10 Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Dalam Keadaan Mati

Begini cara menyalakan hp tanpa tombol power dalam keadaan mati. Buat kamu yang masih bingung menghidupkan hp android tanpa harus menggunakan tombol!

Cara menyalakan hp tanpa tombol power dalam keadaan mati bisa anda lakukan dengan mudah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna HP adalah masalah pada tombol power. Ketika tombol power bermasalah atau rusak, maka hal ini akan sangat kesulitan di dalam beraktivitas menggunakan hp bagi pengguna Android atau iPhone.

Terutama, ketika HP dalam keadaan tidak aktif atau mati. Lantas, Bagaimana cara menyalakan hp yang mati jika tombol power rusak?

Kendala yang muncul bisa disebabkan oleh tombol fisik yang tidak berfungsi dengan baik hingga masuknya debu atau air, sehingga menyebabkan tombol power tidak berfungsi secara normal.

Melalui pembahasan kali ini, anda dapat mengikuti dan menerapkan 7 cara menyalakan hp android atau iOS tanpa tombol power.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power dalam Keadaan Mati

Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk menyalakan hp yang tombol power-nya rusak atau ada kendala. 

Berikut ini adalah tutorial cara menyalakan hp tanpa tombol power dalam keadaan mati:

1. Memanfaatkan Sim Card Ejector

Memanfaatkan Sim Card Ejector

Dalam beberapa kasus, tombol daya rusak dan tidak berfungsi karena bagian luar atau penutup hilang dan meninggalkan bagian karet di dalamnya.

Jika menemukan kondisi ini, Anda bisa menggunakan benda khusus seperti tusuk gigi, SIM card ejector, atau sejenisnya untuk bisa menekan benjolan di dalamnya.

2. Memasukan ulang Tray Sim Card

Memasukan ulang Tray Sim Card

Anda juga dapat memaki ejector SIM Card dan atau sejenisnya untuk menghidupkan HP tanpa menekan tombol power. Biasanya, Tray SIM atau wadah SIM Card tersebut akan membuat HP menjadi aktif saat dikeluarkan. 

Berikut ini cara menghidupkan hp android yang tidak menyala karena tombol rusak dengan memasukan ulang Ejector Sim Card:

  • Ambil dan siapkan Ejector SIM Card HP dan atau benda sejenisnya.
  • Tancapkan bagian lancip diujungnya ke lubang disamping HP untuk mengeluarkan Tray SIM Card.
  • Lalu, keluarkan saja Tray SIM HP anda.
  • Setelah Tray SIM sukses dikeluarkan, biasanya HP akan langsung hidup dan aktif tanpa memencet tombol power.
  • Jika HP sudah hidup, pasang lagi Tray SIM untuk mulai menggunakannya.

Namun, pastikan anda melakukannya dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada SIM Card saat menggunakan Ejector. Sebab, kotoran pada SIM Card bisa menyebabkan kartu operator tidak terbaca di perangkatmu.

Baca juga: 7 Aplikasi Pengganti Touchscreen Tombol Navigasi di Android

3. Hubungkan dengan Charger atau Powerbank

Hubungkan dengan Charger atau Powerbank

Cara ketiga yang bisa anda coba adalah dengan menghubungkan smartphone anda ke charger atau powerbank. Jika hp masih aktif dan menyala, layar akan menyala sejenak dan anda hanya perlu membuka kunci layar, baik dengan menggesek atau memasukkan PIN atau pola.

4. Gunakan Tombol Lain untuk Menyalakan Layar

Cara keempat, anda bisa menggunakan tombol lain yang berfungsi sebagai tombol power. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol volume naik dan turun.

5. Unduh dan Instal Tombol Daya ke Aplikasi Tombol Volume

Unduh dan Instal Tombol Daya ke Aplikasi Tombol Volume

Pertama, unduh dan instal aplikasi Power Button to Volume Button di Play Store. Setelah menyelesaikan instalasi, buka aplikasi dan aktifkan opsi Aktifkan/Nonaktifkan Daya Volume hingga ikon menyala.

6. Aktifkan Opsi Boot dan Screen Off

Anda juga dapat mengaktifkan opsi boot dan screen off untuk sepenuhnya menggunakan tombol volume alih-alih tombol daya. Setelah semua aktif, restart telepon untuk mulai menggunakannya.

7. Nyalakan hp tanpa tombol power

Nyalakan hp tanpa tombol power

Bahkan sekarang anda bisa menyalakan hp tanpa tombol power dan diganti dengan tombol volume naik/turun. Untuk mematikan layar, buka bilah notifikasi dan ketuk opsi Matikan layar.

8. Gunakan Sensor Biometrik

Gunakan Sensor Biometrik

Cara menghidupkan hp tanpa tombol power selanjutnya adalah dengan menggunakan sensor biometrik. Namun, sayangnya tidak semua hp memiliki sensor ini.

Baca juga: Cara Memformat hp Oppo Ke Setelan Pabrik Terbaru 2022

Versi terbaru HP, dari entry level hingga flagship, umumnya dilengkapi dengan sensor biometrik ini. Jika hp anda salah satunya, maka ada kemungkinan akan berhasil jika anda menggunakan cara ini.

Salah satu sensor biometrik yang paling umum ditemukan adalah sensor sidik jari. Bisa juga menggunakan fitur biometrik lainnya seperti Irish scanner dan Face ID.

9. Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Metode selanjutnya, kita bisa pakai fitur bawaan ponsel yang sering disebut dengan double tap to wake. Fitur ini akan sangat membantu dalam menghidupkan HP tanpa tombol power.

Fitur double tap to wake hanya ada di smartphone keluaran terbaru mulai dari 2017 keatas ya. Jadi jika ponsel anda masih tipe lama, maka harus melakukan root terlebih dahulu untuk memakai fitur ini.

Cara mengaktifkan fitur double tap to wake untuk menghidupkan HP tanpa tombol power:

  • Buka dan masuk ke menu Pengaturan.
  • Scroll kebawah, cari dan temukan Tentang Ponsel.
  • Ketuk 7 kali pada Build Number (Nomor Bentukan).
  • Setelahnya, kembali ke menu Pengaturan.
  • Cari dan temukan fitur double tap to wake, setelah ketemu maka langsung saja aktifkan fitur tersebut.

Baca juga: Cara Mematikan iPhone 13 dan Menghidupkan Kembali

Menyalakan HP Tanpa Tombol Power dalam Keadaan Mati

Lalu, apakah memang bisa menghidupkan HP tanpa tombol power jika smartphone dalam keadaan mati atau nonaktif? Tentu saja bisa, caranya yaitu dengan bantuan PC/Laptop yang sudah terinstal software Minimal ADB and Fastboot.

Sebelumnya, anda harus setting smartphone anda dan aktifkan USB debugging yang ada di opsi Debeloper options. Caranya:

  • Siapkan PC/Laptop anda.
  • Download dan install software Minimal ADB and Fastboot disini.
  • Ambil ponsel atau smartphone anda.
  • Dalam keadaan mati/nonaktif, masuklah ke mode bootloader/fastboot. Caranya, tahan tombol volume down dan sambungkan HP Android dengan PC menggunakan kabel USB hingga muncul gambar fastboot.
  • Buka software Minimal ADB and Fastboot yang memiliki tampilan seperti Command Prompt.
  • Untuk mengecek apakah perangkat sudah terhubung anda tinggal masukkan perintah adb devices kemudian tekan Enter pada keyboard.
  • Untuk mulai melakukan restart perangkat, anda tinggal masukkan perintah fastboot reboot dan tekan tombol Enter. Maka secara otomatis, HP anda akan melakukan restart dan masuk ke tampilan awal.

Itulah sepuluh alternatif cara menghidupkan hp tanpa tombol power. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas dengan mudah.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…