2 Cara Cek Touchscreen HP Oppo Paling Mudah dan Cepat

Inilah 2 cara cek touchscreen HP OPPO paling mudah dan cepat. Buat anda yang ingin membeli smartphone Bekas merk OPPO, Penting di SIMAK!

Cara cek touchscreen HP OPPO - Ketika Anda membeli hp OPPO bekas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi touchscreen pada hp tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa cara cek touchscreen HP OPPO yang bisa digunakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hp yang dapat berfungsi dan digunakan dengan baik.

Tapi bagaimana cara cek touchscreen HP OPPO? Lihat saja cara melakukannya di bawah ini.

2 Cara Cek Touchscreen HP OPPO dengan Mudah

2 Cara Cek Touchscreen HP OPPO dengan Mudah

Ada beberapa opsi yang bisa kita ambil keputusan untuk menerapkan bagaimana cara cek touchscreen HP OPPO, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Untuk lebih jelasnya ada di bawah ini.

1. Menu pengaturan

Sebenarnya pabrikan HP sudah menyediakan cara khusus untuk mengecek komponen HP OPPO. Produsen OPPO tersebut telah memberikan beberapa kode yang bisa digunakan pada ponselnya.

Berikut langkah-langkah cara mengecek layar hp OPPO tanpa aplikasi :

  • Pertama masuk kebagian Aplikasi HP OPPO.
  • Kemudian dapat ketikan kode *#800# untuk dapat membuat engineer mode.
  • Pada saat mode engineer telah berhasil muncul, kemudian dapat pilih di menu Touchscreen.
  • Selanjutnya akan dibawa untuk melakukan cek touchscreen.
  • Pada tahap ini, terdapat kotak-kotak yang dapat disentuh.
  • Pada saat menyentuh kotak tersebut, kotak akan berwarna hijau jika touchscreen dalam kondisi. bagus.
  • Apabila semua kotak dapat menyala hijau setelah disentuh, maka kondisi touchscreen HP Anda berada dalam keadaan baik-baik saja.
  • Selesai.

Untuk mengecek dengan mode engineer, Anda bisa melakukannya di banyak varian HP OPPO seperti a71, F1 plus, F1, F3 plus, dan berbagai varian lainnya.

Dengan cara ini, Anda dapat cek touchscreen HP OPPO dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan aplikasi apa pun.

Baca juga: Cara Memperbaiki Touchscreen Android Bergerak Sendiri

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain menggunakan metode yang telah disediakan oleh OPPO, ada cara lain yang bisa digunakan untuk cek lcd HP OPPO. 

Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi untuk cek touchscreen HP OPPO Anda. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi layar touchscreen HP OPP Anda.

Touchscreen Test

Anda dapat menggunakan aplikasi Touchscreen Test jika metode yang biasa tidak berfungsi. Aplikasi ini pada umumnya memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan mode engineer pada hp OPPO.

Untuk menggunakan aplikasi Touchscreen Test, cukup instal lalu buka aplikasi. Setelah itu, pilih Start Test dan sentuh kotak putih hingga menjadi hijau semua.

Bukankah mudah menggunakan aplikasi Touchscreen Test ini? Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan sehingga tidak akan membuat memori penyimpanan HP penuh.

Multi Touch Test

Multi Touch Test

Pada aplikasi Multi Touch Test terdapat 3 fitur yang bisa digunakan. Fitur pertama disebut uji cat. Fitur ini dapat digunakan untuk memeriksa touchscreen dengan menggambar.

Fitur selanjutnya adalah multi touch. Fitur ini dapat digunakan untuk menguji touchscreen  dengan memberikan beberapa sentuhan secara bersamaan. Fitur terakhir disebut tes warna.

Sesuai dengan namanya, fitur color test ini bisa digunakan untuk mengecek ketajaman warna. Dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek touchscreen dengan baik.

Touch Screen Test

Touch Screen Test

Aplikasi Touch Screen Test dapat digunakan untuk mengecek kondisi touchscreen dengan baik. Cara kerja aplikasi ini adalah dapat mengecek kondisi touchscreen  dengan cara mencoret-coret.

Jika Anda bisa melintas dengan mulus di semua sisi touchscreen, maka kondisi touchscreen hp Anda dalam kondisi baik.

Namun, jika pada saat mencoret-coret layar ada bagian yang tidak dicoret, bisa dikatakan touchscreen HP rusak di beberapa bagian.

Seberapa sederhana penggunaannya? Aplikasi ini sangat layak untuk dijadikan aplikasi pilihan untuk mengecek kondisi touchscreen hp Anda.

Periksa Kondisi Touchscreen dengan Aplikasi Menggambar

Selain menggunakan aplikasi bantuan khusus untuk memeriksa touchscreen HP OPPO, Anda dapat menggunakan aplikasi menggambar. Caranya cukup mudah dan sederhana, yaitu cukup membuka aplikasi dan mulai membuat coretan.

Anda bisa mencoret-coret seluruh layar untuk mengetahui kondisi touchscreen. Jika Anda bisa menggambar coretan di semua bagian layar, maka touchscreen masih bisa berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, jika ada bagian yang tidak bisa dicoret atau gambar, berarti ada kerusakan di sana. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mencari dan mengunduhnya dengan mudah di Play Store.

Baca juga: 7 Aplikasi Pengganti Touchscreen Tombol Navigasi di Android

Mengapa Harus Cek Touchscreen Saat Membeli HP OPPO?

Mengapa Harus Cek Touchscreen Saat Membeli HP OPPO?

Berbeda dengan dulu, hp kini semua menggunakan tampilan touchscreen dalam pengoperasiannya. Untuk itu, touchscreen merupakan komponen yang sangat penting pada HP.

Jika terjadi kerusakan pada touchscreen, maka penggunaan dan performa hp Anda akan sangat terganggu.

Pastinya Anda tidak menginginkannya ketika membeli hp baru atau touchscreen bekas rusak dan tidak bisa digunakan? Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek kondisi touchscreen sebelum membeli hp baru atau bekas.

Baca juga: Cara Cek Layar LCD Xiaomi Menggunakan Kode Rahasia Android

Itulah beberapa cara cek touchscreen HP OPPO yang bisa Anda coba. Cara-cara di atas tentu bisa diikuti dengan mudah karena memiliki langkah-langkah yang tidak terlalu rumit.

Semoga informasi cara cek touchscreen di atas bermanfaat untuk kalian semua.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…