu sama lain.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Password/Kata Sandi Wifi Orang Lain

Nah, itulah tadi cara melihat password wifi di laptop windows 11 paling mudah. Bagaimana mudah bukan?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…